Sejumlah bisnis yang besar cenderung menggunakan brand domain dot sebagai situs utama mereka. Lantas bagaimana brand domain dot dapat digunakan sebagai komunikasi dalam bisnis? Berikut kami akan mengulasnya untuk Anda.

Apa Itu Brand Domain Dot?

Brand domain dot merupakan kemampuan bagi sejumlah bisnis untuk menggunakan nama brand mereka sendiri di tingkat atas sistem penamaan domain untuk tujuan mereka sendiri, secara paralel dengan dot com atau kode negara.

Pada awal Oktober lalu, 553 brand telah menandatangani perjanjian dengan ICANN untuk menjalankan brand mereka sendiri sebagai TLD (Top Level Domain). Lima brand lainnya masih menyelesaikan pembahasan dan kesepakatan mereka. Bukan tidak mungkin, akan ada tambahan brand domain dot potensial yang akan terjadi di tahun-tahun berikutnya. Bahan, tiga puluh brand telah memutuskan untuk mengalihkan aset digital utama yang signifikan untuk brand domain dot dan sekitar sepuluh brand telah memilih untuk menggunakan brand domain dot sebagai nama domain utama mereka.

Tiga Pilihan Komunikasi Utama

Ada tiga pilihan utama untuk komunikasi dengan brand domain dot:

-          Berkomunikasi tentang peluncuran dan nama domain baru itu sendiri

-          Menjelaskan perubahan dalam komunikasi global

-          Dalam cara yang sangat baik dan mulus

Berkomunikasi Tentang Peluncuran Nama Domain

Peluncuran nama-nama domain baru adalah yang paling utama saat peluncuran website baru, oleh karena itu sebagian besar komunikasi adalah campuran antara meluncurkan website baru dan platform digital baru. Dukungan dari siaran pers merupakan komunikasi utama untuk brand. Untuk itu, perlu adanya siaran pers yang diterbitkan pada saat peluncuran situs dengan brand domain dot yang baru.

Menjelaskan Perubahan

Perusahaan Canon telah memutuskan untuk menjelaskan kepada pengunjung mereka bahwa ada perubahan dalam struktur nama domain. Pesan tersebut sangat jelas ditampilkan pada halaman pertama website baru dari perusahaan Canon. Di sini, Canon tidak menggunakan nama domain baru mereka untuk berkomunikasi, namun lebih mementingkan untuk menjelaskan perubahan kepada pengguna dan pengunjung mereka yang mungkin akan terkejut dengan nama domain baru mereka yang muncul saat mereka mengetik Canon.com.

Komunikasi Yang Baik Dan Mulus

Pada tanggal 1 Oktober 2016, Google meluncurkan blog.Google. Mereka menjelaskan “Temukan semua hal terbaru tentang produk, teknologi dan budaya Google di official blog kami”. Menariknya, situs tersebut membahas mengenai perkenalan fitur baru dari Google seperti docs, sheets, atau presentasi untuk mobile, namun tidak membahas mengenai nama domain dot dari Google itu sendiri.

Google hanya menempatkan URL baru pada alat-alat komunikasi mereka dengan cara yang baik dan mulus. Mereka tidak menjelaskan mengenai kelebihannya seperti meningkatkan keamanan dan sebagainya.

Beberapa bisnis yang menggunakan brand domain dot cukup menarik perhatian pengunjung pada saat peluncuran. Mereka memberitahu pengunjung bahwa nama domain dari situs web mereka memiliki struktur yang baru.