Tips Dan Tools Memilih Nama Domain Yang tepat

9 Okt 2017
Tips Dan Tools Memilih Nama Domain Yang tepat campaign-unlimited

Layaknya web hosting, memilih domain yang sempurna juga begitu menegangkan. Ini memainkan peran besar dalam efektivitas kehadiran online Anda. Berikut kami telah mengumpulkan beberapa tips dan tools untuk membantu Anda dalam memilih nama domain yang tepat.

TIPS CERDAS MEMILIH NAMA DOMAIN

Brainstorming

Brainstorming akan memberi jalan bagi gagasan kreatif dan backup jika pilihan pertama Anda tidak tersedia. Buatlah daftar kata-kata yang berpotensi dimasukkan ke dalam nama domain dan kemudian menghubungkannya untuk menemukan kecocokan yang sempurna. Jangan takut untuk menggunakan istilah-istilah yang sesuai dengan bidang Anda.

Jaga Agar Tetap Pendek Dan Mudah Diingat

Sebagai aturan, domain pendek jauh lebih mudah diingat daripada yang panjang. Pengecualiannya adalah akronim. Misalnya, nama perusahaan Anda adalah “Biil’s Sports Bar And Billiar”. Tentu akan sulit untuk mengingatnya (atau bisa terjadi salah eja). Untuk itu, nama domain seperti bsbb.com, bills.com atau billsbar.com akan jauh lebih tepat digunakan. Kecuali akronim yang sudah terkenal (misalnya NASA, FDA), maka hindarilah penggunaannya untuk domain Anda.

Gunakan .com

.com adalah ekstensi tertua dan paling umum. Saat seseorang ragu akan sebuah nama domain, ia akan menggunakan ekstensi ini. Tentu saja ada keberhasilan lain jika menggunakan ekstensi alternatif sebagai pilihan kreatif (misalnya del.icio.us), namun ini akan menambahkan lebih banyak resiko. Orang-orang akan semakin sulit menemukan dan mengunjungi situs Anda.

Hindari Nama Merek Dagang

Pertama, tidak etis jika membeli domain yang telah digunakan sebagai merek dagang oleh pihak lain. Kedua, hal itu adalah ilegal. Ini akan menyeret Anda pada masalah hukum yang begitu rumit. Untuk itu, hindari menggunakan nama domain yang telah menjadi merek dagang dari pihak lain.

Daftar Sesegera Mungkin

Bahkan jika Anda tidak yakin nama domain tersebut akan digunakan atau tidak, lebih baik Anda tetap mendaftarkannya. Ini akan bermanfaat jika nantinya Anda berubah pikiran dan untuk berjaga-jaga agar nama tersebut tidak terjual pada pihak lain.

Beli Domain Serupa Dan Gunakan Sebagai Redirect

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, nama domain dengan ekstensi .com harus menjadi situs utama Anda. Tapi, tidak ada salahnya untuk membeli nama domain dengan ekstensi .org, .net, atau lainnya sebagai redirect ke situs Anda.

Hindari Tanda Baca Dan Angka

Kedua hal ini dapat menyebabkan kebingungan, meningkatkan kesulitan dalam mengingat URL, dan mempersulit untuk berbagi kepada orang lain. Hindari tanda baca dan angka yang tidak penting.

Lelang

Jangan hanya menggunakan domain yang belum terdaftar. Ada banyak pemilik domain yang bersedia untuk menegosiasikan penjualan di tempat lelang. Hal ini semakin meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan domain yang sesuai dengan keinginan.

Jargon Perusahaan

Jika situs Anda ditujukan untuk sebuah niche tertentu dan bukan untuk masyarakat umum, maka jangan takut untuk menggunakan jargon perusahaan.

TOOLS SELEKSI DOMAIN YANG SEMPURNA

Dot-o-mator

Ini adalah tool yang hebat untuk membantu dalam brainstorming. Tambahkan awal dan akhir kata yang dipilih, klik gabungan, kemudian urutkan sesuai dengan yang Anda sukai. Selanjutnya, periksa ketersediaannya. Sangat mudah bukan?

Domainr

Domainr akan menambahkan elemen kreativitas yang unik ke nama domain Anda dengan menyarankan ekstensi alternatif. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ekstensi .com adalah cara terbaik, namun beberapa situs juga dapat meraih kesuksesan yang luar biasa dengan ekstensi alternatif dan menggunakan tool ini.

DnScoop

Jika Anda ingin membeli domain dari seseorang (baik melalui lelang atau transaksi pribadi), situs ini bisa sangat membantu. Ini menyediakan beberapa statistik pada domain sehingga Anda tahu persis apa yang dibeli.

Penulis
Member since 2 Jul 2013