Sebagian besar pemilik bisnis yang cerdas menggunakan situs web dan blog untuk terlibat dengan klien yang ada dan menjangkau calon pelanggan. Sementara sebagian besar pemilik bisnis melihat nilai dari pembuatan konten yang mengagumkan, mereka sering lupa akan pentingnya web hosting. Menurut pengalaman, kebanyakan usaha kecil akhirnya membuat pilihan yang salah pada awalnya karena mereka tidak mengevaluasi kebutuhannya dengan benar.

Apa Yang Terjadi Saat Anda Membuat Pilihan Hosting Yang Salah?

Sebagai bisnis, salah satu prioritas terpenting Anda adalah memaksimalkan keuntungan. Jika menurut Anda memilih web hosting yang salah tidak bisa berdampak negatif terhadap penghasilan, maka pikirkan lagi. Berikut adalah beberapa hal buruk yang bisa terjadi bila Anda tidak memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan:

    Kehilangan pendapatan – Jika situs Anda turun, calon pelanggan Anda tidak akan dapat melihat entri blog atau belajar tentang produk dan layanan Anda. Lebih buruk lagi, jika Anda meng-host toko online, Anda akan kehilangan potensi penjualan dan pendapatan. Amazon baru-baru ini mengalami pemadaman 40 menit yang menghabiskan biaya sekitar $5 juta dolar. Kerugian Anda mungkin tidak sebesar itu, tapi Anda masih tetap kehilangan pendapatan.

    Efek negatif pada Peringkat SEO – Tujuan Anda dengan pemasaran konten adalah memberi peringkat tinggi dalam hasil penelusuran sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukannya. Jika situs Anda down berulang kali saat mesin pencari mencoba untuk mengunjungi, maka peringkat Anda akan terpengaruh secara negatif. Selain downtime, banyak pakar SEO percaya bahwa situs web yang lamban juga bisa melukai rangking Anda.

    Serangan Keamanan dan Malware – Tidak ada solusi sempurna untuk menjaga keamanan situs. Namun, perusahaan web hosting ternama akan mencadangkan data Anda ke server jarak jauh dan membuatnya mudah dipulihkan jika situs Anda diretas. Mereka juga akan membantu Anda dengan masalah dukungan teknis, perawatan dan keamanan 24 jam sehari.

Bagaimana Saya Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik?

Sangat penting untuk memilih perusahaan web hosting yang andal untuk memastikan bahwa situs web Anda tetap aman dan mudah diakses sepanjang tahun. Jika Anda mengalami masalah dengan penyedia yang ada atau tidak tahu kebutuhan / fitur apa yang perlu dipertimbangkan, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

Pahami pilihan hosting yang tersedia – Ada berbagai pilihan web hosting yang tersedia seperti Shared, VPS (Virtual Private Server), Dedicated and Managed Web hosting. Anda bisa belajar lebih banyak tentang mereka di blog ini.

Dukungan pelanggan yang sangat baik adalah suatu keharusan – Internet tidak pernah tidur. Carilah penyedia yang menawarkan dukungan pelanggan yang sangat baik. Penyedia hosting mungkin mengklaim bahwa mereka menawarkan dukungan 24-7, namun ini tidak menjamin Anda akan menerima layanan yang cepat dan berpengetahuan. Uji tanggapan staf pendukung pelanggan sebelum melakukan kontrak hosting jangka panjang.

Pilih host dengan track record uptime yang sangat baik – Penyedia hosting yang Anda pilih harus melakukan setiap tindakan pencegahan untuk memastikan uptime maksimum. Meskipun tidak ada web host yang dapat menjamin uptime 100 persen, rata-rata harus menawarkan 99 persen uptime.

Biaya seharusnya tidak menjadi satu-satunya pertimbangan – Seperti kata pepatah, “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.” Sebagai sebuah bisnis, Anda tidak dapat mengalami downtime yang panjang. Dasar shared web hosting sangat bagus jika situs Anda menghasilkan hanya sejumlah kecil lalu lintas. Di sisi lain, jika Anda menjalankan bisnis penjualan produk atau menghasilkan sejumlah besar lalu lintas, maka penyedia dedicated atau managed hosting adalah pilihan yang jauh lebih baik. Ini mungkin akan menghabiskan biaya lebih dimuka, tapi akan lebih bisa diandalkan dalam jangka panjang. Tingkat dan kualitas dukungan teknis akan lebih baik pula.

Kemampuan untuk skala – Seiring pertumbuhan bisnis Anda, situs Anda akan cenderung menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Kemampuan untuk skala akan semakin penting. Penyedia hosting web Anda harus bisa upgrade untuk mengakomodasi pertumbuhan lalu lintas. Ingat saja bahwa tidak ada yang namanya “sumber daya tak terbatas” (Kebenaran tentang Shared Hosting).

Reputasi yang baik sangat penting – Begitu Anda telah mempersempit daftar fitur penting yang Anda butuhkan, langkah selanjutnya adalah menemukan host dengan reputasi terbaik. Lakukan pemeriksaan latar belakang. Cari tahu berapa lama perusahaan tersebut berada dalam bisnis.Dapatkah mereka memberi Anda testimonial dan dukungan dari klien saat ini?. Periksa jadwal perawatan dan statistik downtime rata-rata.

Kesimpulan

Ada banyak perusahaan web hosting di luar sana. Sangat penting untuk memilih penyedia hosting dengan hati-hati karena bisnis Anda akan bergantung padanya. Ingat bahwa memilih penyedia hosting hanya pada harga tidak sebanding dengan kerumitan dan sakit kepala jika situs Anda turun.