Jika Anda membuat situs baru untuk pertama kalinya, WordPress adalah pilihan yang sangat bagus. Mudah digunakan untuk pemula, didukung secara luas pada paket hosting murah, dan menyediakan platform hebat untuk belajar tentang situs web dan pengembangan sambil juga meluncurkan sesuatu yang bermanfaat.

WordPress adalah perangkat lunak kelas profesional yang nyata. Seiring berkembangnya kebutuhan bisnis dan situs Anda, serta keterampilan yang meningkat, WordPress tidak akan menjadi penghalang. Ini adalah platform yang bisa Anda kembangkan. Karena WordPress sangat populer, dan karena kami merekomendasikannya untuk pemula, akan lebih baik jika Anda menjelajah beberapa masalah seputar web hosting dengan WordPress.

Shared Hosting untuk WordPress

Sebagian besar perusahaan shared hosting dioptimalkan untuk menginstal dan menjalankan WordPress, dan sebagian besar situs web bertenaga WordPress dihosting dengan paket shared hosting. Dari sudut pandang teknis dasar mengenai persyaratan dan pengaturan, shared hosting baik-baik saja. Sebenarnya, WordPress sendiri merekomendasikan penyedia hosting bersama sebagai penyedia hosting yang direkomendasikan oleh mereka.

Ada masalah dengan hal ini. Shared hosting biasanya tidak sesuai untuk situs dengan lalu lintas tinggi. Hal ini terutama terjadi pada CMS dinamis seperti WordPress. Setiap tampilan halaman memerlukan query dan interpretasi database dari satu atau lebih skrip PHP. Saat lonjakan lalu lintas, ini dapat dengan cepat membebani akun akun shared hosting Anda, terutama jika Anda menjalankan banyak plugin atau tema yang dirancang dengan buruk. Untuk alasan ini, sebaiknya shared hosting sebagai pilihan bagus hanya untuk blog pribadi dan situs web kecil.

VPS Hosting untuk WordPress

Untuk situs WordPress yang besar atau rumit yang diharapkan bisa mendapatkan banyak lalu lintas, solusi hosting VPS yang skalabel biasanya akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada penyedia shared hosting. Memiliki lebih banyak ruang dan kontrol yang lebih besar atas lingkungan hosting bisa sangat membantu, namun peningkatan kecepatan dan bandwidth merupakan isu besar di sini. Dengan rencana VPS yang tepat, Anda tidak perlu khawatir tentang memukul batas (terkadang tidak disebutkan) yang ditempatkan pada rencana bersama.

Managed WordPress Hosting

Jika Anda menjalankan situs bisnis yang serius dengan banyak lalu lintas, maka Anda perlu menggunakan managed WordPress hosting. Rencana ini membawa tingkat layanan yang memiliki akses lebih baik terhadap teknologi. Managed WordPress hosting dapat mencakup sejumlah layanan dukungan bernilai tambah, seperti memastikan perangkat lunak situs web Anda tetap terjaga dan aman.Backup otomatis, pemantauan downtime, analisis lanjutan, dan langkah-langkah keamanan proaktif adalah semua fitur yang umum ditemukan di managed WordPress hosting. Beberapa rencana hosting bahkan menyertakan distribusi WordPress mereka sendiri dengan plugin dan paket khusus yang dirancang untuk meningkatkan kinerja, keamanan, atau pengalaman pengguna. WordPress dibangun dengan mentalitas DIY yang kuat (melakukan sendiri), dan relatif mudah digunakan untuk pemula, dibandingkan dengan pilihan lain yang tersedia.

Cara mendapatkan pengalaman hosting WordPress terbaik

Ada beberapa strategi yang akan meningkatkan kinerja WordPress dan pengalaman hosting Anda.

Jaga agar install dan plugin core WordPress Anda ditingkatkan versinya ke versi terbaru mereka.

Sebagian besar masalah keamanan dengan WordPress berkaitan dengan orang-orang yang kehabisan tanggal versi dari core software atau plugin. Selain kelalaian umum, alasan terbesar orang tidak memperbarui core dan plugin mereka adalah takut akan ada masalah kompatibilitas. Hal semacam ini tidak sering terjadi, dan tidak terlalu mudah terjadi jika Anda selalu memperbarui segala hal. Jika Anda melewatkan pembaruan, dan tiba-tiba harus melompati beberapa versi, ini bisa menimbulkan masalah.

Gunakan plugin yang memiliki basis pengguna besar dan sepertinya mereka aktif dalam pengembangan.

Basis pengguna yang besar membantu memastikan bahwa plugin akan terus dikembangkan. Bahkan jika pengembang asli memutuskan untuk meninggalkan proyek, basis pengguna yang besar membuatnya lebih mungkin orang lain akan mengambil alih dan terus melakukan pembaruan dan menambahkan fitur baru. Juga, hampir semua plugin memiliki bug di beberapa titik. Jika sebuah proyek masih dalam pengembangan aktif, Anda memiliki cara untuk melaporkan bug tersebut dan mungkin akan diperbaiki dalam rilis yang akan datang. Bahkan jika tidak diperbaiki, basis pengguna yang besar membuatnya lebih mungkin bagi Anda untuk menemukan seseorang yang telah memperbaikinya atau menemukan solusi atau solusi lain yang layak.

Jangan meng-host video Anda sendiri. 

Hanya karena WordPress memungkinkan Anda mengunggah dan menyematkan video tidak berarti Anda harus melakukannya. Video menggunakan banyak ruang penyimpanan dan banyak bandwidth, jadi dengan cepat Anda akan memaksimalkan kemampuan rencana hosting Anda jika Anda mulai mengupload video secara teratur. Di luar itu, apakah Anda benar-benar ingin mengubah video Anda menjadi ukuran dan resolusi yang berbeda sehingga bekerja dengan baik pada berbagai ukuran layar dan dengan kecepatan koneksi yang berbeda? Sekarang Anda berbicara tentang pekerjaan ekstra (untuk menghasilkan versi yang berbeda) dan menyimpan semua versi berbeda di akun hosting Anda. Jika Anda ingin video tersedia untuk umum, aturlah di YouTube, dan salin kode embed yang mereka berikan. Jika Anda memerlukan video Anda untuk menjadi pribadi (misalnya, jika mereka berada di balik paywall di situs Anda), Vimeo Pro menawarkan video hosting yang hebat untuk tujuan ini.