Pengertian VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik.
Dengan adanya VPN, Anda seakan-akan telah membuat jaringan di dalam jaringan itu sendiri namun bersifat virtual. Hal ini juga disebut dengan tunnel, tunneling sendiri adalah proses atau cara membuat jalur private dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga. VPN memakai tiga teknologi tunneling yaitu L2TP, PPTP, IPSec (Internet Protocol Security). Dengan kombinasi tunneling dan enkripsi maka terbentuklah VPN.

Manfaat VPN

Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan VPN diantaranya adalah:
1. Anda dapat mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet dengan menggunakan VPN
2. Melalui koneksi VPN, Anda dapat berselancar di internet dengan aman sekalipun Anda menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau wifi umum
3. VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan publik yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi. Hal ini tentu akan menghemat biaya setup jaringan
4. Salah satu manfaat VPN adalah melindungi IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan menggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan salah satu IP server VPN
5. VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari Sensor dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara seperti Uzbekistan atau Republik Kongo, di mana mengungkapkan pendapat sangat dilarang, maka Anda dapat menggunakan VPN dan menggunakan server negara lain seperti Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses website yang diblokir dan mendapatkan hak anda dalam berbicara dengan bebas.

Cara Kerja VPN

Saat Anda terhubung ke internet, biasanya Anda terlebih dahulu terhubung ke ISP atau Internet Service Provider. Kemudian ISP menghubungkan Anda ke website apapun (atau sumber daya lainnya di internet) yang ingin dikunjungi. Semua lalu lintas internet Anda melewati server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.
Hal ini berbeda ketika Anda menggunakan VPN. Teknologi ini akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer Anda dengan komputer server yang akan diakses. VPN juga akan menyembunyikan alamat IP adress asli Anda dibalik salah satu IP provider VPN. Selain itu, VPN akan meng-enkripsi semua data dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).

Itulah beberapa hal penting mengenai VPN yang perlu Anda ketahui. Apapun teknologi yang digunakan untuk website Anda, sebaiknya pilihlah penyedia hosting yang tepat untuk website karena hosting sangat memengaruhi kerja website. Kini, Anda dapat menggunakan hosting dari Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost.