Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengganti layanan hosting lama dan memindahkan website WordPress ke layanan hosting baru. Beberapa alasan yang kerap terjadi misalnya disebabkan oleh kecepatan loading yang lambat, masalah down time, kurangnya dukungan support, hingga harga yang tidak sebanding dengan layanan. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas cara pindah hosting yang berbasis WordPress. Dua hal yang Anda butuhkan sebelum memindahkan hosting adalah wp-content dan MySQL Database (Pastikan Anda menggunakan cPanel).

Cara Pindah Hosting

Backup Data WordPress di Hosting Lama

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu login ke cPanel untuk melakukan backup konten serta data penting yaitu wp-content dan MySQL Database. Backup juga file .htaccess dan file robots.txt jika memang ada.

  • Login cPanel, pilih File Manager lalu cari public_html atau website mana yang akan Anda backup, setelah itu pilih dan compress folder wp-content dan jangan lupa untuk di download. Jangan lupa juga untuk mencatat Table Prefix, nama filenya wp-config.php kemudian edit.
  • Login cPanel, pilih Backup kemudian cari dan download database website yang ingin dipindah.

Install WordPress di Hosting Baru

Setelah selesai membackup semua data penting tadi, sekarang kita akan menginstall WordPress di hosting yang baru dan jangan lupa untuk memasukkan nama Table Prefix yang dicatat tadi.

Restore Data WordPress di Hosting Baru

Backup dan install WordPress baru telah dilakukan, sekarang giliran untuk merestore file yang sudah kita backup di langkah nomor 1 tadi yaitu wp-content dan MySQL. Untuk cara restore data hosting lama ke hosting baru perhatikan langkah dibawah ini:

  1. Login Cpanel, pilih File Manager lalu cari public_html atau website mana yang akan Anda restore. Setelah itu pilih dan hapus folder wp-content, setelah Anda berhasil menghapus silahkan upload folder wp-content berupa zip yang sudah Anda backup di langkah nomor 1 tadi dan jangan lupa untuk di Extract. Jika sudah berhasil, hapus saja file yang berekstensi zip tersebut.
  2. Login Cpanel, pilih phpMyAdmin kemudian cari nama database mana yang sudah Anda buat tadi atau database yang ingin di update. Selanjutnya silahkan drop/delete tabel tersebut. Setelah itu silahkan pilih menu Import dan pilih file database yang sudah dibackup.

Ubah Nameserver Domain dengan Hosting Baru

Setelah langkah-langkah di atas selesai Anda kerjakan dengan baik dan benar sekarang tinggal mengubah nameserver domain Anda dengan hosting baru. Mengubah nameserver domain akan mengalami masa Propagasi yang berarti domain Anda memerlukan jeda waktu untuk sampai mengenali atau tersambung dengan server hosting baru. Untuk masa Propagasi memerlukan waktu yang tidak sama, terkadang bisa berjalan cepat atau juga lambat hingga memakan waktu satu harian.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa memindahkan hosting langsung dari bantuan provider hosting yang akan digunakan. Idwebhost adalah salah satu provider web hosting yang dapat membantu Anda melakukan pemindahan hosting dengan mudah. Idwebhost memiliki beragam fitur menarik seperti aktivasi yang mudah, server super cepat dan stabil, bandwidth unlimited dan gratis SSL selamanya, hingga garansi uptime mencapai 99,99%. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan nikmati garansi uang kembali hingga 30 hari.