Apakah hingga saat ini anda masih bertanya-tanya bagaimana cara memperoleh tanda centang kecil berwarna biru di samping nama akun Twitter anda? Bagi yang belum tahu, tanda tersebut menandakan sebuah akun Twitter termasuk kategori verified accounts. Verified accounts ini sendiri ditentukan langsung oleh pihak Twitter dan biasanya disematkan pada kalangan selebriti, public figure atau suatu organisasi tertentu seperti Taylor Swift, Justin Bieber, Oprah Winfrey, NASA, FBI dan masih banyak lagi.  Pada awalnya pihak Twitter merahasiakan bagaimana proses verifikasi yang dilakukan hingga sebuah akun dapat berubah statusnya menjad verified accounts. Namun saat ini semuanya telah berubah.

Pada 19 Juli 2016 lalu, pihak Twitter secara resmi telah mengkonfirmasi dibukanya proses aplikasi untuk para user yang ingin mendapatkan status verified accounts. Menurut Wakil Presiden bidang layanan pengguna Twitter, Tina Bhatnagar, dalam rangka mempermudah orang-orang untuk memperkaya influence mereka melalui Twitter, proses pengajuan aplikasi untuk memverifikasi akun kini telah resmi dibuka untuk umum. “Kami berharap, dengan dibukanya proses aplikasi untuk umum, akan membuat orang-orang menjadi lebih mudah menemukan banyak akun berkualitas untuk di-follow serta mempermudah para kreator, pekerja seni, serta para orang-orang yang memiliki pengaruh kuat lainnya untuk terus terhubung dengan khalayak yang lebih luas”, ujar Tina dalam pernyataan resminya.  Twitter sendiri pertama kali memperkenalkan fitur verified accounts ini pada tahun 2009. Twitter merupakan social media yang pertama kali mempelopori penggunaan ini sebelum akhirnya diikuti oleh platform lain seperti Instagram, Facebook dan Shazam. Hingga saat ini, telah terdapat sekitar 187.000 verified accounts yang masih aktif di Twitter.

Proses pengajuan aplikasi untuk verified account di Twitter sendiri telah resmi dibuka per 20 Juli 2016 yang kemudian akan dapat digunakan secara global mulai akhir bulan Juli 2016. Untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai bagaimana proses aplikasi verified accounts, karakteristik serta deskripsi lainnya, anda dapat langsung mengunjungi halaman support service yang tersedia pada official website Twitter.