Cara Membeli Nama Domain Terbaik (Murah)

Ada banyak tempat untuk membeli nama domain yang murah. Beberapa vendor bahkan memiliki harga terjangkau dengan reputasi baik, namun ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Periksa mana vendor yang memiliki harga termurah dan bandingkan dengan yang lainnya. Berikut adalah enam tips untuk membeli nama domain yang terbaik dan murah.

Jangan Memilih Domain Yang Umum

Mungkin preferensi setiap orang adalah memiliki domain “.com”, namun terkadang domain yang diinginkan sudah tidak tersedia. Tahan keinginan Anda untuk menambahkan fitur aneh atau nama yang sulit diingat hanya untuk menemukan domain .com yang tersedia. Berikut adalah tiga hal yang harus dihindari saat memilih nama domain:

-          Tanda Hubung: Orang akan mudah melupakan nama domain jika memiliki tanda hubung yang sulit. Ini juga akan menjadi lebih buruk jika pesaing Anda menggunakan domain yang sama dengan Anda, hanya tanpa tanda hubung. Anda akan mengirimkan traffic harian ke situs pesaing saat pengunjung Anda memasukkan domain dengan tidak benar.

-          Hampir Identik Dengan Pesaing: Meskipun mungkin Anda tergoda untuk membeli domain “seattlecoffeworks.com” dan pesaing utama Anda menggunakan nama domain “seattlecoffegear.com”, sebaiknya jangan melakukan itu. Saat pengunjung mencari kata “seattlecoffe”, maka Anda harus bersaing dengan brand yang lebih besar dan sudah mapan. Dan ketika pengunjung mencari bisnis Anda, mereka mungkin tidak ingat nama generik Anda dan akhirnya membeli dari pesaing. Untuk itu, hindari nama yang identik dengan pesaing Anda.

-          Ejaan Yang Membingungkan: Kebanyakan orang tidak bisa mengeja dengan benar, untuk itu pilih kata-kata yang tidak membingungkan dan mudah dieja. Misalnya kata “bass” dapat memiliki dua pengucapan dan akhirnya akan dieja dengan tidak benar dalam sejumlah cara. “Bass” dapat merujuk pada beberapa jenis ikan, suara berfrekuensi rendah, atau bahkan nama dari seseorang.

Beli Domain Dari Registrar Tertentu

Meskipun ada ratusan tempat untuk membeli domain, jangan membeli dari registrar domain yang tidak diketahui. Pilih registrar yang terpercaya dan sudah berkecimpung dalam dunia jual beli domain cukup lama. Dengan begitu, mereka dapat memberikan domain yang tepat dengan harga yang sesuai.

Brainstorm Sebelum Memulai Pencarian

Gunakan alat brainstorming gratis seperti DomainHole yang menghasilkan sejumlah varian domain terbaik yang tersedia. Alat lain yang bisa digunakan adalah Tesaurus. Setelah Anda memiliki beberapa kunci dalam pikiran, maka Anda bisa mengeceknya disana. Terkadang Anda akan segera mendapatkan kata yang tepat, namun tak jarang juga membutuhkan waktu beberapa jam untuk bermain dengan varian yang ada. Hal ini akan sepadan untuk menginvestasikan ratusan jam agar menghasilkan traffic dan mampu membangun bisnis Anda menggunakan domain yang terpilih.

Beli Domain Minimal Untuk 5 Tahun

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu membeli domain untuk 5 tahun ke depan atau untuk jangka panjang.

-          Kunci Mendapat Harga Rendah: Mendapatkan harga rendah adalah hal bagus karena Anda tidak akan tahu kenaikan harga yang terjadi pada tahun berikutnya.

-          Hemat Waktu: Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pembaruan setiap tahunnya karena Anda sudah membeli untuk jangka waktu yang panjang.

-          Meningkatkan SEO: Google akan lebih menghargai komitmen Anda dengan meningkatkan peringkat pencarian karena telah membeli domain untuk jangka waktu yang panjang.

Jangan Membeli Nama Domain Dengan Satu Kata

Banyak perusahaan yang menginginkan satu kata dalam domainnya (misalnya insurance.com atau travel.com), namun Anda sebaiknya menghindari ini. Ada dua masalah dalam domain yang menggunakan satu kata.

-          Mereka Tidak Berkesan: Cukup sulit membangun sebuah brand menggunakan satu kata karena biasanya mereka tidak memiliki arti. Mungkin kata tersebut dapat merujuk pada suatu industri namun klien akan mencari dan membeli dari satu nama perusahaan bukan dari situs generik.

-          Mereka Mahal: Domain premium dengan satu kata biasanya dijual dengan harga yang fantastis. Contohnya seperti domain “insure.com” yang dijual seharga $16 juta di tahun 2009.