Setelah sekian lama bergelut dengan blog WordPress, sudah seringkali saya mengalami permasalahan error yang seringkali terjadi pada blog-blog WordPress saya termasuk blog Bisnis Online ini baik itu disebabkan karena penggantian theme, utak-atik theme maupun hanya karena install plugin saja kemudian terjadi konflik antar plugin yang akhirnya error semua.

Nah…berikut ini ada 4 komponen WordPress yang perlu didiagnosa terlebih dulu untuk mendeteksi di manakah letak error yang terjadi? Ini penting jika suatu saat blog Anda mengalami error seperti :
Ketika blog diakses yang tampil hanya halaman kosong /blank berwarna putih

“header already sent”
“fatal plugin”
“out of memory”

Dan masih banyak error lainnya yang mungkin pernah Anda alami pada blog WordPress Anda.

Untuk mengatasi error yang terjadi pada blog WP, ada 4 komponen penting yang perlu dicek secara berurutan mulai dari :

- Plugin
- Theme
- Script WordPress
- Server Hosting

Namun sebelum Anda memulai melakukan pengecekan dan mencoba memperbaiki error yang terjadi, sebaiknya lakukan backup terlebih dulu baik itu dengan mendownload file WP dan databasenya secara manual dari server Anda atau bisa juga yang praktis menggunakan plugin WP DB-Backup. Ini penting dilakukan karena sekali Anda melakukan kesalahan dan blog jadi kacau balau, Anda masih bisa mengembalikan blog dalam keadaan seperti semula. So….pastikan backup…jangan malas ya…:)

Ok…jika backup sudah dilakukan, silahkan simak bagaimana mengatasi error pada blog WP dengan melakukan pengecekan 4 komponen tersebut yang biasa saya lakukan saat blog error secara berurutan mulai dari :

Pengecekan Komponen Plugin

Kenapa plugin terlebih dulu? karena setiap error yang terjadi pada blog WP saya biasanya setelah saya melakukan eksperimen install plugin baru baik itu yang free maupun premium. Ini biasanya terjadi karena antar plugin satu dengan yang lainnya mengalami konflik yaitu coding script plugin yang tidak compatible dengan plugin lainnya yang sudah terinstal terlebih dulu.

Cara Mengatasi :

1. Deactive semua plugin Anda.
2. Jika error masih terjadi, maka lanjutkan ke komponen berikutnya yaitu theme, jika error hilang silahkan lanjutkan pada poin berikut.
3. Aktifkan plugin satu persatu dan coba cek/akses blog Anda.
4. Pada plugin yang diaktikan dan terjadi error maka lanjut ke poin berikut. jika tidak, ulangi poin di atas.
5. Uninstall plugin penyebab error.
6. Aktifkan plugin lainnya untuk memastikan tidak ada error pada plugin lainnya.

Jika pada kasus error plugin terjadi dan Anda sama sekali tidak dapat mengakses baik itu akses index blog, halaman maupun admin maka gunakan software FTP untuk mengakses server hosting direktori blog Anda masuk ke folder “wp-content” dan ganti nama atau rename folder “plugins” untuk mematikan semua plugin WordPress Anda. Terserah Anda mau mengganti nama dengan apa sebagai contoh Anda bisa mengganti nama dari “plugins” menjadi “plugins_error”.

Ketika ini dilakukan, maka script WordPress tidak akan mengenali direktori plugin sehingga semua plugin tidak akan dijalankan sehingga blog bisa diakses dengan normal. Langkah terbaik setelah ini adalah hapus semua plugin dan ganti nama folder ke “plugins, masuk ke admin dan instal plugin satu per satu. Pastikan tidak ada error lagi.

Pengecekan Komponen Theme

Jika penyebab error bukan pada plugin, maka theme bisa jadi tersangka kedua yang perlu di investigasi. Error pada theme WordPress sendiri seringkali terjadi setelah kita utak-atik kode PHP theme atau bisa juga karena themenya sudah broken tapi ini tidak pernah saya alami meskipun itu theme gratisan.

Aktifkan theme standar wordpress seperti Twenty Ten untuk menggantikan theme yang error. Jika error hilang berarti masalah ada pada theme. jika tidak, lanjutkan ke komponen berikutnya. Saat menggunakan theme WP standar, coba cek lagi plugin-plugin Anda untuk memastikan tidak ada error yang disebabkan oleh plugin seperti yang sudah saya jelaskan langkahnya di atas. Jika tidak ada masalah berarti theme yang Anda gunakan sebelumnya yang menyebabkan error.

Solusinya coba ganti theme atau jika masih ingin menggunakan theme sebelumnya, bersihkan kode yang baru Anda utak-atik sesaat sebelum error atau upload theme yang sama namun masih bersih dari sentuhan tangan Anda.:)

Seperti biasa, jika Anda blog tidak dapat diakses sama sekali, lakukan rename folder theme pada direktori WordPress Anda seperti yang sudah saya jelaskan langkahnya di atas.

