Mengapa Harga Nama Domain Berbeda Pada Berbagai Penyedia?

13 Nov 2017
Mengapa Harga Nama Domain Berbeda Pada Berbagai Penyedia? campaign-unlimited

Kita semua tentu akan membandingkan harga saat melakukan pembelian, terutama jika pembelian online dimana sangat mudah berbelanja di beberapa lokasi sekaligus. Bagi pembeli nama domain, bisa jadi misteri besar mengapa nama domain yang sama persis lebih mahal di satu tempat vs yang lain.

Untuk membantumu membuat keputusan yang lebih tepat dalam pembelian domain berikutnya, kami akan menghapus beberapa kebingungan di balik penetapan harga nama domain. Ada banyak faktor yang menentukan harga nama domain, jadi perlu sedikit penelitian tentang hal ini untuk mengetahui mengapa domain tertentu dapat berfluktuasi harganya.

Berikut adalah daftar pertimbangan utama untuk diperhatikan.

Top Level Domain (TLD) yang Terjual

Top Level Domain (bagian terakhir dari nama domainmu, misalnya .com, .org, atau .xyz) dari nama domain menjadi alasan paling jelas mengapa domain yang sama memiliki harga yang berbeda. TLD yang digunakan pada masing-masing registrar dapat berbeda-beda dengan harga yang disesuaikan. Registrar juga selalu memiliki kesempatan besar untuk menawarkan domain murah, namun waspadalah terhadap biaya perpanjangan. Mungkin lebih baik mendapatkan domain dengan harga reguler sekitar 170.000 dari Penyedia A, bukan domain seharga 120.000 yang diperbarui menjadi 270.000 per tahun dari Penyedia B.

Domain Bukan Produk Utama

Praktik umum yang dilakukan oleh registrar adalah menarik pelanggan dengan nama domain yang lebih murah, dan menaikkan harga mereka melalui layanan tambahan yang meningkat. Tujuannya di sini adalah untuk mengubah nama domain seharga 10.000 menjadi seharga $ 500.000 setelah menambahkan privasi, hosting, email dan pembangun situs web.

Tidak seperti registrar lain, IDwebhost hanya berfokus pada nama domain dan email. Dalam beberapa kasus, ini akan menghasilkan biaya domain sedikit lebih banyak, namun jaminannya adalah bahwa kami tidak akan mencoba membingungkanmu untuk melakukan pembelian tambahan yang tidak kamu rencanakan.

Layanan Tambahan yang Termasuk

Selain TLD dan fitur yang ditawarkan, periksa pula hal apa yang terjadi dengan domainmu agar dapat membantu menjelaskan harga domain. Lihatlah ke sekeliling situs web penyediamu dan lihat apakah domainmu disertai layanan tambahan yang memberikan nilai keseluruhan yang lebih baik.

Misalnya, registrar A mencakup Privasi WHOIS dengan pembelian nama domain untuk mencegah agar informasi kontakmu tidak tersedia untuk umum, sementara registrar domain lain akan mengenakan biaya lebih dari harga dari registrar A untuk layanan yang sama.

Dukungan Domain

Dari semua faktor yang perlu dipertimbangkan, dukungan adalah salah satu yang sebenarnya sangat berpengaruh. Ketika ada yang tidak beres dengan nama domainmu, kamu harus segera menyelesaikannya. Kami yakin bahwa registrar yang terbaik akan memberikan dukungan yang optimal namun dengan harga yang sebanding. Kamu perlu melakukan pengujian untuk melihat apakah dukungan yang diberikan sesuai dengan nominal yang kamu bayarkan.

Mudah-mudahan sekarang kamu bisa melihat gambaran yang lebih rinci tentang apa lagi yang harus dicari selain harga nama domain saat membandingkan penyedia domain. Mungkin kadang-kadang nama domain mencakup privasi, dukungan pelanggan dan harga yang lebih murah. Atau, mungkin yang kamu lakukan hanyalah menyiapkannya sebagai cadangan dan tidak peduli dengan dukungan atau privasi berdasarkan permintaan. Bagaimana pun juga, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap harga domain, dan mengetahui apa yang harus dicari akan membantu memastikan bahwa kamu mendaftarkan domain kepada registrar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan situs.

Penulis
Member since 2 Jul 2013