Nama domain dapat mengidentifikasi Anda di internet agar dapat ditemukan oleh pelanggan dan prospek Anda. Ini adalah langkah pertama menuju situs web yang hebat, oleh karena itu sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk melakukan brainstorming terhadap nama domain yang terbaik bagi bisnis Anda. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki nama domain sendiri dan tidak menggunakan nama domain yang merupakan bagian dari layanan blog atau situs gratis. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk mengubah web hosting (misal dari GoDaddy ke Idwebhost), nama domain akan tetap bersama Anda jika Anda memiliki nama domain sendiri. Pelanggan dan pengunjung lain yang akrab dengan nama domain Anda (misalnya: www.example.com) tidak perlu diinformasikan secara individu atau melalui email massal tentang perubahan nama domain atau alamat web. Seperti sebelumnya, mereka hanya akan mengetikkan nama domain Anda dan mereka dapat mengakses situs web baru Anda seolah-olah tidak ada perubahan hosting yang terjadi.

Sebagai bisnis online, nama domain dapat memberi kehadiran dan kredibilitas perusahaan. Orang cenderung enggan melakukan bisnis dengan perusahaan yang tidak memiliki nama domain sendiri. Jika nama domain bisnis Anda mengacu pada aktivitas utama perusahaan, orang akan mengingatnya dengan mudah dan dapat mengunjungi situs web Anda tanpa harus memastikannya lewat surat kabar, kartu nama, atau smartphone mereka. Pikirkan nama domain sebagai cara lain untuk menjadi brand bisnis online Anda.

Cara Mencari Registrar Nama Domain Yang Hebat

  1. Lakukan pencarian domain dengan registrar atau perusahaan web hosting yang dipilih. Anda juga bisa mendapatkan ide, brainstorming, dan menemukan nama domain yang tersedia dengan menggunakan generator nama domain.
  2. Pilih perusahaan yang andal dan tidak akan membahayakan identitas digital Anda. Perusahaan ini harus memberi akses ke pilihan seluas mungkin, termasuk ratusan ekstensi khusus (misalnya sesuai dengan kota, lokasi, pekerjaan, hobi, dan sebagainya) yang dapat mendatangkan kehadiran online bagi pengunjung Anda.
  3. Bila Anda memilih registrar, carilah pengaturan domain sederhana yang tidak memerlukan keahlian teknis. Ini juga harus menawarkan penerusan nama domain ke situs web yang ada dengan mudah dan sejumlah subdomain yang baik untuk menyesuaikan situs.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan pemantauan real time agar memastikan situs web Anda aktif dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Privasi Dan Perlindungan Domain

Rencana privasi domain dapat melindungi terhadap pencurian identitas, mencegah spam terkait domain, dan mencegah peretasan domain. Biaya perlindungan biasanya sama dengan nama domain itu sendiri. Registrar yang memiliki reputasi baik biasanya akan menawarkan:

-          Perlindungan terkunci terhadap paparan informasi pribadi

-          Perlindungan informasi pribadi di direktori Whois

-          Pencegahan spam terkait domain

-          Pencegahan terhadap pembajakan domain

-          Melindungi Anda dari penguntit dan pencuri

-          Alamat email pribadi yang bisa diteruskan kepada Anda akan disaring atau diblokir.

Layanan yang lebih canggih dan sesuai untuk bisnis (misalnya perlindungan kartu kredit, segel Perlindungan Bersertifikasi, perlindungan transfer domain ‘deadbolt’) biasanya juga akan disediakan.

Layanan Nama Domain Tingkat Lanjut

Registrar yang terbaik tentu akan memudahkan seluruh pelanggan nama domainnya. Ini mungkin termasuk beberapa layanan berikut:

-          Pendaftaran pribadi

-          Alat pemetaan domain geografis yang memungkinkan Anda untuk cepat dalam mencari dan mengamankan sekumpulan nama domain di lokasi tertentu

-          Nama domain internasional: Anda dapat mendaftarkan nama domain populer dalam sejumlah bahasa yang berbeda

-          Domain Backorders: Anda bisa mendapatkan daftar tunggu untuk nama khusus yang saat ini dimiliki oleh bisnis lain