Panduan Tentang Pembelian dan Registrasi Domain

1 Nov 2017
campaign-unlimited

Internet telah menjadi media komunikasi dan sumber informasi bagi kebanyakan orang, namun banyak yang masih bingung tentang nama domain, struktur harga mereka, dan bagaimana cara membeli domain. Memiliki situs web sangat penting untuk setiap bisnis, namun nama domain juga tak kalah penting karena mereka dapat mempermudah navigasi dan membantu pengguna menemukan situs Anda. Menemukan nama domain yang diinginkan bisa menjadi tantangan tersendiri, ditambah dengan rincian harga yang kadang membingungkan.

Biasanya, karena terburu-buru agar situs dapat segera online, para pebisnis sering mengabaikan faktor penting saat membeli domain. Pada artikel ini kami akan membantu Anda mengenal dunia domain sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat saat melakukan pembelian dan registrasi domain.

Apa Pentingnya Melakukan Registrasi Domain?

Sama seperti sidik jari, nama domain begitu unik untuk sebuah situs dan tidak dapat dibagi dengan situs web yang berbeda. setelah melakukan registrasi domain, entri akan dibuat ke dalam direktori semua nama domain dan semua komputer terkait di internet. Dengan melakukan registrasi dan pembelian domain berarti Anda mengamankan alamat internet tertentu sehingga tidak ada orang lain yang dapat menggunakan nama domain tersebut di internet.

Sebuah nama domain dapat tetap dan tidak berubah bahkan saat sebuah situs dipindahkan ke hosting atau server yang berbeda, karena DNS dapat diarahkan untuk menunjuk nama domain yang ada ke alamat IP yang baru. Ini seperti lokasi bisnis yang berpindah atau berubah alamat jalan, namun nama bisnisnys tetap sama.

Pendaftaran domain yang Anda inginkan akan diproses oleh perusahaan terakreditasi atau ICANN melalui daftar yang ada. Nama domain dapat diamankan melalui perusahaan pendaftar dan pembeli domain atau bahkan melalui penyedia web hosting. Sebuah domain harus diperbarui dalam interval periodik sehingga pemilik domain bisa mendapatkan keuntungan dengan kepemilikan penuh. Nantinya mereka bisa mendapatkan opsi untuk menyewakan domain atau menjualnya di pasar sekunder. Domain yang tidak diperpanjang maka akan tersedia untuk pembelian lagi.

Biaya Melakukan Registrasi dan Pembelian Nama Domain

Setiap registrar memiliki fleksibilitas untuk memperbaiki harga yang dibebankan saat mendaftarkan nama domain. Domain seperti .biz, .com, .info, .net, .org dapat didaftarkan hingga 10 tahun mendatang, sedangkan domain seperti .design, .site, .online dapat didaftarkan antara 1 sampai 9 tahun, dan domain seperti .co hanya sampai 5 tahun saja. Banyak registrar yang menawarkan potongan harga jika Anda mau mendaftar untuk beberapa tahun. Meskipun memerlukan lebih banyak pengeluaran finansial di awal, namun hal ini dapat mengurangi kesulitan Anda untuk memperpanjang pendaftaran nama domain setiap tahun sebelum kadaluarsa.

Harga dapat bervariasi secara signifikan di antara registrar yang berbeda, tergantung pada apakah itu adalah domain tingkat atas, memiliki layanan bernilai tambah, memiliki support teknis, dan layanan pelanggan yang memadai. Umumnya nama domain akan dikenakan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per tahun.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Domain

Perbedaan harga domain dapat dikaitkan dengan beberapa faktor. Mengetahui beberapa faktor tersebut akan membantu Anda membuat pilihan yang baik saat mendaftarkan nama domain.

–          TLD (Top Level Domain): TLD seperti .com atau .net dapat memiliki harga yang jauh lebih fantastis daripada domain dengan TLD baru seperti .shop, .coffer, dll. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran dana.

–          Pengakuan Nama: Perbedaan harga domain dapat dikaitkan dengan potensi merek dan daya tarik universal yang melekat pada nama tersebut. Nama yang pendek dan mudah diingat selalu dijual dengan harga premium diatas biaya pendaftaran.

–          Kondisi Pasar: Perusahaan registrar domain yang masih awal biasanya menawarkan diskon untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan sebagai sarana untuk memasuki pasar nama domain yang matang.

Penulis
Member since 2 Jul 2013