4 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Web Hosting

Ada banyak artikel yang telah mencakup mengenai situs blogging atau penerbitan platform. Namun masih jarang yang membahas mengenai web hosting. Web hosting adalah salah satu jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan produk atau jasanya di web atau situs internet. Memilih web hosting untuk situs dapat berdampak besar. Jika kita salah memilih web hosting, beberapa hal yang terjadi adalah memberi efek negatif terhadap peringkat pencarian, menjadikan uang, tenaga, dan sumber daya terbuang sia-sia, serta mempengaruhi otoritas online Anda dalam jangka panjang. Sebelum menentukan penyedia web hosting yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut agar tidak salah pilih.

  1. Tidak Semua Web Hosting Yang Sudah Terkenal Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Penyedia web hosting yang telah memiliki nama besar biasanya adalah perusahaan yang telah membangun brand mereka menjadi sukses dari waktu ke waktu. Kadang-kadang kita tergiur untuk menggunakan web hosting yang sudah terkenal tanpa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis. Hal ini adalah sesuatu yang salah, kita harus memilih web hosting bukan hanya berdasarkan kepopulerannya melainkan melihat bagaimana kinerja dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kita. Seperti pengalaman dari seorang Founder, Muhammed Abdullahi, ia berkata “Dulu saya telah memilih beberapa web hosting yang memiliki nama besar, ternyata mereka hanya membuat janji-janji manis dan layanan mereka tidak benar-benar baik. Server mereka sering megalami masalah dan membuat situs saya sering mengalami downtime. Layanan pelanggan yang diberikan pun tidak maksimal dalam memberikan bantuan saat saya sedang membutuhkannya”. Ini adalah salah satu contoh agar Anda tidak memilih web hosting hanya karena kepopulerannya.

  1. Hosting Dengan Harga Rendah Atau Sale Mungkin Bukan Pilihan Terbaik

Setiap orang tentu menginginkan hal-hal yang berkualitas dengan harga serendah mungkin bukan? Namun dalam hal ini, sebaiknya Anda lebih fokus untuk mencari web hosting yang mampu memenuhi kebutuhan. Apakah situs Anda memerlukan beberapa software yang unik? Jika iya, dapatkah web hosting mengatasinya? Apakah Anda menginginkan WordPress sederhana untuk situs? Jika iya, mampukah web hosting tersebut mengelola WordPress? Hal-hal seperti inilah yang harus menjadi faktor penentu dalam memilih web hosting, bukan hanya mengenai harga. Ada berbagai fitur berbeda yang ditawarkan oleh penyedia web hosting dan hosting yang murah mungkin tidak memberikan semua fitur yang diperlukan. Anda harus mencari tahu mengenai web hosting tersebut dan fitur apa saja yang diberikan sebelum memilihnya.

  1. Informasi Dari Pihak Ketiga (Reviewers)

Mencari tahu mengenai web hosting dapat dilakukan dengan mengunjungi websitenya, namun perlu diingat bahwa mereka adalah pelaku bisnis yang ingin jasanya terjual. Mereka terkadang tidak secara tegas mengungkapkan informasi negatif yang menyebabkan orang lain tidak membelinya. Dalam hal ini, Anda perlu mencari informasi dari pihak ketiga atau reviewers yang telah menggunakan jasanya. Beberapa kualitas yang harus Anda temukan dari ulasan tersebut adalah mengenai uptime, kecepatan, dan support.

  1. Keamanan

Sebuah web hosting dengan sistem keamanan yang tinggi pasti menjadi keinginan Anda. Terutama jika Anda berencana mendapatkan informasi pelanggan dari website Anda. Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang harus Anda temukan dalam penyedia web hosting yaitu backup harian, SSL, dan SiteLock.

Beberapa penyedia web hosting menawarkan berbagai fitur yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Anda hanya perlu mencari mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Melalui web hosting yang tepat, Anda dapat mengembangkan situs lebih baik dan meningkatkan hasil pencarian.