Jika Anda mentransfer data sensitif apapun, Anda harus memastikan untuk menyimpannya dengan aman. Salah satu cara yang paling efektif untuk melindungi data adalah dengan mengaktifkan HTTPS atau juga dikenal sebagai SSL (secure socket layers) untuk mengenkripsi data yang dikirim ke dan dari server Anda. Enkripsi ini sangat aman dan membuat para hacker hampir tidak mungkin untuk mencegat transmisi dan mengakses informasi pribadi dari pengguna.

Konsumen menjadi lebih sadar akan pentingnya transfer data yang aman, dan mereka sering mencari kunci hijau yang muncul di browser mereka di situs web dan berkemampuan HTTPS. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengaktifkan HTTPS dan mendapatkan kunci hijau itu untuk situs Anda sendiri.

Cara mengaktifkan HTTPS di server Anda

Siap masuk ke setiap langkahnya? Ayo lihat sekarang!

Host dengan alamat IP khusus

Langkah pertama adalah memastikan Anda menghosting dengan alamat IP khusus. Untungnya, jika Anda menghosting dengan Idwebhost, bahkan di shared hosting, Anda tidak perlu membeli alamat IP khusus karena dilengkapi dengan sertifikat SSL.

Namun, jika Anda hosting dengan penyedia lain, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan paket hosting yang memberi Anda IP khusus. Dalam banyak kasus, ini mengharuskan Anda meningkatkan versi ke VPS atau dedicated server. Sebagai alternatif, Anda dapat mentransfer ke Idwebhost dan menggunakan rencana apa pun.

Beli sertifikat SSL

Setelah Anda memiliki alamat IP khusus, beli sertifikat SSL Anda. Ini bertindak sebagai bentuk identifikasi untuk website. Sertifikat SSL hanyalah serangkaian angka dan huruf yang Anda pasang di server. Saat orang mengunjungi situs Anda melalui alamat HTTPS, kata sandi dicentang, memverifikasi bahwa situs web Anda adalah yang dikatakannya.

 Sertifikat ini digunakan untuk mengenkripsi semua data yang mengalir ke dan dari server tempat sertifikat diinstal. Sertifikat SSL ini harus dibeli dari pengecer terpercaya yaitu Certificate Authority (CA). Mereka menyimpan salinan kata sandi sertifikat di database Anda, dan itu disaut silang oleh lalu lintas web yang masuk untuk memastikan bahwa alamat web Anda terhubung ke server yang benar.

Meminta sertifikat SSL

Selanjutnya, Anda harus mengaktifkan kredit Anda untuk menukarkan sertifikat. Tata cara untuk meminta sertifikat di masing-masing hosting tentu berbeda-beda. Anda hanya perlu bertanya pada penyedia hosting yang Anda gunakan untuk melakukannya. Setelah Anda mengirimkan informasi untuk meminta sertifikat SSL, dibutuhkan waktu antara satu hingga tujuh hari untuk memvalidasi dan memverifikasi permintaan sertifikat Anda. Selama waktu ini Anda mungkin diminta untuk informasi lebih lanjut.

Instal sertifikat

Untungnya, ini adalah salah satu langkah terakhir dan yang paling mudah. Anda seharusnya mendownload sertifikat dari penyedia Anda, dan sekarang Anda perlu menginstalnya ke server. Jika situs web Anda di-host dengan Idwebhost, Anda dapat menginstalnya melalui cPanel.

Perbarui situs Anda untuk mengaktifkan HTTPS

Biarkan situs web beberapa saat memperbarui, dan kemudian memastikan bahwa situs telah mengaktifkan HTTPS. Jika situs web dimuat, selamat Anda telah berhasil memasang sertifikat SSL untuk mengaktifkan HTTPS. Namun, ada satu langkah tersisa untuk memastikan pengunjung dikirim ke situs web aman Anda.  Anda harus mengarahkan pengguna langsung dari HTTP ke HTTPS di laman yang relevan di mana informasi yang aman akan dikirimkan. Ini juga berarti bahwa Anda mungkin perlu mengubah tautan ke laman tersebut untuk memastikan HTTPS dan bukan HTTP.

Tentu saja, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengalihkan keseluruhan situs web Anda dari HTTP ke HTTPS, namun ini akan membuang daya proses enkripsi pada halaman yang tidak memiliki informasi. Kemungkinan penyedia Anda telah memberlakukan batas data pada enkripsi Anda dan meneruskannya bisa sangat mahal harganya.