Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Web Hosting?

13 Jun 2017
Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Web Hosting? campaign-unlimited

Jika Sahabat IDwebhost seperti kebanyakan wirausahawan online, maka web hosting mungkin tidak menarik bagi Anda kecuali telah terjadi masalah yang menghalangi situs web, email, analisis web, dll. Ini dapat menjadi sebuah kesalahan karena web hosting adalah hal penting dalam stabilitas dan kinerja layanan internet marketing Anda. Banyak dari kita adalah pelanggan web hosting yang menghosting situs web kita sendiri. Terkadang, kita semakin merasa seolah-olah kita tidak mendapatkan kepuasan dari perusahaan hosting yang kita percaya untuk menangani kehadiran online kita. Ini bisa berdampak negatif dan bahkan menjadi bencana pada kemampuan kita untuk tampil sebagai pengusaha dan akibatnya reputasi bisnis semakin menurun.

Pengusaha online yang proaktif selalu tahu layanan web hosting apa yang mereka bayar, tidak peduli bagaimana teknis dan detailnya. Bagi mereka yang baru memulai menggunakan web hosting, inilah beberapa hal penting yang menjadi kunci untuk fokus dalam menggunakan web hosting.

  1. Pahami Layanan Hosting Yang Ditawarkan

Saat ini, alat otomasi pihak ketiga seperti cPanel dan yang lainnya sangat berperan dalam memperluas pasar web hosting di era World Wide Web (WWW). Standarisasi yang dipercepat di seluruh industri berarti bahwa layanan yang memiliki reputasi baik harus dapat memandu Anda melalui operasi dasar dan mengarahkan ke arah yang benar. Anda bisa melakukan upgrade dan menggunakan opsi yang lebih maju atau memerlukan layanan khusus seperti akun hosting WordPress yang optimal. Untuk itu, layanan hosting yang ditawarkan oleh penyedia hosting harus diperhatikan dengan baik.

  1. Infrastruktur Web Hosting

Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan server Linux (Apache) atau Windows berbasis server untuk menampung file Anda. Sebagian besar pelanggan berbagi ruang pada server ini, walaupun ada pilihan lain seperti Virtual Private Network (VPN), dedicated server, dan IP khusus untuk bisnis menengah dan besar.

  1. Layanan Pelanggan Web Hosting

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin terstandarisasi, perusahaan web hosting harus semakin bersaing berdasarkan kualitas layanan pelanggannya. Anda sebagai pemilik bisnis harus memanfaatkan pengetahuan ini untuk menuntut layanan dan perhatian yang layak Anda dapatkan. Mengenai kesesuaiannya dengan harga dapat dipastikan melalui customer service sebagai faktor penentu untuk tetap tinggal dengan perusahaan web hosting yang dipilih atau tidak. Perusahaan hosting yang menawarkan dukungan pelanggan 24/7 akan menjadi pemenang. Database cerdas, forum, dan sistem tiket adalah layanan tambahan yang baik, namun tidak ada yang dapat menggantikan sentuhan manusia. Pada saat yang sama, perusahaan web hosting mungkin menjanjikan bandwidth yang tak terbatas dan layanan lain yang terdengar bagus. Tetapi, Anda tetap harus waspada jika yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

  1. Mulai Dari Yang Kecil Dan Tetap Tumbuh

Cara teraman untuk menguji web hosting adalah memilih rencana dasar untuk satu tahun ke depan. Server berbasis Linux yang ditawarkan harus cukup baik kecuali jika Anda memiliki permintaan khusus Windows (misalnya SQL server, atau framework .NET). Pilih paket yang memenuhi keamanan, email marketing, dan persyaratan ecommerce Anda. Perkirakan pertumbuhan Anda dalam jangka pendek hingga menengah. Kemudian cari rencana web hosting yang menawarkan jenis pertumbuhan berjenjang tanpa harus segera meningkatkannya.

Kesimpulan Dari Web Hosting

Web hosting adalah hal yang cukup sederhana dan kompleks. Sejumlah perusahaan web hosting baik yang sudah terkenal maupun tidak harus mampu memenuhi kebutuhan internet marketing Anda saat Anda memulai sebuah bisnis. Tes sesungguhnya bagi Anda adalah mengembangkan hubungan yang solid dan saling menguntungkan dengan perusahaan web hosting. Mereka harus mampu megiringi pertumbuhan bisnis Anda dengan baik, dan tidak menghalanginya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013