Cara Memilih Web Hosting Untuk Website Anda

Layanan hosting sangat penting karena nantinya akan menjadi ‘rumah’ bagi website Anda di internet. Memilih web hosting yang tepat bisa menjadi hal yang cukup rumit dan menyebalkan. Karenanya, Anda perlu berhati-hati sebelum memilih web hosting. Pertama-tama, Anda harus mengetahui kebutuhan website terlebih dahulu. Mengetahui kebutuhan website sendiri memang tidak mudah, untuk itu berfokuslah pada apa yang menjadi prioritas Anda untuk website yang dijalankan.

Jika Anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan, maka Anda dapat mulai mencari informasi tentang web hosting yang tepat. Langkah ini mungkin terdengar mudah, namun karena banyaknya rekomendasi web hosting yang tersedia saat ini, maka hal ini bisa cukup membingungkan. Dalam artikel ini, kami akan memberi beberapa ulasan mengenai cara memilih web hosting terbaik untuk website Anda.

  1. Kinerja Web Hosting

Sebelum memilih web hosting, Anda perlu mengetahui bagaimana kinerja web hosting tersebut. Hal ini dapat dilihat berdasarkan kualitas server atau layanannya. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses atau karena berbagai masalah teknis lainnya. Ada banyak parameter yang bisa Anda lihat, misalnya lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan Anda berada. Misalnya, apabila Anda ingin membuat website untuk calon pelanggan di Indonesia, akan lebih baik apabila server hosting juga berada di Indonesia.

Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya). Anda dapat mencari informasi spesifikasinya pada website layanan web hosting yang diinginkan. Jika menemukan kesulitan, segera tanyakan pada customer service yang disediakan.

  1. Harga Terjangkau Dan Berkualitas

Saat memilih layanan web hosting, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Harga yang dibayarkan harus sesuai dengan paket maupun layanan yang ditawarkan. Jangan sampai Anda harus membayar mahal untuk layanan dan paket yang tidak sesuai. Anda dapat melakukan perbandingan harga sebelum memilih web hosting yang tepat. Harga murah memang baik, namun tidak selamanya lebih baik. Untuk apa memilih layanan yang murah tapi tidak memiliki kualitas layanan yang baik? Untuk itu, kami menyarankan agar memperhatikan layanan yang digunakan.

  1. Customer Support 24 Jam

Idealnya, tim customer support harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka harus selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. Perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara untuk berkomunikasi seperti melalui email, live chat, panggilan telepon, dan sebagainya. Ada banyak layanan hosting yang tersedia di luar sana, namun tidak semua layanan memiliki customer support yang handal.

  1. Garansi Uang Kembali

Garansi adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh penyedia web hosting. Ini berarti, penyedia web hosting menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan. Dari sudut pandang pelanggan, adanya fasilitas ini tentu sangat menguntungkan. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan. Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Sebaiknya, Anda memilih layanan dengan syarat dan ketentuan yang tidak menyesatkan.