Cara Custom Domain Blogspot

18 Feb 2022
Cara Custom Domain Blogspot campaign-unlimited

Blogspot adalah salah satu platform blog yang sering dipilih para blogger pemula karena gratis dan juga sangat user friendly. Banyak blogger pemula yang membuat blog menggunakan Blogspot dengan harapan dapat memperoleh banyak pengunjung. Salah satu hal yang membuat orang mengunjungi blog Anda adalah nama domain yang terlihat profesional untuk memberikan informasi. Untuk membuat domain terlihat profesional Anda harus mengetahui cara custom domain di Blogspot.

Mengapa harus custom domain Blogspot? Saat Anda membuat blog di platform ini, Blogspot memberikan kebebasan pada penggunanya untuk menamai blog dan juga domain blog. Sayangnya, domain blog yang diberikan  Blogspot menggunakan ekstensi“blogspot” setelah nama domain.

Tentu saja ekstensi ini membuat blog Anda kurang menarik dan tidak terlihat profesional. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara custom domain di Blogspot.

Domain Blogspot

cara custom domain blogspot

Sebelum mengganti domain Blogspot untuk blog, ada baiknya Anda memahami dulu sebetulnya apa itu domain. Domain  adalah bagian yang tak terpisahkan dalam blog ataupun website.

Domain muncul sebagai nama dari IP Address pada website atau blog Anda. Mudahnya, domain sama seperti nama dari setiap nomor yang ada di dalam kontak telepon.

Umumnya, domain sendiri terdiri dari dua bagian yaitu second level domain dan top level domain (TLD). Second level domain merupakan nama dari blog atau website Anda. Sementara, TLD merupakan bagian akhir dari alamat blog atau ekstensi seperti .com, .co.id. dan sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu DNS Server? Begini Cara Kerjanya!

Tetapi, untuk platform website atau blog yang gratis biasanya akan menambahkan subdomain setelah second level domain.

Misalnya, bila Anda membuat blog melalui Blogspot atau Blogger dengan nama “contoh”, maka nama dari blog Anda akan menjadi contoh.blogspot.com. Sedangkan, bila Anda membeli domain maka subdomain “blogspot” akan hilang dan berganti dengan nama domain Anda sendiri. Pengaturan nama domain ini dipegang oleh ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Manfaat dari Custom Domain Blogspot

Meskipun tidak wajib untuk mengganti domain Blogspot dengan cara custom domain, tetapi ada manfaat yang dapat Anda rasakan. Apalagi jika Anda menggunakan blog sebagai sumber penghasilan seperti berjualan atau berkarir sebagai seorang blogger.

Penting bagi Anda untuk membuat blog atau website Anda terlihat lebih profesional melalui domain. Berikut ini manfaat yang dapat Anda peroleh melalui custom domain di Blogspot.

  • Muncul di SERP
cara custom domain blogspot

Saat Anda melakukan pencarian di Google tentang sebuah informasi atau konten, maka website yang mendominasi adalah website yang memiliki domain sendiri. Jarang ada subdomain gratis dari platform blogging yang muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Bila Anda masih menggunakan domain gratis dari Blogspot, kecil kemungkinan konten Anda akan muncul pada pencarian pertama.

Akan berbeda jika Anda sudah mengetahui cara custom domain di Blogspot. Dengan mengganti domain di Blogspot dengan cara custom, maka website atau blog Anda akan lebih mudah muncul di SERP Google.

  • Terlihat Lebih Profesional

Mengganti nama domain menjadi domain Anda sendiri tanpa ada subdomain gratis dari Blogspot akan membuat website terlihat lebih profesional. Blog atau website yang terlihat lebih profesional akan lebih dipilih oleh pengunjung daripada blog dengan subdomain gratis.

Pengguna yang melakukan pencarian di Google pastilah mencari sebuah informasi penting. Misalnya, mencari bahan untuk penulisan makalah atau skripsi.

Tentu saja pengguna akan lebih memilih website atau blog yang tidak memiliki tambahan .blogspot di belakangnya karena dianggap bukan sumber yang terpercaya. Selain itu, bila Anda memiliki bisnis maka pembeli akan lebih memilih dengan domain beli.com daripada beli.blogspot.com.

  • Meningkatkan Traffic
cara custom domain blogspot

Manfaat terakhir yang paling Anda rasakan setelah mengganti domain dengan cara custom domain di Blogspot adalah peningkatan traffic ke blog. Begitu mengganti domain Blogspot Anda dengan cara custom, maka pengunjung juga akan meningkat. Mengapa? Hal ini sudah tersampaikan dalam dua manfaat sebelumnya yaitu terlihat profesional dan muncul di Search Engine Result Page atau halaman hasil pencarian.

Ketika blog Anda muncul di halaman hasil pencarian dengan domain yang lebih profesional maka otomatis pengunjung akan mengklik konten di blog Anda. Dengan begitu traffic akan terus bertambah. Apalagi jika Anda menerapkan kaidah SEO dalam setiap konten di blog, maka sudah pasti traffic akan meningkat seiring pengunjung yang terus berdatangan.

