9 Tips Penting Memilih Penyedia Jasa Web Hosting

16 Jun 2015
9 Tips Penting Memilih Penyedia Jasa Web Hosting campaign-unlimited

Hosting merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika ingin membangun sebuah website. Karena hosting sangat berpengaruh pada kemudahan akses website kita. Saat ini memilih web hosting mungkin tampak sangat mudah, hal ini ditambah dengan semakin menjamurnya perusahaan penyedia layanan web hosting yang menawarkan berbagai macam pilihan. Tapi yang diperlu diingat ketika memilih web hosting adalah jangan sembarangan memilih penyedia web hosting, karena itu akan menjadi salah satu mitra bisnis kita. Layanan dan kinerja mereka bisa berdampak langsung pada bisnis kita. Berikut adalah 9 tips bagaimana memilih web hosting yang baik.

1. Kehandalan dan uptime

Jika kita meng-host pada server yang memiliki uptime di bawah 50%, maka kita akan banyak kehilangan pengunjung, bisnis, dan pendapatan! Web hosting yang kita pilih harus memiliki jaminan uptime yang baik. Memang hampir semua hosting tidak ada yang memiliki jaminan uptime 100%, tapi setidaknya cari yang memiliki uptime minimal 99%. Periksa juga redudansi host, tanyakan bagaimana cara mereka mengatasi kegagalan fungsi jika terjadi error/kerusakan. Misalnya, generator cadangan dan Uninterruptible Power Supply (UPS).

2. Dukungan pelanggan

Layanan pelanggan dan dukungan juga harus benar-benar kita perhatikan ketika memlih web hosting. Ciri web hosting yang baik adalah memiliki tim dukungan (teknis) handal yang siap membantu kita kapanpun jika dibutuhkan selama 24/7, termasuk hari libur. Karena server dan jaringan harus selalu dipantau setiap saat. Dukungan pelanggan bisa melalui email, telepon, dan live chat.

3. Backup data

Pilihlah web hosting yang juga menyediakan layanan backup data untuk file kita. Karena jika terjadi hal yang tidak terduga, website bisa di restored dengan mudah. Cari tahu seberapa sering server bisa melakukan backup. Ingat, meskipun web hosting yang kita gunakan memiliki fitur backup sekalipun, kita tetap harus melakukan backup sendiri ke hardisk untuk berjaga-jaga.

4. Lokasi server

Lokasi server juga bisa menjad pertimbangan ketika memilih web hosting. Hal ini penting karena berkaitan dengan siapa target pengunjung kita, apakah lokal atau mancanegara. Jika target pengunjung kita adalah lokal, maka pilihlah lokasi server yang berada di Indonesia dan begitupun sebaliknya.

5. Fleksibilitas

Mengingat bisnis akan terus tumbuh dan berkembang, maka kebutuhan akan sumber daya juga semakin meningkat. Penting memilih web hosting yang memiliki fleksibilitas tinggi dan memungkinkan kita untuk dengan mudah melakukan upgrade sumber daya di kemudian hari. Ini termasuk penambahan ruang penyimpanan, RAM, processor, jumlah akun email, dan yang lainnya.

6. Kapasitas penyimpanan dan transfer data

Kapasitas ini penting untuk dipertimbangkan, pastikan kapasitas ruang penyimpanan cukup untuk menampung file-file website kita. Sesuaikan kapasitas penyimpanan dan transfer data (bandwidth/traffic) data yang ditawarkan dengan kebutuhan website kita saat ini.

7. Fitur yang ditawarkan

Sistem operasi pada server yang kita gunakan menentukan jenis script apa saja yang bisa kita jalankan. Server Linux memang jauh lebih murah dan stabil, tapi misal kita membutuhkan host untuk scrit ASP maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan hosting Windows. Terlepas dari apapun sistem operasi yang kita gunakan, pastikan server memiliki beberapa fitur dasar berikut ini:

  • FTP, SSH
  • PHP, Perl, CGI
  • Subdomain
  • Statistik dan logs
  • FrontPage extensions
  • Email

8. Mudah digunakan / control panel site management tools

Pilihlah hosting yang memiliki control panel yang mudah digunakan untuk mengelola akun web dan email kita. Jika memungkinkan mintalah demo untuk melihat control panel hosting tersebut, dengan begitu kita bisa mencoba dan merasakan bagaimana mengelola server website kita.

9. Harga

Cermati harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, mahal bukan belum tentu yang paling baik dan bagus secara keseluruhan. Jangan mudah percaya dengan penyedia hosting yang menawarkan space dan bandwidth yang besar dengan harga yang terlalu murah (di harga harga pasaran). Pilihlah web hosting yang mengikuti standar harga hosting pada umumnya. Tapi setidaknya harga dan kualitas itu rata-rata berbanding lurus.

Nah, IDwebhost sebagai penyedia web hosting murah dan domain murah no 1 Indonesia, akan memberikan Anda berbagai macam pilihan dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang dapat diandalkan.

Penulis
Member since 2 Jul 2013