Mengatasi Masalah Your IP Address Saat Login cPanel

27 Jun 2014
campaign-unlimited

Barangkali anda pernah mengalami masalah, ketika hendak login ke cPanel tidak pernah bisa dan keluar keterangan “Your IP address has changed. Please log in again“. Akhir-akhir ini ada satu provider internet yang banyak usernya mengaku mengalami masalah tersebut, yaitu tidak bisa login cPanel dan keluar keterangan bahwa IP koneksi berubah.

Penyebab dari masalah tersebut, sesuai dengan pesan yang muncul, adalah IP koneksi yang selalu berubah dalam interval yang singkat. Hal seperti itu sangat wajar untuk provider internet, dimana IP address yang dimiliki diputar (digilir) untuk banyak user karena IP address memang sifatnya terbatas.

Sementara itu, dari sisi server hosting, ada pengaturan keamanan dimana apabila user mengakses cPanel dengan IP yang berubah-ubah, akses tersebut ditolak. Pengaturan keamanan tersebut sudah tidak bisa dirubah demi faktor keamanan, mengingat server hosting dipakai oleh banyak user sehingga tidak mungkin melonggarkan pengaturan keamanan yang sudah baku. Lalu bagaimana solusinya ? Jangan putus asa, kita bisa mengakali hal tersebut dengan bantuan sebuah skrip bernama cPanel Proxy. Skrip tersebut berfungsi mem-bypass firewall server sehingga kita tetap bisa mengakses cPanel hosting walau dengan koneksi yang IP-nya selalu berubah-rubah dalam interval yang singkat.

Berikut langkah-langkah memasang skrip cPanel Proxy di hosting :

1. Masuk cPanel memakai koneksi berbeda. Yang paling mudah adalah anda pergi ke warnet 😀

2. Download skrip cPanel Proxy dari SINI.

3. Masuk ke cPanel, dan buatlah sebuah Subdomain bernama cpanel, melalui menu Domains > Subdomains.

4. Upload file cproxy.zip tadi ke dalam folder subdomain public_html/cpanel, melalui menu Files > File Manager.

5. Setelah upload selesai, kembali masuk ke File Manager dan ke lokasi public_html/cpanel, setelah itu extract file cproxy.zip yang baru saja diupload.

6. Setelah itu, silahkan anda akses alamat cpanel.namadomain.com dari koneksi internet anda yang bermasalah tersebut. Selamat mencoba.

CATATAN :

1. Skrip ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah Invalid Login cPanel dimana anda mengalami masalah login invalid cPanel, sedangkan anda tidak pernah melakukan perubahan password cPanel, dan dari sisi server juga tidak ada masalah.

2. Skrip ini juga bisa dipakai jika anda mengalami masalah yang sama saat login webmail. Caranya sama hanya pada langkah nomor 3 dst subdomain yang harus anda buat bernama webmail.

3. Laman project cPanel Proxy : sourceforge.net/projects/cpanelproxy

Penulis
Member since 2 Jul 2013