Setiap berada di sekitar bisnis online, maka solusi web hostingnya tidak akan jauh-jauh dari shared hosting, Virtual Private Hosting (VPS), managed hosting, dedicated hosting, dan yang paling terbaru adalah cloud hosting. Seringkali, hosting yang terkenal amat sangat mahal adalah dedicated hosting, tapi apa sebenarnya alasan untuk memilih hosting tersebut dan apakah sesuai untuk bisnis Anda?

Apa Itu Dedicated Hosting?

Dedicated hosting mengacu pada skenario dimana sebuah situs web (atau kumpulan situs web terpadu) dihosting di server fisiknya sendiri yang berbeda dan oleh karena itu tidak berbagi hardware atau software dengan situs web yang lainnya. Server itu sendiri biasanya akan disewa dari penyedia hosting dan akan ditempatkan secara fisik di data center. Seperti shared hosting atau VPS, paket dedicated hosting bisa dikelola sendiri atau bisa masuk dalam berbagai elemen hosting yang dikelola, dari menyediakan panel kontrol yang memungkinkan klien untuk meminta tugas pemeliharaan otomatis hingga untuk meminta dukungan teknisi dalam panggilan 24/7.

Manfaat Dedicated Web Hosting

Lokasi Data Center

Semua situs web yang tinggal di server dan berada di pusat data akan mendapatkan keuntungan dari kondisi keamanan dan lingkungan sekitar (pendinginan, kontrol, kelembaban, dll) yang ditawarkan oleh pusat data ini. Selain itu, ada beberapa manfaat lebih lanjut yang ditawarkan oleh dedicated server dibandingkan dengan fitur-fitur yang dimilki shared hosting.

Uptime Dan Keamanan

Alasan utama dalam memilih solusi dedicated server adalah untuk memastikan kinerja situs dan waktu kerja Anda tetap baik dalam menghadapi tuntutan dari volume traffic yang tinggi dan aktivitas situs yang berat (misalnya dari transaksi dan database besar). Paket hosting khusus biasanya akan menyertakan pilihan redundansi untuk software dan hardware sehingga setiap kegagalan pada server tidak akan mengakibatkan uptime yang hilang. Resiko kegagalan awal juga berkurang karena situs Anda tidak berbagi sumber daya dengan orang lain.

Kinerja

Secara umum, hosting situs web Anda berada di pusat data. Entah melalui colocation atau ruang server yang disewa, memungkinkan Anda mendapat keuntungan dari skala ekonomi yang ditawarkan seperti bandwidth yang tinggi. Fakta bawa situs web Anda memiliki keseluruhan server berarti Anda dapat menggunakan semua sumber daya yang ditawarkan server tersebut tanpa harus bersaing dengan permintaan dari situs lain. Berbeda dengan situs yang berada di shared server, Anda akan memiliki CPU sendiri dan dapat memanfaatkan semua bandwidth server, sehingga kecepatan dan kinerja situs dioptimalkan. Anda juga akan memiliki akses ke space disk yang ideal untuk konten yang kaya, khususnya untuk memperluas situs web yang dinamis.

Pribadi

Jika situs Anda cenderung memperoleh atau menggunakan data sensitif dan pribadi seperti rincian rekening bank, maka platform hosting khusus seperti dedicated hosting dapat mengenalkan ke tingkat keamanan yang lebih lanjut. Semua solusi hosting harus memiliki tindakan pengamanan yang ada untuk melindungi dari kebocoran data.

Optimasi Dipesan Lebih Dahulu

Daya tarik utama dedicated hosting adalah memungkinkan klien untuk benar-benar mengkonfigurasi set up secara optimal dan dapat dipesan terlebih dahulu. Anda bisa memilih, tidak hanya spesifikasi hardware yang Anda inginkan, tapi juga konfigurasi software yang Anda butuhkan untuk menjalankan situs seefektif mungkin. Hal ini termasuk dalam memilih sistem operasi, database, dan aplikasi lainnya (ini juga memanfaatkan akses root ke server). Ini adalah manfaat berharga, karena jika Anda menggunakan shared hosting, biasanya Anda harus memilih paket software dan hardware yang sudah ada sebelumnya (Anda jadi tidak dapat menyesuaikan dengan kebutuhan website).