Memiliki akun email saat ini menjadi sesuatu yang penting bagi setiap orang. Hal ini disebabkan banyaknya verifikasi data yang menggunakan email sebelum Anda mendaftar pada platform atau jejaring sosial. Pada dasarnya, electronic mail atau yang sering disingkat dengan email merupakan surat yang berbentuk elektronik. Dengan adanya email ini, kita sangat terbantu tidak hanya untuk verifikasi di jejaring sosial, namun juga ketika ingin mengirim surat ke seseorang yang lokasinya jauh, membuat blog gratis di blogger,  hingga melamar pekerjaan dengan apply CV melalui email, dan lain sebagainya. Semua itu dapat dilakukan jika mempunyai email.

Ada banyak sekali layanan email gratis yang bisa Anda gunakan, semisal Google Mail (Gmail) dan Yahoo. Masing-masing layanan email mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang paling populer adalah Gmail dan Yahoo. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat email baru dengan menggunakan salah satu layanan terpopuler yaitu Gmail.

Cara Membuat Email Baru Pada Gmail

Google mail atau yang sering disingkat dengan Gmail merupakan layanan email berbasis web. Layanan email besutan Google ini banyak digemari oleh pengguna internet karena beberapa kelebihan, salah satunya adalah satu akun gmail dapat digunakan untuk mengakses semua produk google seperti google drive, blogger, youtube, playstore dan lain sebagainya. Kemudahan inilah yang membuat Gmail semakin digemari dan semakin lebih populer dibandingkan Yahoo. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat email melalui Gmail:

  1. Buka situs gmail.com
  2. Selanjutnya Anda akan melihat halaman utama dari Gmail. Silahkan klik tombol CREATE AN ACCOUNT untuk beralih ke form pendaftaran.
  3. Anda akan dihadapkan dengan tampilan form pendaftaran sebagai berikut. Silakan masukkan data-data yang diminta pada kolom yang telah disediakan, seperti :

–       Name: Isi dengan nama lengkap Anda.

–    Choose your username: Isi dengan nama pengguna Anda. Nama pengguna inilah yang nantinya akan menjadi alamat email Anda. Usahakan membuat nama email yang unik namun tetap memiliki kredibilitas.

–      Create a password: Masukkan kata sandi untuk email baru Anda. Kombinasi dari angka dan huruf selalu menjadi password yang kuat dan akan sulit untuk dibajak oleh orang lain.

–       Confirm your password: Masukkan kembali kata sandi Anda.

–       Birthday: Isi dengan tanggal lahir Anda.

–       Gender: Pilih jenis kelamin Anda.

–       Mobile phone: Masukkan nomor HP yang Anda gunakan. Pastikan Anda mendaftarkan nomor yang aktif karena nantinya pihak Google akan mengirimkan kode untuk verifikasi akun.

–       Your current email address: Masukkan alamat email Anda saat ini (bersifat opsional), jika tidak punya maka biarkan saja kosong.

–       Location: Pilih Indonesia sebagai lokasi Anda.

  1. Jika Anda sudah selesai mengisi semua kolom yang diperlukan, selanjutnya klik tombol Next Step. Akan muncul halaman yang berisi syarat dan ketentuan, silakan scroll kebawah dan pilih I AGREE.
  2. Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun. Cek nomor HP yang sudah Anda masukkan tadi, sudah betul atau tidak. Kemudian pilih Continue.
  3. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan Google kepada Anda. Kemudian pilih Continue untuk melanjutkan. Jika dalam waktu 15 menit lebih kode verifikasi belum dikirimkan juga, silakan klik link yang bertulisan try again agar pihak Google mengirimkan kembali kode verifikasi kepada Anda.
  4. Anda akan dihadapkan pada halaman selamat datang. Silakan pilih Continue to Gmail untuk beralih ke halaman utama Gmail Anda.
  5. Gmail sudah siap untuk digunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat email baru menggunakan Gmail. Ternyata, membuat email baru tidak sesulit yang Anda pikirkan. Sama halnya dengan mengelola website Anda menggunakan layanan web hosting. Dengan layanan web hosting, Anda dapat menjalankan website dengan lebih mudah.

Idwebhost adalah salah satu layanan web hosting terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk menghosting situs. Fitur yang dimiliki Idwebhost begitu beragam seperti keandalan server sehingga dapat mempercepat dalam proses memuat, layanan pelanggan 24 jam, hingga jaminan uptime 99,99%. Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan paket harga yang terjangkau dengan kualitas yang tinggi.