Di dunia internet, seringkali kita mendengar istilah HTTP dan HTTPS. Namun, sampai saat ini masih banyak yang tidak mengetahui perbedaan diantara keduanya. Bahkan, masih banyak yang tidak mengetahui apa itu HTTP maupun HTTPS. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai HTTP dan HTTPS serta beberapa perbedaannya.

Pengertian HTTP

HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang berarti permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien atau server. Intinya, HTTP adalah sebuah protokol yang mana mengatur komunikasi antara klien dan server. Lalu siapakah klien tersebut? Yang menjadi klien adalah web browser, atau perangkat lainnya yang mampu mengakses, menerima, dan menampilkan konten di dalam web. Jadi, klien akan mengirimkan pesan ke server yang memiliki host konten HTML dan menjawabnya dengan respon yang juga berisi konten HTML.

Pada HTTP, data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak di enkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS, dimana S mewakili kata secure, yang artinya aman.

Pengertian HTTPS

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini merupakan versi secure atau versi yang lebih aman dari HTTP sendiri. HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1993. HTTPS ini terimplementasikan dengan SSL atau Secure Socket Layer, yang juga mengalamai pembaruan menjadi TLS atau Transpor Layer Security.

Website zaman sekarang lebih menggunakan fitur yang ada di dalam dukungan protokol HTTPS. Sebuah web browser yang terintegrasi dengan protokol HTTPS membutuhkan SSL Certificate untuk mengotentikasi server atau website. Mungkin Anda pernah melihat gembok berwarna hijau sebelum ditempatkan di HTTPS pada address bar di Google Chrome. Jika gembok tersebut di klik, informasi otentifikasi sertikat dari website akan tersaji. Kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

1. Port Default

Port default untuk protocol HTTP yaitu 80, sedangkan pada HTTPS yaitu 443. Perbedaan port ini juga dipengaruhi oleh lapisan enkripsi yang dimiliki oleh HTTPS yaitu SSL dan TLS, kedua lapisan tersebut menyandikan catatan data yang saling ditukarkan.

2. Keamanan Data Yang Dikirim

HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu autentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data.

3. Cara Kerja

HTTP tidak memberikan pengamanan dalam komunikasi antara klien dan server, sedangkan HTTPS menambahkan pengamanan lebih dimana klien dan server dapat berkomunikasi dengan aman. Dalam pengamanan data antara klien dan server , komunikasi data yang dikirimkan akan terenskripsi. Enkripsi tersebut berada pada SSL atau TLS sehingga walaupun data tercuri , data tersebut tidak dapat dibaca karena terenskripsi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai HTTP dan HTTPS. Kini, Anda dapat mendaftarkan layanan SSL dengan mudah melalui penyedia hosting Idwebhost. Layanan SSL yang diberikan oleh Idwebhost memiliki banyak kelebihan diantaranya perlindungan server yang tak terbatas, cocok dengan semua browser utama, meningkatkan peringkat pencarian di Google, hingga enkripsi SHA-2 dan 2048-bit yang terkuat di pasaran. Segera daftarkan website Anda menggunakan layanan SSL dari Idwebhost dan dapatkan garansi 30 hari uang kembali.