Di zaman teknologi yang semakin modern seperti sekarang ini, tentu melakukan pertukaran data antar komputer melalui internet adalah hal yang sering dilakukan. Namun, pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana cara melakukan hal tersebut? Itu semua dapat terjadi karena adanya FTP.

Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. Suatu client FTP merupakan aplikasi yang bisa mengeluarkan perintah-perintah FTP ke suatu server FTP, sementara server FTP ialah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer untuk merespons perintah-perintah dari sebuah client FTP.
Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP publik, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP publik, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut. FTP adalah salah satu protokol di internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini.

Cara Kerja FTP

Satu-satunya metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, dimana diperlukan username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server.
Pengguna yang terdaftar (menggunakan username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.
Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Setiap sistem apapun tentu memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari FTP yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan FTP

  1. FTP memfasilitasi tiap pengguna untuk melakukan transfer data secara dua arah. Artinya, jika FTP digunakan dalam sebuah perusahaan, maka setiap pemimpin perusahaan mampu mengirimkan file kepada karyawannya dan sebaliknya, dengan menggunakan server yang sama.
  2. Anda dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar.
  3. Progress perpindahan data tidak akan hilang walaupun sambungan terputus.
  4. FTP menyediakan transfer data yang reliabel dan efisien, karena setiap pengguna tidak memerlukan tahapan-tahapan yang rumit untuk memperoleh suatu file atau mentransfer suatu file.
  5. Transer data/file dapat dilakukan dengan mudah dan terorganisir.

Kekurangan FTP

Selain memiliki kelebihan yang besar dalam pertukaran data, FTP juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Tidak dapat mengubah kepemilikan dari suatu file.
  2. Jika ingin memiliki FTP server sendiri, Anda harus memiliki komputer server sendiri atau menyewa server dengan biaya yang tidak murah.
  3. Sistem FTP sudah cukup tua, jika seseorang tidak memiliki background IT atau gaptek (orang yang belum familiar dengan dunia IT), maka akan sedikit sulit untuk menggunakannya.
  4. Jika pengguna tidak begitu paham mengenai FTP, sangat mudah untuk menghapus keseluruhan data dengan sekali klik.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai FTP. Melakukan upload dan download file adalah hal yang sering kita lakukan. Untuk itu, Anda perlu memahami mengenai FTP dengan baik. Melakukan transfer file yang baik juga dapat dipengaruhi oleh hosting yang Anda gunakan. Idwebhost adalah layanan hosting yang terpercaya di Indonesia. Selain memiliki harga paket yang terjangkau, Idwebhost juga menawarkan berbagai fitur menarik lainnya seperti aktivasi yang mudah, server yang super cepat dan handal, garansi uptime 99,9%, hingga support SEO friendly. Segera daftarkan website Anda menggunakan hosting dari Idwebhost.