Lindungi Server Anda Dari Ancaman Berbahaya

3 Nov 2017
Lindungi Server Anda Dari Ancaman Berbahaya campaign-unlimited

Keamanan web dan downtime adalah masalah penting untuk bisnis apapun yang beroperasi secara online. Server web sering menjadi target serangan hacking oleh penjahat dunia maya karena data sensitif yang dimiliki. Penyerang dapat memanfaatkan akun pengguna yang sering melakukan kesalahan untuk melewati server Anda. Terkadang kesalahan administrator umum seperti direktori virtual yang dikonfigurasi dengan buruk dapat menyebabkan akses yang tidak sah. Beberapa ancaman utama terhadap server web biasanya berasal dari penolakan layanan, akses yang tidak sah, pembuatan profil, eksekusi kode acak, penyalahgunaan hak istimewa dari virus, trojan, dan sebagainya.

Anda mungkin melakukan sebagian besar tugas administrator untuk merawat server namun secara tidak sadar Anda melewatkan beberapa cara terbaik. Tantangan nyata untuk mengamankan server web adalah menerapkan konfigurasi yang benar sekaligus menjaga keamanan Anda. Berikut adalah beberapa panduan awal untuk mendapatkan konfigurasi server yang lebih aman dan memastikan kenyamanan dalam operasi server sehari-hari.

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Yang Tepat

 

Tetap di Atas Pembaharuan

Sistem dan aplikasi usang adalah salah satu ancaman paling kuat di lingkungan server. Sebagian besar pelanggaran keamanan dan hacks dilakukan melalui lubang keamanan pada versi lama aplikasi web yang digunakan di forum dan blog. Anda harus mempertahankan upgrade sistem rutin untuk semua alat dan aplikasi yang digunakan bisnis Anda, baik di sisi server dan sisi klien. Perhatikan nasihat keamanan untuk memastikan semua kelemahan keamanan ditambal. Jika tidak ada patch yang dipublikasikan karena kerentanan yang ada. Pastikan Anda menonaktifkan layanan sampai ada patch yang tersedia agar tetap aman.

Melakukan Audit Reguler

Periksa layanan jaringan yang berjalan di server Anda dan lihatlah pembaruan dari sistem deteksi intrusi untuk mengetahui apakah semuanya berjalan baik secara internal. Seperti konfigurasi server yang diterapkan, layanan aktif, protokol keamanan, aplikasi yang berjalan di server Anda dan sebagainya. Mengaudit dan memantau log akses situs web, log sistem operasi, dan log database server untuk entri log abnormal atau aktivitas aneh untuk mendeteksi serangan yang berhasil atau bahkan upaya untuk mendapatkannya. Log idealnya harus hadir di area terisolasi dari server web untuk mencegah gangguan.

Konfigurasi Firewall yang Tepat dan Deteksi Intrusi

Semua jaringan bisnis idealnya membutuhkan perlindungan menyeluruh berupa firewall, autentikasi, dan sistem pemantauan intrusi. Membatasi traffic melalui firewall mungkin cara yang baik untuk membatasi akses orang lain ke server Anda. Firewall dan protokol keamanan yang diterapkan dengan benar merupakan persyaratan utama untuk memastikan lingkungan server yang aman. Karena sebagian besar tempat kerja memiliki pekerja jarak jauh atau pekerja yang bekerja dari rumah, mengadopsi solusi VPN. Hal ini memungkinkan untuk mengelola perangkat mereka secara efektif sambil memungkinkan akses yang aman ke sumber daya perusahaan dan data bisnis.

Hilangkan Layanan yang Tidak Perlu

Menjalankan konfigurasi sistem operasi default tidaklah aman, terutama karena banyak modul yang telah ditentukan sebelumnya atau layanan jaringan terinstal. Seperti layanan registri jarak jauh, layanan informasi internet, layanan print server, dan banyak lagi. Semakin banyak layanan yang tidak perlu yang Anda jalankan di sistem operasi, semakin besar risiko meninggalkan lebih banyak port yang terbuka terhadap penyalahgunaan dari koneksi luar. Kelola skrip startup untuk mematikan atau menonaktifkan semua layanan yang tidak perlu agar tidak berjalan secara otomatis saat booting. Ini membantu membuat permukaan serangan Anda lebih kecil dan juga meningkatkan kinerja server dengan membebaskan sumber daya perangkat keras.

Lindungi Database

Kegagalan untuk melindungi database Anda (misalnya Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle) dapat menyebabkan potensi kehilangan informasi sensitif pribadi seperti nama pengguna, alamat email, dll. Hal ini memungkinkan penyerang menambahkan entri yang dapat membuat tautan spam atau software jahat di situs. Sahabat IDwebhost juga harus mempertimbangkan bagaimana mereka diakses untuk perawatan rutin.

Penulis
Member since 2 Jul 2013