Cara Custom Domain di Blogspot

Untuk mengganti domain Blogspot Anda dengan cara custom, sebelumnya Anda harus membeli domain terlebih dahulu. Anda dapat membelinya melalui IDwebhost dengan harga murah. Bila sudah, perhatikan cara berikut ini untuk mengganti domain lama menjadi custom domain di Blogspot.

  1. Login ke Blogger atau Blogspot

Pertama, silahkan Anda login ke Blogger atau Blogspot dengan akun gmail serta password yang telah terdaftar. Setelah berhasil masuk, silahkan menuju pada bagian menu dan pilih menu “Setelan” atau “Settings”.

  1. Cari Menu “Publishing” atau “Mempublikasikan”

Pada menu “Setelan” atau “Settings” Anda akan mendapati beberapa menu lain. Silahkan cari menu “Publishing” atau “dalam blog ataupun website”. Setelah itu, klik “Custom Domain” dalam menu tersebut untuk cara di Blogspot. Nantinya akan ada pop-up dengan kolom Custom Domain yang muncul.

  1. Isi Alamat Domain Lengkap Milik Anda

Pada kolom Custom Domain, silahkan isi alamat dari domain Anda dengan lengkap. Contohnya, www.contoh.com. Jika sudah, klik “Simpan” atau “Save”. Begitu Anda klik “Simpan”, maka akan muncul pemberitahuan “We have not been able to verify your authority to this domain” dan dua kode CName seperti di bawah ini.

(Name: www, Destination: ghs.google.com) and (Name: ywidgjp3uezx, Destination: gv-vdizopoy2xmtf7.dv.googlehosted.com)

Gunakan kedua CName tersebut untuk pengaturan melalui member area IDwebhost.

  1. Login ke Member Area IDwebhost

Begitu mendapatkan dua kode CName tersebut, silahkan login ke Member Area IDwebhost pada tab baru. Silahkan masukkan alamat email dan password yang telah terdaftar serta kode verifikasinya.

cara custom domain blogspot
  1. Pilih Menu “Domain”

Begitu Anda berhasil login ke Member Area IDwebhost, silahkan pilih menu “Domain” pada bagian dashboard. Setelah itu akan muncul tampilan Domain Saya dengan beberapa kolom di dalamnya.

cara custom domain blogspot
  1. Klik Domain yang akan Anda Custom

Pada Domain Saya, terdapat list dari domain milik Anda bisa satu atau lebih dari satu. Silahkan pilih dan klik pada nama domain yang akan Anda custom di Blogspot.

  1. Pilih Menu “Kelola DNS”

Selanjutnya, silahkan pilih menu “Kelola DNS” untuk melakukan custom domain. Nantinya, pada menu tersebut akan muncul beberapa kolom yaitu Nama Host, Jenis Record, Alamat, dan Prioritas.

  1. Isi Kolom dalam Kelola DNS

Pada bagian “Kolom Host” isi dengan @. Selanjutnya, pada bagian “Jenis Record” silahkan isi dengan A(Address). Dan untuk bagian “Alamat” isi dengan tujuan link atau IP Address. Silahkan kosongkan bagian “Prioritas”.

  1. Masukkan Kode CName

Masukkan kedua CName yang telah Anda dapatkan dari Blogger tadi ke kolom yang tersedia sama seperti langkah nomor 8 satu persatu. Pada bagian “Record” silahkan isi dengan CNAME(Alias).

  1. Klik “Ubah NS Sekarang”

Jika semua sudah terisi, selanjutnya klik “Ubah NS Sekarang” yang berada di bagian atas untuk menyimpan perubahan. Selanjutnya, silahkan tunggu proses propagasi DNS selama 6 hingga 8 jam.

  1. Kembali ke “Custom Domain” di Blogspot

Jika proses propagasi untuk merubah nama domain server telah selesai, silahkan kembali ke Blogger atau Blogspot pada menu “Custom Domain”. Isi kolom Custom Domain dengan domain milik Anda yang telah Anda custom. Setelah itu, klik “Simpan”.

  1. Klik “Alihkan Domain”

Begitu domain tersimpan, pada menu “Publishing” atau “Mempublikasikan” di bagian pengaturan, silahkan klik menu “Alihkan Domain” untuk mengganti domain blog Anda menjadi custom domain.

Kesimpulan

Tidak perlu khawatir blog buatan  Anda tidak muncul pada SERP Google. Cukup mengganti domainnya dengan cara custom domain di Blogspot, maka blog Anda telah ditingkatkan.

Dengan begitu, pengunjung akan semakin berdatangan karena blog Anda telah terdeteksi oleh SERP Google. Semakin banyak pengunjung maka semakin meningkat pula traffic dari blog Anda.

Cara ini dapat Anda lakukan apabila hanya membeli domain saja dan sudah memiliki blog di Blogspot. Jika Anda belum memiliki blog atau website sama sekali, Anda bisa menggunakan jasa hosting murah atau pembuatan website instan dari IDwebhost dengan domain khusus.

IDwebhost juga banyak promo yang bisa Anda pilih, lho! Jadi, Anda bisa mengakses layanan-layanan tersebut dengan harga yang lebih murah. Jadi, tunggu apalagi, web hosting ya, IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013