Saat menjalankan website baru, Anda perlu memastikan bahwa nama domain yang tersedia sesuai dengan nama bisnis. Memilih nama domain dapat dimulai dengan memilih nama bisnis Anda. Ambillah waktu panjang dalam memilih nama domain karena nama domain yang besar bisa membuat pemasaran yang lebih efektif dan mampu meningkatkan traffic ke situs Anda. Buatlah nama domain yang intuitif. Nama domain dapat berpengaruh dalam pertumbuhan bisnis Anda di masa depan jika Anda memilih dengan tepat. Berikut adalah lima tips memilih nama domain yang dapat tumbuh dengan Anda di masa depan.

  1. Buatlah Tetap Pendek

Nama domain yang pendek hampir selalu mengungguli nama domain yang serupa. Mereka lebih mudah untuk diingat, dieja, dan diketik dengan sedikit kesalahan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kenyataan bahwa setiap tahun semakin banyak pengguna web yang menggunakan perangkat pintar untuk mengakses situs web, dan menggunakan layar yang lebih kecil. Jika nama domain Anda panjang, bertele-tele, maka akan semakin membingungkan. Jadi, buatlah nama domain yang tetap pendek, namun tetap mengesankan.

Carlon Smith dari Flagstone Search Marketing mengatakan bahwa ada beberapa alasan plagmatis lainnya mengapa nama domain harus tetap pendek yaitu:

-          Nama domain pendek cocok dengan bahan cetak dan lebih mudah dicetak

-          Dalam dunia mobile, maka semakin sedikit huruf untuk diketikan akan semakin baik, dan

-          Nama domain pendek cenderung lebih mudah diingat

Sebuah studi dari Data Genetics 2012 mengatakan bahwa panjang paling umum untuk URL dot-com adalah 12 karakter, sedangkan panjang yang paling umum untuk URL dot-net adalah 10 karakter.

  1. Jangan Jadi Terlalu Pintar

Nama domain yang unik dan terlihat pintar dapat bermain dengan baik dalam bisnis Anda, tetapi mereka juga dapat menyebabkan salah eja dan menjadi bencana untuk traffic online Anda. Jika nama terlalu membingungkan, berisi terlalu banyak kata-kata, memiliki kata-kata dengan beberapa ejaan, maka orang akan memiliki waktu sulit dalam menemukan website Anda. Cara termudah untuk memastikan orang-orang menemukan situs Anda dengan mudah adalah memilih kata atau frase dengan hanya satu ejaan jika memungkinkan.

  1. Menghilangkan Angka Dan Tanda Hubung

Domain Anda harus terhindar dari kata-kata yang menggunakan angka atau tanda hubung. Ini tidak hanya menyebabkan kurangnya kredibilitas, namun akan sulit untuk diucapkan secara verbal dan diperbincangkan.

  1. Ekstensi Dapat Berarti Penting

Sebuah laporan dari ICANN pada Juni 2016 menyatakan bahwa konsumen yang akrab dengan ekstensi .com (95 persen), .net (88 persen), dan .org (83 persen). Terbukti bahwa .com masih memiliki posisi tertinggi sebagai ekstensi paling kredibel dan banyak digunakan. Ini adalah tempat yang baik untuk memulai nama domain dengan ekstensi .com. Namun, sekarang lebih sulit mendapat ekstensi .com yang sesuai karena banyaknya pengguna yang sudah memakainya. Pilihlah ekstensi yang benar-benar Anda butuhkan dan hindari masalah hukum yang dapat terjadi karena ekstensi yang Anda gunakan.

  1. Pertimbangkan Bagaimana Looks Domain Anda

Menurut laporan Pew Research baru-baru ini, “87 persen orang dewasa menggunakan internet di 11 negara maju”. Perlu diingat bahwa pelanggan mengakses situs Anda pada berbagai ukuran layar. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan nama domain yang sesuai dengan berbagai ukuran layar agar tidak membingungkan pengunjung website Anda. Pemahaman langsung sangat penting dalam dunia perdagangan online.