Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Web Hosting

Sebuah bisnis selalu memiliki kebutuhan khusus dan unik dalam perkembangannya, inilah mengapa sangat penting untuk memilih penyedia yang tepat dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Jika tidak, Anda bisa terjebak dalam berbagai hal buruk. Hal ini sama dengan memilih sebuah penyedia web hosting. Jika salah memilih, Anda bisa mengalami berbagai hal buruk seperti mengeluarkan biaya yang mahal, mendapatkan fitur yang tidak perlu, atau malah kehilangan fitur penting (seperti offsite backup) yang Anda perlukan.

SEO, pemasaran konten, dan pemasaran di sosial media adalah topik hangat yang selalu mengumpulkan banyak perhatian. Berbeda halnya dengan web hosting yang tidak begitu menarik perhatian pemilik bisnis. Akibatnya, pemilik bisnis banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya web hosting untuk website bisnisnya. Selain itu, ternyata ada begitu banyak penyedia web hosting yang bisa dipilih namun belum tentu tepat untuk bisnis yang dijalani.

Memilih web hosting yang tepat dapat menjadi proses yang membingungkan, terutama jika Anda tidak mengetahui kebutuhan dari bisnis Anda. Mulailah dengan membuat daftar fitur apa saja yang paling penting, kemudian temukan rencana yang sesuai dari daftar tersebut. Anda bisa melakukan tes pada penyedia web hosting yang menyediakan jaminan 30 hari atau 90 hari uang kembali. Ini tentu sangat membantu. Anda juga perlu mengetahui beberapa hal berikut untuk menemukan web hosting terbaik:

  1. Berapa Banyak Kecepatan Yang Anda Perlukan?

Shared hosting merupakan pilihan yang bagus untuk usaha kecil yang baru memulai bisnis dan tidak memiliki anggaran besar untuk hosting. Karena shared hosting memiliki biaya yang paling terjangkau, maka Anda juga harus rela menerima keterbatasan data untuk traffic dan transfer dalam website Anda.

Alternatif pilihan lainnya yaitu dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server). Ini sempurna untuk usaha kecil yang ingin sama kekuatannya dengan dedicated hosting tanpa harga yang begitu mahal. Selain itu, Anda juga bisa memilih WordPress Managed Hosting bagi bisnis yang menggunakan WordPress CMS dan tidak ingin repot-repot dengan tugas backend seperti memperbarui CMS, aplikasi, atau mengotomatisasi backup.

  1. Berapa Banyak Dukungan Pelanggan Yang Diinginkan?

Tentukan berapa banyak dukungan pelanggan yang Anda inginkan. Ini tentu berpengaruh terhadap pemilihan web hosting. Jika Anda menginginkan banyak dukungan pelanggan, maka Anda perlu memastikan web hosting yang dipilih tidak pernah mengalami downtime. Untuk alasan ini, kami selalu merekomendasikan untuk memilih web hosting yang menyediakan dukungan 24/7. Bahkan jika tidak selalu menyediakan line telepon, setidaknya memiliki pilihan live chat. Dengan begitu, website Anda mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Jika sekali Anda tidak memiliki dukungan pelanggan yang memadai, maka pengunjung akan beralih ke website lain dan tentu merugikan bisnis Anda.

  1. Apakah Anda Memerlukan Tools Tambahan Untuk Membangun Website?

Sebagian besar penyedia web hosting biasanya menawarkan paket yang sama. Beberapa diantaranya mungkin memiliki fokus yang besar terhadap keamanan dengan kekuatan anti spam maupun anti malware. Selain itu, terkadang mereka juga menawarkan tools tambahan untuk membangun website Anda, misalnya aplikasi keranjang belanja online. Jika Anda menjalankan website sepenuhnya dari WordPress dan plugin WordPress, Anda mungkin merasa tidak perlu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dalam hal ini, perhatikan juga biaya tambahan yang mungkin disertakan saat Anda menggunakan tools tambahan.

Jika Anda tidak yakin saat memilih jenis hosting yang tepat untuk bisnis, maka mulailah dengan yang terkecil. Anda selalu dapat meng-upgrade paket yang digunakan untuk menjadi lebih baik. Ini akan lebih mudah agar kita tidak terjebak dengan harga yang mahal dan fitur yang tidak dibutuhkan.