Saat Anda melakukan browsing atau pencarian melalui internet, mungkin Anda sudah tidak asing dengan kata VPN. Apa yang dimaksud dengan VPN? VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah koneksi antara sebuah jaringan internet dengan jaringan lainnya yang bersifat pribadi melalui koneksi internet yang bersifat publik. Sederhananya, internet ibarat sebuah rumah yang di dalamnya ada orang-orang dan saling berinteraksi satu sama lain.
Nah VPN ini seperti sebuah “kamar” dalam rumah yang membuat sekat tersendiri dan memisahkan diri dari internet publik. VPN bersifat private/pribadi karena memang ditujukan untuk masalah keamanan yang lebih serius. Biasanya digunakan oleh instansi atau perusahaan yang menginginkan sebuah jaringan aman untuk digunakan seolah-olah terhubung melalui LAN.

5 Fungsi VPN

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa fungsi dari VPN yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Keamanan Data

VPN mempunyai sistem keamanan serta kerahasiaan yang lebih terjamin daripada sebuah jaringan publik. Dalam sebuah VPN, data yang dikirimkan telah dienkripsi sehingga rahasia lebih aman dari kegiatan penyadapan. Walaupun seseorang berhasil menyadap dan mencuri data dari jaringan VPN, belum tentu ia bisa menguraikan data yang telah dienkripsi tersebut. VPN seperti menciptakan 2 buah tembok besar untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan dalam beraktivitas di internet. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kerahasiaan data Anda akan terbongkar jika menggunakan VPN.

Mengotentifikasi Data

Mengotentifikasi data artinya VPN memiliki kemampuan untuk mengotentifikasi data yang masuk, dengan cara memeriksa data tersebut kemudian mengakses informasi sumbernya. Jika proses otentifikasi ini sukses, maka data yang dikirimkan atau yang akan diterima bisa dipastikan memang aman. Jika proses otentifikasi gagal, maka perlu diadakan pengecekan pada data yang dikirim atau diterima tersebut.

Dapat Mengakses Website Yang Diblokir

Pernah mengalami situs favorit Anda diblokir oleh ISP ataupun host, seperti kantor ataupun Negara? Seperti facebook yang diblokir di beberapa Negara? Nah, untuk dapat mengatasi hal ini, maka Anda bisa menggunakan VPN untuk membantu agar tetap dapat mengakses situs yang sudah diblokir sebelumnya.
Namun terkadang hal ini seringkali disalah gunakan oleh banyak orang, seperti bermain Facebook pada saat jam kerja atau membuka situs-situs berbahaya, seperti situs porno, dan sebagainya. Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan kepada user, dengan cara mendukung penggunaan internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet dan mengontrol speed akses internet pada user. Jadi, sebelum menggunakan VPN untuk membuka blokir sebuah website, maka Anda perlu memikirkan dahulu apa manfaat dan kerugiannya.

Meningkatkan Kecepatan Download File Dari Internet

Terkadang VPN juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kecepatan di internet. Salah satunya adalah dalam hal melakukan proses download file atau dokumen dari internet. Beberapa file yang ada di internet terkadang memiliki ukuran yang sangat besar. Untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menggunakan VPN dalam membantu meningkatkan kecapatan download.
Hal ini dikarenakan ketika menggunakan VPN, maka user seperti menggunakan jaringan pribadi, yang mana jaringan tersebut sedikit digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan menjadi bertambah. Selain itu, dengan menggunakan VPN, maka user juga bisa terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di internet, sehingga dapat meningkatkan kecepatan download.

Meminimalisir Gangguan

Dengan menggunakan jaringan VPN juga akan membuat data terjaga dari segala gangguan selama perjalanannya. Sebenarnya sebuah data yang dikirimkan dari tempat asalnya menuju ke tujuan telah melalui sebuah perjalanan yang sangat jauh. Selama perjalanan tersebut, ada kemungkinan data akan mengalami gangguan. Entah itu rusak, corrupt, hilang sebagian bahkan diganggu oleh pihak ketiga. Ketika Anda menggunakan VPN, kemungkinan tersebut dapat diminimalisir sehingga data bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai fungsi VPN. Apapun teknologi yang digunakan untuk website Anda, sebaiknya pilihlah penyedia hosting yang tepat untuk website karena hosting sangat memengaruhi kerja website. Kini, Anda dapat menggunakan hosting dari Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost.