Bagaimana Hosting Mempengaruhi Kecepatan Memuat Laman?

24 Sep 2017
Bagaimana Hosting Mempengaruhi Kecepatan Memuat Laman? campaign-unlimited

Dunia telah tumbuh menjadi ruang di mana semua orang menginginkan segalanya secara instan. Tidak ada yang mau menghabiskan waktu menunggu situs web memuat dengan kecepatannya. Kecepatan memuat website dengan cepat dan baik dipenuhi faktor lebih banyak keterlibatan, konversi, dan pengalaman pengguna yang lebih tinggi. Yang terpenting, Google juga menambahkan kecepatan memuat halaman ke rangking secara algoritma dan saat ini kriteria tersebut ternyata merupakan kata kunci di dunia SEO.

Meskipun algoritma Google ini telah ada selama hampir setengah dekade sekarang, bahkan sekarang ada banyak saran tidak lengkap atau tidak akurat terkait dengan kecepatan halaman. Namun, banyak ahli percaya bahwa web hosting adalah salah satu aspek yang paling diabaikan terkait dengan kecepatan memuat halaman.  Berikut dampak dari web hosting pada kecepatan memuatnya.

–          Dampak di Dunia Nyata

Kenyataannya, keuntungan meningkatkan kecepatan memuat halaman seringkali berlebihan tetapi ada beberapa manfaat yaitu mempercepat memuat halaman website Anda.

–          UX

Dampak bahwa aspek kecepatan memuat laman ini terhadap pengguna mungkin jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan dampak peringkat di Google. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan dampak terhadap pengalaman pengguna dan hal ini menunjukkan bahwa kecepatan memuat halaman yang lambat menyebabkan tingkat konversi berkurang terutama dalam kasus situs e-commerce. Peningkatan dalam tingkat konversi mungkin sangat penting bagi reseller besar, namun situs dengan traffic yang kurang mungkin mengalami penurunan keuntungan sangat kecil.

–          SEO

Kecepatan memuat laman di situs web Anda dapat memengaruhi peringkat Google untuk sebagian besar. Alasannya karena hal ini adalah bagian dari mesin pencari terbesar dan pembaruan algoritma Google terbaru. Namun, tidak begitu jelas sejauh mana faktor ini dianggap sebagai kriteria peringkat dalam optimasi mesin pencari.

–          Apa yang Membuat Website Hosting Menjadi Faktor Vital?

Saat pengguna menelusuri situs dan mencoba memuat halaman, tentu harus menjalankan program dan mengakses file dari server web. Jika server web itu cukup cepat, halaman web yang ingin Anda akses juga akan dimuat dengan cepat. Tiga tugas utama yang harus diselesaikan komputer remote adalah: jalankan kode, jalankan query database, dan sajikan file.

–          Alasan Beberapa Unsur Pada Paket Hosting Memiliki Dampak terhadap Kecepatan

Bagaimana Anda memilih paket hosting yang dapat membantu meningkatkan kecepatan memuat halaman situs Anda? Faktor-faktor yang berkontribusi pada paket hosting yang cepat maka sama artinya dengan faktor pembuat komputer Anda bekerja lebih cepat.

Hard Drive Cepat: Bila dibandingkan dengan hard disk standar, solid state drive mampu memuat file lebih cepat sehingga menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

Sumber Daya Terpadu: faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih paket hosting karena dapat mencegah situs lain memanfaatkan sumber daya situs Anda seperti memori dan prosesor. Jadi, memilih dedicated server atau VPS dibandingkan merencanakan cara bisa memiliki dampak besar pada kecepatan beban.

Sumber Daya Lokal: Menjaga sumber daya Anda di server web secara langsung dapat meningkatkan kinerja karena tidak memilikinya di server lain dengan shared hosting.

Sumber Daya Lainnya: Memori dan daya pemrosesan lebih banyak menyiratkan bahwa server Anda dapat melakukan eksekusi permintaan lebih cepat. Sebuah dedicated server akan menawarkan sumber daya yang jauh lebih banyak.

–          Apakah Diperluas Bisa Hosting Menjadi Cepat dan Meningkatkan Kecepatan Memuat?

Mengupgrade rencana hosting Anda dapat memiliki dampak positif yang besar pada kecepatan memuat halaman situs web Andaterutama untuk situs sumber intensif. Dampaknya mungkin lebih kecil jika situs Anda kurang sumber daya intensif atau sudah berada di hosting yang relatif cepat.

Upgrade paket hosting Anda juga dapat menyebabkan peningkatan kecepatan yang cukup jika situs Anda memuat perlahan karena beberapa pengguna browsing juga menggunakan secara bersamaan.

Jika Anda mencoba mengoptimalkan situs Anda untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman, pengoptimalan kode bukanlah satu-satunya solusi. Jangan lupa untuk mengecek ulang apakah paket hosting Anda memerlukan upgrade untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Menggunakan layanan CDN (Content Distribution Network) juga bisa sangat membantu dalam mempercepat portal e-commerce dan situs web yang memiliki grafis yang kaya dan gambar yang berat sebaliknya secara drastis menghambat kinerja dan waktu muat.

Anda bisa cari tahu lebih banyak soal hosting murah di IDwebhost ya!