Propagasi Domain, Berapa Lama Yang Diperlukan?

Jika Anda baru saja mendaftarkan nama domain dan meluncurkan situs baru, namun saat mengetik URL untuk memeriksanya, ternyata Anda baru sadah bahwa situs web Anda tidak ada di sana. Tentunya Anda akan bertanya-tanya mengapa dan kebingungan dengan apa yang terjadi. Ya, selamat datang di dunia Propagasi Domain.

Propagasi domain adalah proses pengalihan domain ke pemilik baru, dan ini adalah proses yang tidak terjadi dalam seketika. Orang-orang dapat berharap untuk menunggu di mana saja antara 24-48 jam sebelum peralihan penuh dilakukan dan situs web Anda mulai muncul di domain barunya. Jadi, mengapa hal ini dapat terjadi? Pada artikel ini kami akan membahas segala hal yang berhubungan dengan Propagasi Domain. Jadi, baca terus untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Apa Sebenarnya Propagasi Domain Itu?

Propagasi domain, terkadang juga disebut sebagai propagasi DNS (Domain Name System) adalah proses mengupdate setiap server di website dengan informasi baru. sekarang pikirkanlah, ada berjuta-juta layanan di seluruh web dan semua itu perlu diperbarui. Dengan demikian, tidak mengherankan mengapa ada jeda antara saat perubahan dilakukan dan kapan semua server telah mendaftarkan domain dan situs secara resmi.

Server DNS, Bagaimana Mereka Bekerja?

Server DNS memiliki tugas menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain. Bahkan jika situs Anda memiliki nama pendek dan sederhana, faktanya tetap website Anda berada pada alamat IP numerik yang tidak begitu sederhana dan mungkin terlihat seperti 123.456.789.001. Setiap kali Anda mengunjungi situs web, server DNS menerima nama domain yang Anda ketik dan mulai memproses alamat IP yang dimilikinya untuk mengirim Anda ke tempat yang benar. Ini adalah proses yang terjadi dengan cukup mulus, inilah mengapa Anda tidak perlu terlalu memikirkannya. Sebenarnya, satu-satunya hal yang harus dipikirkan dalam proses ini adalah saat Anda melakukan perubahan DNS.

Apa Yang Terjadi Selama Perubahan DNS?

Bila Anda mengubah nama domain atau pindah ke penyedia hosting baru, setiap server DNS tunggal di dunia perlu mendaftarkan perubahan informasi sebelum mereka mengetahui bagaimana menerjemahkan nama domain Anda ke alamat IP yang benar. Karena perubahan DNS cukup langka, sebagian besar server DNS akan menyimpan informasi yang mereka kumpulkan di penelusuran sebelumnya. Jadi, jika Anda mencari ‘www.ABC.com’ dan server DNS memang bisa menerjemahkan domain ke alamat IP tertentu, maka akan masuk ke default dan mengarahkan Anda ke IP yang sama lagi.

Sedikit demi sedikit, pada keesokan harinya, Anda dapat mengetahui bahwa semua server DNS akan mendapatkan memo dan mendaftarkan pembaruan baru Anda. Perlu dicatat juga bahwa browser sering menyimpan informasi yang diterima dari situs web tertentu, bahkan setelah server DNS diperbarui, Anda mungkin masih perlu membersihkan situs untuk melihat yang baru.

Kapan Propagasi Domain Lengkap Atau Selesai?

Sekarang, ini bisa menjadi sedikit rumit karena server DNS Anda dapat mendaftarkan pembaruan sebelum orang lain melakukannya. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak dapat mengasumsikan bahwa begitu Anda melihat situs web baru di domainnya, semua orang juga dapat melakukannya. Anda bisa mendapatkan ide bagus tentang propagasi domain Anda selesai dengan mengggunakan tools yang tersedia. Hasilnya tidak akan memberi Anda jaminan 100% bahwa setiap orang di planet ini dapat melihat situs baru Anda, namun dapat membantu dalam mengkonfirmasikan kapan perubahan tersebut telah selesai untuk sebagian besar orang. Semua ini memang membutuhkan kesabaran karena situs Anda dijamin akan ada di seluruh dunia.