Apakah web hosting yang gratis dapat menjadi pilihan terbaik bagi website Anda? sebelum Anda memutuskan pilihan, pastikan bahwa Anda tidak akan jatuh dalam kesalahpahaman tentang hosting gratis. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa mitos dan fakta mengenai web hosting gratis yang bisa Anda pelajari.

Mitos: Bandwidth dan ruang disk pada web hosting gratis sangat terbatas

Fakta: Web hosting gratis menyediakan ruang disk dan bandwidth yang besar pada umumnya. Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan 250 MB dan bandwidth 5 GB pada sebagian besar penyedia web hosting gratis.

Volume seperti kapasitas hosting akan cukup untuk kebanyakan pemula, dan kami rasa Anda tidak akan memiliki keluhan tentang hal ini. Jika Anda mencari daya hosting yang lebih besar, maka saatnya Anda mulai mencari hosting berbayar.

Mitos: Web hosting gratis tidak mendukung apapun selain HTML

Fakta: Web hosting gratis saat ini tidak membatasi layanan mereka untuk situs HTML statis. Sebenarnya, ada banyak hosting gratis yang mendukung fitur PHP. MySQL, CGI-BIN, SSI, dan ASP. Terlebih lagi, beberapa perusahaan hosting gratis juga menawarkan akun email dan forwarder POP3 tak terbatas.

Mitos: Website yang dihosting secara gratis biasanya kacau dengan iklan yang tidak diinginkan

Fakta: Ya, sebenarnya banyak web hosting gratis yang akan mengacaukan situs Anda dengan iklan. Hal ini memungkinkan web hosting gratis mendapatkan keuntungan dari situs Anda dan mendapatkan sejumlah besar halaman berbasis konten di domain mereka (ingat, situs web yang dihosting di hosting gratis biasanya menggunakan subdomain, seperti yourdomain.freewebhost.com). Namun, tidak semua dari mereka melakukan praktik semacam itu. Beacon Hosting misalnya, menawarkan layanan hosting gratis tanpa banner iklan. Cara cerdas untuk menghosting situs Anda secara gratis adalah dengan mencari jenis hosting gratis seperti di atas dan hindari iklan yang tidak diinginkan dalam situs.

Mitos: Layanan web hosting gratis tidak dapat diandalkan dan tidak memberikan dukungan pelanggan yang baik

Fakta: Karena banyak perusahaan hosting yang menggunakan ‘Hosting Gratis’ untuk menarik pelanggan baru, sehingga kualitas layanannya biasanya sangat bagus (bagaimanapun, pengguna hosting gratis adalah prospek berharga mereka). Kebanyakan web hosting gratis berjalan dengan uptime yang lumayan. Selain itu, mereka tidak menghapus akun hosting Anda meskipun Anda tidak membayarnya. Sedangkan untuk dukungan pelanggan, memang benar bahwa kebanyakan pengguna hosting gratis tidak mendapat layanan 24/7. Namun, selalu ada forum dan dukungan email yang tersedia. Menurut kami, ini adalah layanan yang masih dapat diterima untuk akun yang dihosting dalam layanan gratis.

Jadi, apakah hosting gratis lebih direkomendasikan daripada web hosting berbayar?

Ya, kami lebih merekomendasikan hosting gratis daripada web hosting berbayar dalam kasus tertentu. Hosting gratis adalah solusi sempurna untuk situs web jangka pendek atau organisasi nirlaba maupun proyek kecil. Tetapi, tetap harus jelas bahwa kedua layanan (web hosting gratis dan berbayar) melayani berbagai jenis kebutuhan web hosting yang berbeda. Layanan hosting gratis mungkin terlihat bagus dari sudut tertentu, namun layanan ini juga menimbulkan beberapa kelemahan dalam hal pelaporan statistik web, pemasaran web, dan monetisasi. Kami tidak akan merekomendasikan hosting gratis bagi mereka yang ingin membangun situs web yang bagus dalam jangka panjang. Bagaimanapun juga, sesuatu yang gratis akan lebih minim fitur dibandingkan dengan layanan yang berbayar. Semua bergantung dari kebutuhan masing-masing website dan tujuannya.