8 Pertanyaan Yang Harus Dijawab Sebelum Memilih Web Hosting

5-best-web-hosting-companies1

Menemukan web hosting yang tepat adalah hal yang sangat penting bagi individu dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang sedang membangun situs web mereka sendiri atau menghabiskan modal yang sangat berharga untuk melakukannya. Jika Anda baru saja terjun ke dalam bidang ini, penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa cepat perubahan di industri tersebut. Selain itu, Anda perlu tahu apa komponen dasar dari rencana web hosting yang baik serta belajar membandingkan antara satu penyedia hosting dengan yang lainnya.

Dulu, memilih web hosting yang tepat cukup sulit dilakukan. Namun, kini hal ini telah berubah dan ada beberapa perusahaan hosting yang dapat dipilih. Beberapa penyedia hosting memiliki reputasi baik dan jujur serta menawarkan uptime yang lebih baik, namun Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilihnya. Setelah membuat daftar perusahaan web hosting yang potensial, Anda perlu menjawab 8 pertanyaan berikut sebelum memilih satu yang tepat.

  1. Apakah Anda Akan Mendapatkan Ruang Disk Yang Tak Terbatas?

Anda tentu tidak bisa kehabisan ruang penyimpanan disk saat orang-orang mengandalkan situs Anda untuk mendpat informasi dan layanan penting. Anda harus memastikan bahwa mereka menawarkan ruang disk yang cukup untuk memenuhi kebutuhan website. Jika ukuran website Anda masih berskala kecil, mungkin Anda tidak memerlukan banyak ruang disk.

  1. Apakah Anda Akan Mendapatkan Bandwidth Yang Tak Terbatas?

Istilah ini mengacu pada jumlah traffic (lalu lintas) yang dapat dikirim bolak-balik, menuju dan dari situs Anda. Bila banyak orang yang ingin terhubung dengan situs Anda pada saat bersamaan, maka bandwidth yang terbatas adalah masalah nyata dan menjadi pembunuh bagi bisnis Anda. Saat ini, banyak perusahaan yang menawarkan bandwidth tak terbatas (atau sangat tinggi) dengan biaya yang rendah.

  1. Apakah Ada Garansi Uptime 99,9%?

Tidak ada web hosting yang dapat dengan jujur menjamin uptime hingga 100%, namun banyak layanan hosting yang menawarkan garansi mendekati 100%. Sebuah standar di industri saat ini harus mampu menjamin uptime hingga 99,5%, namun host yang terbaik akan mengiklankan jaminan operasional 99,9%.

  1. Apakah Anda Mendapatkan Setup Gratis?

Biaya setup sesuai pada waktu saat tools yang diberikan kurang kuat dan prosesnya kurang otomatis. Saat ini tidak ada alasan di dunia untuk membayar biaya pemasangan dan setup. Perusahaan yang mengiklankan bahwa mereka “membebaskan” biaya ini pada dasarnya menunjukkan bahwa Anda tidak perlu membayar lagi untuk setup dan memberi Anda keuntungan.

  1. Apakah Anda Mendapatkan Subdomain Yang Memungkinkan Situs Tak Terbatas?

Anda bisa memulai strategi internet dengan satu situs tunggal, namun saat Anda ingin meluncurkan yang lain, maka Anda tentu ingin melakukannya tanpa membuat domain baru dan biaya baru. Pilihan ini cukup penting, karena subdomain memungkinkan Anda menyebar dan menciptakan entitas online lainnya yang mungkin tidak terkait secara ketat dengan tujuan domain utama.

  1. Apakah Dukungan Pelanggan Tersedia 24/7?

Dukungan pelanggan sangat penting, jadi pastikan itu tersedia. Perusahaan terbaik akan menyediakannya dalam beberapa cara seperti melalui email, formulir web online, chat, dan panggilan telepon.

  1. Apakah Anda Mendapat Instal Software Untuk Database, Scripting, Email, dll?

Pastikan Anda mendapat instal software untuk membantu jalannya website. Anda bisa memanfaatkannya melalui aplikasi antarmuka grafis yang memudahkan prosesnya, atau konsultasi dengan pakar IT.

  1. Apakah Web Hosting Yang Ditawarkan Terjangkau?

Banyak web hosting yang ditawarkan dengan biaya rendah misalnya sebesar $10 per bulan. Hal itu sangat terjangkau, namun Anda lebih baik membayar web hosting setahun di muka. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis tanpa harus membayar setiap bulannya.