Komponen Script Core WordPress

Kasus error yang disebabkan oleh script WordPress sebenarnya jarang terjadi namun bisa saja terjadi karena salah satu file PHP korup yang dikarenakan install plugin tertentu atau bisa juga terjadi karena human error saat mencoba melakukan tweak file PHP WordPress ini.

Jika kedua komponen tidak disebabkan oleh kedua komponen di atas, berarti langkah berikut ini yang harus di cek. Sebenarnya mudah sekali untuk mengatasi error pada core WordPress yaitu dengan melakukan install ulang file WordPress yang masih bersih dan fresh. Berikut langkahnya :
Download script WordPress langsung dari http://wordpress.org/download

Buka software FTP

Rename folder wp-admin dan wp-includes karena ini sebenarnya yang akan kita ganti dengan file yang fresh. Kenapa kok tidak dihapus saja? seperti biasa….untuk berjaga-jaga kalau saja pas upload file fresh ternyata malah error lebih parah, sehingga jika itu yang terjadi, kita masih bisa menghapus file fresh yang baru diupload dan mengembalikan file lama dengan merename kembali sesuai nama foldernya.

Backup wp-config.

Ini penting karena file ini inti dari proses kerja WordPress dengan database Anda. Upload file WordPress yang fresh. Tes dulu setelah upload, apakah error masih terjadi atau tidak? Jika tidak berarti masalah ada pada file script core WordPress. Jika masih bermasalah, saat meminta bantuan pada ahlinya yang mengerti akan PHP dan pemrograman WordPress.

Pengecekan Komponen Server

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan shared hosting tidak ada masalah, namun saat menggunakan VPS server, ada beberapa setting yang memang masih belum diset optimal untuk menjalankan WordPress seperti pada memory limit yang menyebabkan error “out of memory” atau masalah ekstensi mbstring untuk menjalankan plugin Relevanssi yang belum terinstal. Untuk VPS server ini, jelas Anda perlu melakukannya sendiri melalui root server dengan menggunakan Kloxo, WinSCP, Putty atau jika VPS Anda managed, maka tinggal setting melalui WHM Panel.

Untuk komponen ini saya tidak bisa menjelaskannya karena akan panjang sekali jika dibahas, mungkin pada artikel berikutnya saja lagipula permasalahan pada hosting ini sebenarnya jarang terjadi dan kalaupun terjadi, Anda bisa meminta bantuan support di mana Anda menyewa hosting yang menjadi bagian dari pelayanan mereka seharusnya.

Nah….apakah blog Anda pernah mengalami error seperti saya jelaskan di atas? jika ya, bagaimana Anda menangani error pada blog WordPress Anda?

40 comments

  1. Dah ga pake wp, puas merakit sendiri :D

    • Puyeng pak soalnya skrip wp terlalu canggih plus ber mb mb saking bagusnya haha

    • Ya.. bisa di pelajari perlahan, nanti juga bakalan ikut canggih kalau custom :)

  2. Bikin sendiri bisa meminimalisasi query / penggunaan slow query, bisa lebih cepat tentunya. Hemat resource, aman dari suspend hehe

    • @Anggit, hal seperti itu merupakan kreatifitas yang sangat baik :) bisa untuk di kembangkan.

  3. kesulitan yang sering ditemukan pada wordpress yang terinstall di idwebhost, susah upgrade otomatis dimana harus memasukkan user dan pass cpanel, dan meskipun sudah memasukkan hasilnya 90% mengalami kegagalan.
    Mudah-mudahan bisa diperbaiki.
    tks

    • hanafi

      @kanghae, hal tersebut terjadi karena posisi (jarak) yang jauh antara server IIX dan server-nya wordpress, disarankan server USA

  4. tapi mudah koq..kalau error lapor aja ma CS idweb,,kan baik2 ..sabar & cpt bantu nya…hehehehe…makasi mas..

    • hanafi

      @terima kasih

    • red

      ya pengalaman saya sama dengan toko bunga medan florist . staff di idwebost baik2 dan siap membantu kita :D

    • hanafi

      @red, terima kasih

  5. ass

    aku mencari solusi untuk blog wordpress aku yang lagi error,,bagaimana ya cara menanggulanginya,,karena sampai sekarang aku tidak bisa membuka blog itu,,yang ada hanya tulisan :

    Parse error: syntax error, unexpected $end in /home/a4858hos/public_html/BESTBOSTONAPARTMENTDEALS.COM/wp-content/themes/make-it-home/functions.php on line 364

    aku bingung haris bagaimana,,karena aku masih pemula,,please,,bari tahu aku caranya,,karena cara pada artikel di atas aku lum bisa memahaminya,,,

    “thanks”

    • hanafi

      @funny, kemungkinan error dari templatenya, coba ganti template yang lain

  6. makasih saranya,,,
    mav,,caranya gymna,,,coz masuk ke admin’y ja gak bisa,,,
    aku bingung,,,!

    • @Funny, Dari seluruh tips diatas itulah yang sering di periksa ketika error itu terjadi, kalau memang anda tidak bisa masuk kedalam admin WP anda, ada tips yang dapat di lakukan. Anda bisa konsultasi langsung dengan technical support kami mengenai hal itu.

  7. kalo buat wordpress di hosting sendiri apa bisa diblokir sama wordpress?

    • sepertinya belum pernah dengar klo wordpress memblokir user pengguna CMSnya. menurut saya tidak si… kan sudah kita setting sendiri dalam hosting sendiri, jadi sudah diluar wordpress. yang nge blokir itu biasanya servernya. itupun kalau bermasalah biasanya.

  8. Alhamdulillah… akhirnya aku bisa login jg ke web ku yg smpt eror, itu berkat postingan diatas… thanks buanged.. :)

    • hanafi

      @Landung, terima kasih telah berkunjung di blog.idwebhost.com

  9. Gan.. jika Error pada RSS feed gmana solusinya Gan?? thank’s

    • mohon di informasikan untuk errornya seperti apa? kami akses djava.org/feed bisa.

  10. errornya seperti ini Gan
    RSS Error: XML error: mismatched tag at line 38, column 2 , Content Feed gak bisa muncul Gan, padahal sebelumnya Normal2 saja.
    gimana cara memperbaiki Error tersebut Gan,Terimakasih sebelumnya..

    • hanafi

      coba di seting ulang di rss feednya, misal dengan feeds.feedburner.com

  11. Udah “Clear” Gan… setelah saya lakukan ceck di “Feed Validator” terdapat beberapa baris “Coding” yang “Error” dan ternyata penyebab utamanya adalah “Plugin” yang terinstall memblock “feed” tersebut. setelah saya hapus dari data base,Alhamdulillah akhirnya kembali Normal. Thank’s

    • trimaksih kembali, jika masih ada kendala silahkan hubungi kami.:)

  12. wah tutorialnya pas banget gan, wp saya baru aja error setelah copy local link di facebook eh pas mau nkontak layanan hosting ternyata blank jg kira2 apa yg hrs saya lakukan ya? tolong pencerahannya gan.
    terima kasih

  13. kalau cara mengatasi error saat upgrade wordpress dan lupa backup gimana mas.muncul pesan orror begini :Fatal error: Call to undefined function get_option() in /home/bisniss4/public_html/wp-admin/admin.php on line 32
    tanks artikelnya

    • hanafi

      dikembalikan lagi ke versi sebelumnya dengan upload manual

  14. ady

    kalo saya saat ini tidak bisa mengakses web saya yang baru saya buat rumahbisnis.net/wp-admin setiap mau masuk ke wp-admin langsung muncul :

    Internal Server Error

    The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

    Please contact the server administrator, webmaster@carabisnis.net and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

    More information about this error may be available in the server error log.

    Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

    ————
    padahal web saya bukan carabisnis.net. harap bantuannya

    • hanafi

      saat ini kami cek sdh bisa diakses

  15. Aul

    Mas, saya punya blog WordPress dengan Domain ‘.co.cc’.
    Tapi ketika saya update tiba-tiba menjadi fatal error. Saya menggunakan 000webhost.com untuk database.

    Berikut keterangan fatal error-nya:
    Fatal error: require() [function.require]: Failed opening required ‘/home/a6699516/public_html/wp-includes/option.php’ (include_path=’.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php’) in /home/a6699516/public_html/wp-includes/functions.php on line 8

    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya. Terimakasih.

    • hanafi

      coba upload ulang file wordpress-nya dan timpa dengan yang baru, bila tidak kembalikan dengan menimpa file wordpress versi sebelumnya

  16. nice gan infonya, plugin ane gak mau di update nih
    tulisannya “Could not create directory. /home/juraga28/public_html/wp-content/upgrade/all-in-one-favicon.tmp” selalu gitu, nambah plugin baru juga gak bisa?

    ini masalahnya dimana nya gan? apa pengaruh di hosting nya?

    • hanafi

      langsung upload saja plugin lewat cpanel, file manager di wp-content/plugins

    • Muh Hanafi

      terima kasih

    • Muh Hanafi

      terima kasih atas kunjunganya ke blog.idwebhost.com

  17. kalau gak bisa posting gmna bang,?
    apa blog saya kena blokir?

    • Muh Hanafi

      coba plugin-nya di nonaktifkan dulu semua, barangkali ada masalah pada plugin

Comments are closed.