Cara Memilih Domain Dan Membuat Blog Yang Menguntungkan

cara-membuat-Konten-marketing-800x445

Membuat blog yang menarik dan bermanfaat adalah tugas yang cukup sulit. Menurut data statistik, ada sekitar 178 juta blog di seluruh dunia pada tahun 2011. Selama beberapa tahun yang singkat, jumlah tersebut terus meningkat secara dramatis. Jumlah total blog di Tumblr sendiri sudah melampaui 320 juta pada Januari ini dan jumlahnya terus tumbuh pada tingkat eksponensial. Tingkat persaingan membuat blog menjadi makin serius sebagai bisnis online. Ada banyak kesempatan bagi para blogger untuk mengembangkan konten dan bersaing secara sehat dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Pertanyaannya, bagaimana Anda memulai sebuah blog yang menarik? Apakah Anda memerlukan domain khusus untuk blog? Bagaimana Anda menulis konten yang menarik minat pembaca? Meskipun tidak ada cara pasti untuk mempertahankan minat pembaca, namun dengan strategi berikut Anda mungkin dapat memilih domain yang tepat untuk blog dan membuat blog yang menguntungkan bisnis Anda.

Temukan Niche Anda

Agar menghasilkan pendapatan dari blog, Anda perlu mengumpulkan pembaca yang cukup besar. Untuk mengumpulkan pembaca, Anda harus mulai memikirkan apa yang mungkin diinginkan atau dibutuhkan pembaca. Pengamatan yang maksimal tentang minat pembaca mungkin akan membantu Anda dalam membuat konten yang sesuai. Jika Anda mengalami masalah dengan apa yang menjadi niche Anda, tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:

-          Informasi apa yang bisa dibagikan dan bermanfaat bagi orang lain?

-          Keterampilan apa yang saya miliki dan dapat dibagikan untuk orang lain?

-          Apa yang saya sukai? Bagaimana saya bisa berkontribusi dalam dialog tentang hal tersebut secara signifikan?

-          Apa yang disenangi orang-orang saat ini? Tren apa yang sedang menarik?

Bangunlah Sebuah Brand Yang Kohesif Dengan Konten Berkualitas

Brand harus diciptakan dengan menyusun ‘kepribadian’ yang kohesif. Anda dapat mencerminkan harmonisasi dari situs web dengan memilih font, warna, dan desain tertentu. Ini juga melibatkan nama, tagline yang mudah diingat, dan palet warna yang menarik. Menurut Adobe, 39% orang berhenti terlibat dengan situs web jika tidak menarik, jadi sangat penting untuk memanfaatkan desain web yang efektif dan mengintegrasikannya ke dalam brand Anda. Kualitas konten yang bermakna juga akan membantu dalam membangun otoritas dan menumbuhkan loyalitas. Jadi, meskipun mengoptimalkan kata kunci dan backlink adalah hal penting, namun mempublikasikan postingan berkualitas secara rutin lebih diutamakan.

Posting Konten Setidaknya Seminggu Sekali

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan blogger baru adalah memposting secara sporadis. Memposting konten setiap minggu (atau idealnya setiap hari) tidak hanya membantu meningkatkan page rank Anda, ini juga akan memberi insentif bagi pembaca yang sudah ada untuk kembali secara teratur. Memikat pembaca Anda dengan konten yang luar biasa adalah langkah pertama. Mempertahankan ketertarikan mereka adalah proses yang lebih sulit, dan ini adalah upaya berkelanjutan dari pihak Anda. Paling tidak, Anda harus menetapkan jadwal untuk konten sehingga pembaca tahu kapan harus memeriksa kembali. Yang terpenting, menetapkan jadwal untuk postingan Anda akan menambahkan legitmasi ke blog Anda yang akan membangun kredibilitas dan loyalitas brand.

Jelajahi Strategi Monetisasi

Menetapkan sasaran dan membuat garis waktu harus digunakan untuk terus meningkatkan keterlibatan situs web dengan pembaca dan blogger lainnya. Membangun audiens Anda adalah inti dari memonetisasi blog. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan audiens dalam menghasilkan pendapatan. Anda dapat mempertimbangkan strategi berikut:

-          Iklan Tradisional: ini mungkin strategi yang paling mudah. Entah Anda menjual ruang situs web dengan menarif biaya atau keuntungan langsung dari penayangan iklan.

-          Konten Sponsor: Ini adalah konten yang terlihat dan yang mungkin muncul di situs Anda, namun berbeda karena tujuan utamanya adalah untuk mendukung atau mempromosikan produk dan layanan tertentu.

-          Afiliasi: Strategi ini memungkinkan Anda memperoleh komisi saat mempromosikan produk seseorang.