Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Web Hosting

Memilih-Web-Hosting-Berkualitas

Jika Anda seperti kebanyakan wirausahawan online, maka web hosting mungkin tidak begitu menarik bagi Anda. Web hosting baru dirasa penting jika terjadi masalah yang menghalangi situs web, email, analisis web, dan sebagainya. Ini adalah satu kesalahan besar yang sering terjadi. Sekarang ini, web hosting adalah bisnis canggih yang semakin populer dikalangan wirausahawan online. Banyak dari kita adalah pelanggan web hosting yang menjadi tuan rumah dari situs web kita sendiri. Untuk itu, kita harus memilih web hosting yang terbaik dan mampu meningkatkan reputasi online. Web hosting yang tidak terpercaya dapat berdampak negatif atau bahkan menjadi bencana bagi kemampuan kita untuk tampil sebagai pengusaha. Pengusaha online proaktif akan selalu tahu layanan web hosting yang dipilih. Bagi Anda yang belum begitu terjun dalam dunia bisnis online, berikut adalah beberapa hal utama yang perlu diketahui tentang web hosting.

  1. Pahami Layanan Web Hosting Yang Ditawarkan

Saat ini, tools otomasi pihak ketiga seperti cPanel dan yang lainnya makin menguasai dunia online dan telah berperan dalam memperluas pasar web hosting di era World Wide Web (WWW). Standarisasi yang dipercepat di seluruh industri berarti bahwa layanan yang memiliki reputasi baik harus dapat memandu Anda melalui operasi dasar dan mengarahkan Anda ke arah yang benar. Misalnya, jika Anda perlu melakukan upgrade atau menggunakan opsi yang lebih maju dan memerlukan layanan khusus seperti akun hosting WordPress yang optimal. Pahami layanan yang ditawarkan dari penyedia web hosting sebelum memilih.

  1. Infrastruktur Web Hosting

Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan server Linux (Apache) atau Windows berbasis server untuk menampung file Anda. Sebagian besar pelanggan berbagi ruang pada server ini, ataupun pilihan lain seperti Virtual Private Server (VPS), Virtual Private Network (VPN), dedicated server, dan IP khusus yang tersedia untuk bisnis menengah dan bisnis besar. Anda harus mengetahui apa jenis web hosting yang tepat untuk menghosting situs Anda dengan baik.

  1. Layanan Pelanggan Yang Diberikan

Seiring berkembangnya teknologi yang telah terstandarisasi, perusahaan web hosting juga harus semakin bersaing berdasarkan kualitas layanan pelanggannya. Anda sebagai pemilik bisnis harus memanfaatkan pengetahuan ini untuk menuntut layanan dan perhatian yang layak didapatkan dari penyedia web hosting. Harga harus sesuai dengan layanan pelanggan yang diberikan dan menjadi penentu apakah Anda akan tetap menggunakan penyedia web hosting tersebut atau tidak.

Perusahaan web hosting yang menawarkan layanan pelanggan 24/7 (seperti Idwebhost.com), maka akan menjadi pemenangnya. Database, forum, dan sistem tiket adalah layanan tambahan yang baik, namun hal ini tidak dapat menggantikan layanan pelanggan dengan sentuhan manusia secara langsung. Pada saat yang sama, berhati-hatilah dengan janji-janji seperti bandwidth tak terbatas dan barang lain yang terdengar bagus tapi sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Mulai Dari Yang Kecil Dan Terus Bertumbuh

Cara teraman untuk menguji web hosting adalah dengan memilih rencana dasar. Rencana dasar dengan server berbasis Linux biasanya cukup baik, kecuali jika Anda memiliki permintaan Windows khusus (seperti SQL Server, framework.NET). Pilih paket yang memenuhi keamanan, email marketing, dan persyaratan ecommerce Anda. Perkirakan pertumbuhan Anda dalam jangka pendek hingga menengah, dan cari rencana yang menawarkan jenis pertumbuhan berjenjang tanpa harus segera meningkatkannya.

Kesimpulan

Web hosting pada dasarnya cukup sederhana dan kompleks. Sejumlah penyedia web hosting saat ini cukup bersaing dan dapat memenuhi kebutuhan pemasaran online Anda saat memulai bisnis. Tes sesungguhnya bagi Anda adalah mengembangkan hubungan yang solid dan saling menguntungkan sehingga dapat menyertai pertumbuhan bisnis Anda.