Mengikuti Tren Untuk Mencari Domain Terbaik

Orang-orang berpikir bahwa semua nama domain yang terdaftar pada tahun 1990an merupakan domain terbaik, nyatanya hal tersebut tidak benar sama sekali. Jika Anda ingin masuk dalam bisnis domain, Anda harus lebih maju seiring berkembangnya tren saat ini. Kuncinya adalah untuk mencari tahu apa yang orang bicarakan dan bagaimana bisnis Anda dapat menjadi bagian di dalamnya. Apa kekhawatiran sosial yang terjadi saat ini? Apakah tren hiburan? Atau teknologi terbaru? Untuk itu, pencocokan tren saat ini dengan kata kunci atau frase yang populer adalah cara bagus untuk memilih nama domain yang dapat Anda jual di masa depan.

Dimana Mencari Kata Kunci Yang Baru Dan Menjadi Tren?

Masing-masing domain berikut terdaftar setelah tahun 2000 yaitu PokemonGo.com, Bitcoin.com, dan InternetofThings.com. Domain tersebut merupakan bisnis baru dan tren yang bahkan tidak ada di tahun 1990an. Jadi, bagaimana Anda bisa mengidentifikasi tren berikutnya sebelum orang lain melakukannya? Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk menemukannya:

- Sosial media: istilah-istilah baru terkadang muncul pertama di layanan sosial media seperti Twitter atau Instagram. Istilah tersebut kemudian dengan cepat menjadi meme atau definisi baru.

- Publikasi perdagangan: majalah industri tertentu dan situs online cenderung menggunakan terminologi baru yang cukup nge-tren sebelum pers lain menggunakannya.

- Forum online: bahkan sebelum publikasi perdagangan mulai menulis tentang teknologi yang akan datang dengan istilah yang populer, banyak istilah yang lahir di forum online.

- Jurnal akademik: banyak ide-ide yang muncul dari dunia universitas, dan jurnal akademik adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang teknologi yang baru lahir. Perhatikan isi jurnal-jurnal ini dan buat catatan dari nama-nama dengan frase penelitian yang memiliki potensi.

- Pertimbangkan pola penamaan: sekarang banyak aplikasi yang memasukkan kata “Go” dalam namanya. Perhatikan pola-pola penamaan ini dan mungkin Anda mampu menemukan satu nama yang sesuai dengan tren tersebut.

- Google Trends: Google Trends menyediakan volume pencarian yang relatif untuk kata kunci dan frase. Sebuah grafik bahkan pernah menunjukkan tentang minat pencarian Google dalam kata “bitcoin”. Seperti yang diketahui, akhirnya ada nama domain dengan kata “bitcoin” pada tahun 2011. Seseorang memperhatikan tren sebelum itu dan berhasil mendaftarkan nama domain tersebut yang sekarang berpostensi memiliki nilai lebih dari $1 juta.

Pembelian Domain

Setelah Anda menemukan kata kunci baru atau topik lain yang Anda pikir akan menjadi populer nanti, maka selanjutnya Anda bisa mencari ketersediaan domain tersebut. Banyak penyedia domain yang tidak hanya menawarkan domain dengan ekstensi generik seperti .com, .org, .net yang cukup populer. Mereka terkadang juga menyediakan ekstensi atau Top Level Domain (TLD) baru seperti .design, .shop, .club, dan sebagainya. Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli domain bukan hanya dengan ekstensi versi .com, tetapi juga beberapa TLD lain yang sekiranya dapat bekerja lebih baik. Misalnya jika Anda berpikir bahwa “WombatGo” mungkin menjadi nama yang akan nge-tren, pertimbangkan untuk membeli domain dengan nama wombatgo.com, wombatgo.club, wombatgo.tech, dan wombatgo.rocks.