Saat ini, nama domain adalah hal utama dalam dunia online. Ini adalah tempat dimana brand Anda tinggal dan melakukan bisnis. Selain itu, ini juga menjadi tempat menemukan pelanggan potensial yang mau membeli dan membangun keahlian serta otoritas Anda. Jadi, sangat wajar jika memilih nama domain adalah sebuah keputusan penting yang perlu dipikirkan dengan baik. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan 7 fakta penting tentang nama domain yang sangat membantu dalam memilihnya yang tepat.

  1. Apakah Anda Harus Membeli Nama Domain Sesuai Dengan Nama Bisnis Anda?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih nama domain. Salah satunya yaitu mencocokkan dengan nama bisnis Anda. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Jadi, jika nama bisnis Anda yang terdaftar misalnya High Street Plumbing, maka Anda tentu tidak boleh memilih nama domain dengan tomsplumbing.com. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih nama domain seperti highstreetplumbing atau highstreetplumbers. Bahkan jika nama domain yang dipilih tidak persis dengan nama bisnis Anda, maka berikan nama yang terkait yang mudah ditemukan saat melakukan pencarian secara online.

  1. Manakah Ekstensi Domain Yang Terbaik?

Sampai saat ini, ekstensi domain .com tetap menjadi yang populer. Jika memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan nama domain yang mampu meningkatkan perkembangan bisnis Anda seperti ekstensi .com. selain itu, sesuaikan dengan tempat Anda tinggal dan dimana bisnis Anda berjalan. Misalnya, jika bisnis Anda berada di Inggris, tidak ada salahnya memiliki domain dengan ekstensi lokal (dalam hal ini .co.uk) dan ekstensi .com.

  1. Apakah Pilihan Domain Mempengaruhi SEO?

Secara umum, pilihan Anda terhadap nama domain penting untuk SEO, namun tidak cukup banyak seperti yang dipikirkan. Kata kunci pada nama domain adalah yang berperan mempengaruhi SEO. Jangan khawatir terlalu banyak mengenai hal ini, ada sejumlah cara untuk mempromosikan situs Anda sekalipun tidak memiliki kata kunci tertentu dalam nama domain. Apa yang dapat Anda pertimbangkan adalah menempatkan lokasi bisnis dalam nama domain.

  1. Apakah Boleh Menggunakan Tanda Hubung Dan Nomor Pada Nama Domain?

Dalam sebagian besar kasus, sebaiknya hindari menggunakan tanda hubung dan nomor pada nama domain. Ingat, salah satu kunci terbesar dalam nama domain yang sukses adalah mudah ditemukan dan diingat oleh pelanggan.

  1. Masalah Hak Cipta Dan Merek Dagang Pada Nama Domain

Anda harus 100 persen yakin bahwa nama domain yang didaftarkan tidak sama dengan merek dagang orang lain. Sebaiknya, hindari nama domain yang akan mengakibatkan masalah hak cipta dan merek dagang di kemudian hari. Itu hanya bisa membawa Anda ke dalam segala macam kesulitan. Jika ragu, carilah penasihat hukum sebelum memutuskan untuk mendaftarkan nama domain.

  1. Konfigurasi Nama Domain Dengan Website Anda

Setelah memilih nama domain, konfigurasi nama domain dengan layanan web hosting Anda. Ini akan memberikan bisnis Anda sebuah situs yang berjalan, ditambah Anda dapat menggunakan alamat email perusahaan untuk membuat semuanya profesional. Hal ini juga membantu Anda memastikan untuk menghindari orang lain mengambil domain Anda dan membuat pelanggan semakin mudah menemukan bisnis Anda.

  1. Nama Domain Panjang?

Aturan umum dalam memilih nama domain adalah lebih pendek, lebih baik. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa panjang ideal sebuah nama domain hanya delapan karakter. Nama domain yang tetap pendek akan memudahkan pengguna dalam mengingat dan menemukannya.