Dedicated IP Address, Apakah Perlu Digunakan?

1 Sep 2015
Dedicated IP Address, Apakah Perlu Digunakan? campaign-unlimited

Dari sekian banyak fitur dan extras hosting yang ditawarkan penyedia jasa hosting di luar sana, dedicated IP address mungkin menjadi hal yang paling membuat galau pemilik website. Apakah perlu? Apa ada manfaatnya? Apakah IP address yang dedicated dibutuhkan untuk pemakai server dedicated?

Bisa dibilang, perdebatan ini masih terus berlangsung hingga saat ini. Bahkan mungkin entah sampai kapan. Ada banyak masukan dari para ahli hingga ada yang membuat video khusus berdurasi panjang untuk menjelaskannya. Yang jelas, apakah Anda akan menggunakan dedicated IP address atau tidak, semua keputusan kembali pada Anda.  Tetapi berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda pahami tentang IP address dan diharapkan bisa membantu saat Anda membuat keputusan.

Baca Juga: Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Server

Apa itu IP Address?

dedicated IP Address

Sebelum lebih jauh membahas tentang perlunya penggunaan dedicated IP address, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu IP Address. Ini adalah bagian yang sama sekali terpisah dari nama domain atau URL situs. Alamat IP (Internet Protocol) adalah urutan nomor yang ditetapkan pada setiap perangkat yang terakses ke internet.

Jika domain adalah alamat website Anda—lokasi di mana website Anda bisa ditemukan dalam internet—IP address komputer merupakan sekumpulan kode unik yang memungkinkan internet, website, untuk mengidentifikasi perangkat spesifik ketika perangkat tersebut mengakses website.

Komputer dan perangkat mobile memiliki IP address unik masing-masing. Namun, untuk shared hosting di mana ratusan hingga ribuan situs berada pada server yang sama, setiap akun hosting yang terasosiasi dengan semua situs tersebut akan memiliki IP address yang sama.

Ini tidak akan menjadi masalah jika dikaitkan dengan hal-hal, seperti hosting atau faktor SEO (search engine optimization). Namun pada beberapa kasus, dedicated IP address bisa jadi sangat bermanfaat, dan pada kasus lainnya bahkan menjadi sangat penting.

Apa itu Dedicated IP Address?

Secara sederhana, pengeritan dedicated IP adalah alamat IP yang tidak dibagikan atau digunakan oleh domain lain. Ini adalah rumah untuk domain Anda di internet.

Kemudian yang jadi pertanyaan adalah, apa yang membedakan dedicated IP Address dengan shared IP address? Sebenarnya perbedaan antara dedicated dan shared IP cukup sederhana. Shared IP adalah alamat tunggal yang digunakan oleh banyak website dalam satu web server.

Kapan Saatnya Dedicated IP Address Dibutuhkan?

dedicated IP Address

Ketika hosting mulai berjalan, Anda akan menemui beberapa situasi di mana dedicated IP address akan bermanfaat atau bahkan menjadi sangat penting. Pertama, adalah ketika Anda merencanakan untuk menautkan sertifikat SSL (secure sockets layer) ke dalam website Anda.

Untuk SSL Certificates

Misalnya Anda sedang mengembangkan situs e-commerce. Jika Anda menyediakan metode pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda pasti akan meminta calon pembeli untuk memasukkan informasi kartu kredit serta informasi personal lainnya. Dan sudah menjadi kewajiban pemilik e-commerce untuk memberi jaminan keamanan kepada calon pembeli. Dan sertifikat SSL adalah jalannya.

Karena itu, Anda harus memiliki dedicated IP agar bisa memasukan sertifikat SSL ke dalam situs. Penyedia layanan hosting biasanya akan mengenakan biaya tambahan baik untuk dedicated IP dan SSL certificate, namun ada juga yang sudah mencakup biaya-biaya ini. Jadi, penting untuk memilih provider hosting terbaik yang menyediakan layanan sertifikat SSL di paket hosting mereka.

Untuk High-volume Traffic

Apapun jenis website Anda, jika ternyata memiliki traffic harian yang tinggi, menggunakan dedicated IP bisa menjadi pertimbangan. Dedicated IP dapat berperan untuk menjaga kecepatan loading website ketika pengunjung sedang ramai-ramainya. Tak hanya itu, dedicated IP juga dapat mengurangi potensi kesalahan yang akan terjadi ketika traffic sedang tinggi-tingginya. Inilah alasan mengapa banyak pengguna yang menggunakan dedicated hosting. Terutama untuk website dengan traffic yang tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Dedicated IP?

Untuk lebih memahami dedicated IP address, sebelumnya kita harus memahami dulu cara kerjanya.

IP address membuat jalur traffic internet menuju tempat yang tepat, fungsinya hampir mirip dengan kode pos. Layaknya kode pos, orang yang berbeda bisa berbagi IP yang sama.

  • Jika Anda memiliki akun shared hosting, Anda mungkin akan berbagi alamat IP dengan beberapa orang lainnya. Pada beberapa kasus, bahkan mungkin Anda akan berbagi dengan ratusan situs. Sebenarnya ini bukan masalah. Hosting memiliki software untuk memproses permintaan dari beberapa situs pada IP yang sama pada saat yang bersamaan. Hal ini mempunyai tujuan untuk memastikan bahwa situs tersebut menampilkan konten yang tepat pada setiap visitornya, hanya saja membutuhkan waktu beberapa milidetik.
  • Sedangkan IP address yang dedicated secara khusus adalah sepenuhnya milik Anda. Anda bisa menggunakannya untuk beberapa situs melalui IP tersebut, namun kontrol untuk penggunaannya sepenuhnya ada di tanganmu.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari dedicated IP address yang bisa kamu ketahui lebih lanjut

Keuntungan Utama dari Dedicated IP

dedicated IP Address

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna jika menggunakan dedicated IP. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan dedicated IP:

1. Memberikan akses ke web server kapanpun yang Anda mau

Bagi beberapa orang, cukup penting untuk mengetahui bagaimana website akan terlihat sebelum nama domain diarahkan ke server, kemudian meluncurkan website Anda ke dunia maya. Dedicated IP memungkinkan pengguna untuk mengakses server secara langsung tanpa harus mengubah pengaturan DNS. Yang jadi catatan adalah, dedicated IP dapat digunakan untuk mengakses situs website. Namun pada banyak kasus IP address yang ditetapkan untuk akun cPanel tidak perlu untuk askes ini karena konfigurasi.

2. Bagus untuk reputasi email

Website yang berasal dari satu alamat IP terkadang dapat menyebabkan kesulitan. Salah satunya reputasi email yang dapat ikut terpengaruh dari reputasi email lain, yang berasal dari satu IP yang sama. Banyak kasus dimana email dari pengguna shared hosting masuk ke daftar hitam, yang mungkin pengguna juga tidak tahu. Dengan menggunakan dedicated IP, layanan email Anda akan terlindungi dari kemungkinan penyalahgunaan yang dapat berpengaruh pada reputasi.

3. Bagus untuk identitas bisnis

Jika Anda adalah pemilik website toko online, sangat penting untuk menggunakan dedicated IPdan sertifikat SSL untuk memberikan jaminan keamanan bagi pengguna website Anda. Sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada Anda.

Kesimpulan

Penggunaan Dedicated IP address memang dianjurkan, namun jika Anda tidak menggunakannya juga tidak masalah. Semua hanyalah masalah preferensi masing-masing. IDwebhost memiliki paket hosting dengan harga terbaik dengan dedicated IP yang sudah termasuk di dalamnya. Buktikan sekarang!

Penulis
Member since 2 Jul 2013