bandwidth

Ketika meluncurkan sebuah web, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak bandwidth yang dibutuhkan. Kemudian Anda akan membandingkan beberapa penyedia hosting untuk melihat beberapa perbedaan termasuk jumlah bandwidth yang Anda butuhkan.

Sementara beberapa penyedia layanan hosting menawarkan pilihan unlimited, tapi sebenarnya itu tidak sepenuhnya unlimited karena Anda akan tetap terkena limit jika penggunaan diluar batas kewajaran normal. Berikut tips bagaimana menentukan bandwidth yang dibutuhkan website dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih web hosting.

Apa itu bandwidth?

Pertama Anda harus memahami apa itu sebenarnya bandwidth. Pada dasaranya, ini mengacu pada “transfer data” dan istilah bandwidth sendiri digunakan untuk mengukur kecepatan dari data dan traffic yang diijinkan melewati antara situs dan pengguna online. Kecepatan maksimal data yang dapat ditransfer pada satu waktu biasanya diukur dalam satuan detik. Sebuah transfer data mengacu pada jumlah data yang dapat ditransfer dibagi dengan kecepatan dari transfer data. Inilah yang dimaksud dengan bandwidth.

Sementara transfer data seperti ukuran jumlah air yang mengalir pada sebuah pipa, bandwidth akan seperti lebar pipa tersebut. Lebar akan menentukan seberapa cepat data atau air dapat mengalir. Setelah memahami hal ini, Anda perlu melihat berapa banyak bandwidth yang disediakan oleh perusahaan hosting untuk menentukan apakah badwidth mereka cukup tinggi, bagaimana kecepatan mereka, konektivitas, jaringan, dan sistem berdasarkan hal ini.

Unlimited Bandwidth

Jika Anda memilih perusahaan hosting unlimited, Anda sebenarnya membeli harga flat sama seperti pengguna pada umumnya. Mengapa? Karena unlimited bandwidth itu tidak ada, itu hanyalah istilah dalam dunia marketing. Yang benar adalah berapapun besarnya bandwidth, pasti ada limitnya. Pasti ada nilai/angka yang tidak bisa dilewati. Jadi berapapun besarnya bandwidth yang diberikan, meskipun tidak dihitung (unmetered), pasti ada ambang batasanya. Anda perlu melihat berapa kebutuhan bandwidth Anda sendiri untuk menentukan apakah paket unlimited dapat menangani jumlah yang Anda butuhkan.

Menentukan jumlah bandwidth yang dibutuhkan

Luangkan sedikit waktu untuk menentukan berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan. Pikirkan sebuah celana, Anda tidak mungkin membeli celana yang terlalu kecil, begitupun sebaliknya celana yang terlalu besar juga akan sia-sia. Jangan membeli salah satu diantara keduanya, cari penyedia hosting yang menawarkan pilihan scalable untuk jumlah yang Anda butuhkan. Anda harus bisa memperkirakan rata-rata ukuran halaman situs Anda dalam kilobytes, melihat rata-rata pengunjung bulanan, dan mengkalikannya dengan rata-rata jumlah page view dibagi jumlah pengunjung. Setelah mendapatkan hasil yang tepat, Anda baru bisa mulai berbelanja kebutuhan web hosting untuk situs Anda.