Beberapa pengusaha online dan blogger cenderung memilih web hosting karena harganya yang murah sehingga dapat menghemat uang. Nyatanya, nyawa dari sebuah situs online adalah dari web hosting yang digunakan. Memilih web hosting yang tepat merupakan faktor penting untuk menjamin situs Anda menjadi yang nomor satu. Langkah pertama setelah mendaftarkan nama domain tentunya adalah memilih web hosting yang tepat. Pastikan Anda tidak menjatuhkan pilihan pada web hosting yang murah tanpa memikirkan kualitasnya. Hal ini dapat berdampak buruk pada situs Anda. Web hosting juga berperan penting dalam mempengaruhi peringkat di hasil pencarian. Berikut adalah beberapa cara atau alasan mengapa web hosting dapat berpengaruh pada hasil pencarian.

  1. Lokasi Server

Sejak awal, Google telah menargetkan hasil pencarian berdasarkan lokasi. Hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs dari mana lokasi pencarian berasal. Hasil yang didapat untuk setiap pencarian diprioritaskan pada website dengan server di lokasi tertentu. Meskipun Google sangat tergantung dengan TLD (Top Level Domain), namun mereka juga sudah mulai menggunakan alamat IP untuk menentukan lokasi server dan situs.

Jika traffic yang Anda targetkan adalah di Amerika Serikat, dan server yang digunakan berada di Inggris atau beberapa bagian di Asia, maka hanya kemungkinan kecil website Anda ditampilkan di peringkat atas. Anda harus menganalisis dan mempelajari di mana basis pelanggan Anda dan di mana seharusnya server Anda. Dengan server dan pelanggan yang berada di satu lokasi tertentu, maka akan mendongkrak peringkat hasil pencarian.

  1. Kualitas Server

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas server dari web hosting yang digunakan. Anda tidak hanya perlu mempertimbangkan kualitas fisik, server space, bandwidth, atau yang lainnya, namun Anda juga perlu melihat lebih dekat bagaima server tersebut dikelola. Anda perlu memiliki kontrol total untuk server yang digunakan dan menyadari tentang kualitas servernya. Hal ini tentu memberi dampak besar terhadap kualitas website Anda serta peringkat di hasil pencarian.

  1. Kecepatan Loading (Memuat Halaman)

Jika situs web Anda membutuhkan waktu lama untuk memuat halaman, tidak hanya pembaca dan pelanggan yang akan meninggalkan situs namun juga Google. Mereka akan menurunkan peringkat Anda di hasil pencarian. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kekuatan dan kelemahan pada web hosting yang dipilih. Pastikan bahwa web hosting yang digunakan adalah yang terbaik dan memiliki kecepatan loading yang tinggi. Jika beban situs Anda lebih cepat, pelanggan akan menghabiskan beberapa waktu di website Anda. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan pelanggan namun juga meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

  1. Uptime dan Downtime

Jika Anda memilih menggunakan shared hosting atau web hosting dengan harga murah, situs Anda mungkin akan mengalami downtime kadang-kadang. Dalam hal ini, pengguna tidak dapat mengakses situs Anda. Jika situs Anda mengalami downtime karena masalah server, mungkin hal ini akan berdampak pada penurunan peringkat di hasil pencarian. Pertimbangkan untuk memilih web hosting yang menjamin uptime hingga 99,99% sehingga situs Anda dapat selalu tersedia di hasil pencarian.

  1. Koneksi Database

Faktor lain yang terkait dengan peringkat hasil pencarian adalah koneksi database. Apakah Anda pernah mengalami pesan error seperti ‘database connection failure’ atau ‘internal server error’? nah ini disebabkan oleh web hosting Anda. Ini biasanya terjadi karena situs mendapatkan banyak traffic dan server tidak mampu mengatasinya. Akibatnya, situs Anda sering mengalami donwtime yang berdampak pada peringkat hasil pencarian. Selalu perhatikan tentang kinerja web hosting sebelum memutuskan untuk memilihnya.