Saat Anda memilih nama domain, apakah hal itu berarti besar seperti ekstensi yang Anda pilih? Kita tahu bahwa SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk bisnis Anda. Mari kita lihat apakah sebuah nama domain dapat mempengaruhi peringkat SEO untuk website Anda.

Anatomi Tentang Domain

Setiap nama domain yang Anda daftarkan memiliki dua bagian yaitu bagian yang Anda buat sendiri di bagian kiri sebelum titik dan bagian yang ada di sebelah kanan titik yang disebut ekstensi (misalnya .com, .net, .org, dan sebagainya). Untuk ekstensi atau Top Level Domain, Anda dapat memiliki sejumlah pilihan. Anda dapat memilih ekstensi yang generik seperti .com, .net, serta pilihan lain yang lebih deskriptif seperti .shop, .coffee.

Apakah Pilihan Top Level Domain Mempengaruhi Peringkat SEO?

Google telah menjawab pertanyaan ini dengan tegas: pilihan top level domain Anda tidak mempengaruhi atau meningkatkan peringkat pada pencarian website. Sampai sekarang, Google tidak memperhatikan lebih jauh tentang ekstensi kecuali ekstensi yang berdasarkan kode negara. Jadi, jika Anda ingin membuat website mengenai toko gitar misalnya, maka pilihan ekstensi domain seperti .com atau .gitar tidak akan mempengaruhi peringkat pencarian. Anda tidak perlu khawatir untuk memilih ekstensi domain yang tepat karena tidak mempengaruhi peringkat SEO.

Pengecualian: Country Code Tope Level Domain (ccTLD)

Meskipun ekstensi generik dan ekstensi baru tidak mempengaruhi peringkat SEO, namun ada pengecualian untuk ekstensi domain yang melibatkan kode negara atau ccTLD. Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara atau dikenal juga dengan TLD lokal yang mencakup suatu negara tertentu. ccTLD memiliki dua huruf di sebelah kanan dari titik, misalnya seperti .ca untuk Kanada atau .id untuk Indonesia.

Google menganggap bahwa domain yang menggunakan kode negara mampu menentukan apakah isi suatu website ditargetkan untuk wilayah tertentu. ccTLD tertentu seperti untuk Kanada atau Indonesia akan mempengaruhi hasil pencarian dan peringkat website. Hal ini akan membuat website diprioritaskan untuk orang-orang yang sedang berada di negara tersebut. Jadi jika audiens Anda mayoritas di Indonesia, maka domain dengan ekstensi .id mungkin menjadi pilihan yang baik.

Generic Country Code Domains

Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua domain dengan kode negara diciptakan sama. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Google memperlakukan beberapa nama domain dengan kode negara sebagai nama domain umum atau generik. Ini berarti, ekstensi domain dengan kode negara yang bersifat umum akan bekerja mirip seperti ekstensi domain .com. Untuk memastikannya, periksa daftar ekstensi domain Google dengan kode negara yang diperlakukan sebagai domain generik.

Dapatkan Domain Yang Kreatif

Pada intinya, saat Anda memilih ekstensi domain maka Google tidak akan mempengaruhi peringkat website Anda berdasarkan hal tersebut. Anda bisa mendaftarkan ratusan ekstensi domain yang berbeda. Temukan satu ekstensi domain yang terbaik untuk bisnis dan Anda bisa lebih kreatif dalam memilihnya. Sesuaikan domain yang Anda pilih dengan bisnis Anda.