Nama domain adalah tempat tinggal untuk menjalankan bisnis dan mengarahkan calon pelanggan untuk membeli produk. Di situlah Anda meletakkan fondasi dan mulai membangun keahlian serta otoritas Anda di bidang pilihan. Untuk itu, memiliki nama domain yang berkualitas adalah keputusan penting bagi setiap individu atau bisnis. memilih nama domain dengan terburu-buru dapat mengakibatkan Anda terjebak dengan nama domain yang buruk dan membuang banyak waktu, uang, dan usaha untuk merubahnya. Agar menghindari bencana semacam itu, berikut beberapa fakta penting tentang nama domain yang dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat untuk nama domain.

  1. Nama Domain Harus Sesuai Dengan Nama Bisnis Anda

Ini bukan berarti bahwa nama bisnis dan nama domain Anda harus sama persis. Ini artinya nama domain dan nama bisnis Anda harus serupa sehingga orang-orang mengetahui bahwa keduanya terhubung. Jika nama bisnis Anda adalah “Kucing dan Anjing”, Anda tentu tidak boleh memilih nama domain seperti “Gajah dan Harimau”. Pilihan yang lebih baik untuk nama domain Anda sebaiknya seperti “CatsDogs” atau CatsAndDogs”.

  1. Pilih Ekstensi Domain Yang Benar

Preferensi dari kami adalah selalu memanfatkan ekstensi .com. Ekstensi .com adalah ekstensi yang universal dan akrab bagi semua orang. Namun, tergantung dimana Anda tinggal, Anda juga dapat mempertimbangkan ekstensi lainnya. Jika brand Anda berbasis di Indonesia, tidak ada salahnya untuk memiliki ekstensi domain lokal seperti .id.

  1. Jangan Terlalu Khawatir Tentang SEO

Secara umum banyak yang berpikir bahwa nama domain sangat mempengaruhi peringkat SEO atau search engine. Sekalipun ini berdampak, namun sekarang ini kata kunci yang muncul pada domain tidak memberikan dorongan yang signifikan. Saat ini, memiliki situs berkualitas tinggi, fungsional, dan responsif jauh lebih penting daripada nama domain yang diisi dengan kata kunci bertarget.

  1. Hindari Menggunakan Simbol Dan Angka Dalam Nama Domain

Dalam banyak kasus, Anda perlu menghindari penggunaan tanda hubung dan angka pada nama domain pilihan. Angka dan simbol sering kali mengubah rute orang ke situs web yang salah jika mereka tidak ingat untuk mengetik tanda hubung atau angka ke URL domain Anda. Ingat, salah satu kunci sukses untuk nama domain adalah Anda ingin pelanggan mudah mengingat dan dapat mengetik nama domain dengan cepat.

  1. Periksa Hak Cipta Dan Merek Dagang

Selalu pastikan untuk mengecek terlebih dahulu bahwa nama domain pilihan Anda belum menjadi merek dagang orang lain. Melakukan hal tersebut akan membantu Anda mendapat kepastian tentang status nama domain. Bila ragu, selalu pertimbangkan dengan penasihat hukum sebelum melakukan langkah kritis.

  1. Semakin Pendek Lebih Baik

Aturan umum yang praktis ketika menyangkut panjang nama domain adalah semakin pendek nama tersebut maka akan semakin baik. Situs web teratas saat ini hanya memiliki sekitar 8 karakter di nama domain mereka (seperti Google, Facebook, Twitter, dan sebagainya). Ini memastikan bahwa pelanggan mengingat nama Anda dan memiliki akses mudah ke situs web Anda.

  1. Privasi Domain

Privasi adalah masalah besar di internet dan nama domain Anda harus dijaga dengan baik. Sebenarnya, siapapun dapat melakukan pencarian tentang privasi domain dan jika nama domain Anda tidak memiliki privasi whois yang diberlakukan, maka informasi seperti alamat rumah, alamat email, nama, dan nomor telepon akan tersedia bagi siapa saja untuk dilihat. Ini adalah hal yang buruk. Cara mudah untuk menghindari hal ini adalah dengan mendaftarkan privasi whois untuk nama domain Anda.