Google sebagai mesin pencari paling populer di dunia terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam hal teknologi. Salah satunya dengan meluncurkan AMP atau Accelerated Mobile Pages. AMP adalah halaman web yang didesain khusus agar laman tersebut ‘mobile friendly’. Salah satu project dari Google ini juga dapat memberi pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan berselancar di dunia maya.

Dengan didukungnya laman AMP pada sebuah situs, dapat mempercepat akses hingga 4X lebih cepat dari biasanya. Selain itu laman AMP juga dapat menghemat data internet hingga 10X lipat. Dengan mengintegrasikan situs Anda agar bisa menampilkan laman AMP, tentu saja dapat meningkat SERP (Search Engine Result Page) pada hasil pencarian Google khususnya pada perangkat mobile.

Kelebihan Menggunakan AMP

Meski AMP masih tergolong baru dan perlu banyak perbaikan, namun manfaat penggunaan AMP sudah dapat dirasakan. Beberapa manfaat atau kelebihan dari AMP diantaranya:

  1. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Meskipun AMP bukan jaminan SEO, tetapi jika kita memperhatikan optimasi SEO maka terdapat hal penting yaitu kecepatan loading halaman. Kecepatan akses memungkinkan blog menempati peringkat baik di SERP, apalagi jika diimbangi dengan isi konten yang berkualitas.

  1. Halaman Menjadi Sangat Ringan

AMP dibangun oleh tiga komponen penting yaitu AMP HTML, AMP JS, dan Google AMP cache. Ketiga komponen tersebutlah yang membuat halaman blog menjadi sangat ringan, sehingga kecepatan akses meningkat. Dan tidak hanya itu, pengguna juga bisa menghemat data internet. Biasanya pengunjung yang datang ke blog kita hanya mencari informasi yang diinginkan saja, setelah itu langsung pergi begitu saja karena takut data internetnya akan habis. Nah, jika pemilik blog menggunakan custom AMP maka pengunjung tidak perlu takut kehabisan data internet sehingga bisa leluasa mencari informasi-informasi terkait.

AMP

  1. AMP Merupakan Proyek Open Source

Ini artinya siapa saja boleh ikut serta untuk bergabung bersama proyek AMP. Hal ini tentu menarik bagi programer web yang suka koding, proyek AMP mempersilahkan mereka untuk berkontribusi mengembangkan kemajuan AMP.

  1. Berlaku Untuk Semua Publisher

Melalui Google AMP, siapapun publisher dengan sedikit pengetahuan maupun kemauan bisa memformat dan menampilkan artikelnya untuk bisa diakses dengan cepat oleh potensi pembaca yang sangat besar. Tidak seperti pada Facebook yang membatasi publishernya untuk berpartisipasi dalam Fitur Instant Artikel.

Cara Mengintegrasikan AMP Pada Blog

Untuk pengguna CMS WordPress, cukup menggunakan plugin AMP agar situs Anda bisa menampilkan laman AMP. Untuk pengguna Blogger, Anda harus melakukannya secara manual, yaitu dengan mendesign khusus agar template blogger yang Anda gunakan mendukung untuk tampilan AMP. Untuk melihat status index Accelerated Mobile Pages, Anda bisa melihatnya pada Google Search Console pilih menu Search Appearance -> Accelerated Mobile Pages.

Proyek Google ini terbukti dapat mempercepat dalam membuka halaman web hanya dalam sepersekian detik. Tentu hal ini dapat menambahkan rasa nyaman pada pengunjung yang mengakses situs Anda. Selain menggunakan AMP, layanan web hosting yang Anda gunakan juga dapat memengaruhi kecepatan website.

Idwebhost adalah salah satu layanan web hosting terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk menghosting situs. Fitur yang dimiliki Idwebhost begitu beragam seperti keandalan server sehingga dapat mempercepat dalam proses memuat, layanan pelanggan 24 jam, hingga jaminan uptime 99,99%. Segera daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan paket harga yang terjangkau dengan kualitas yang tinggi.