Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

29 Nov 2017
Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO campaign-unlimited

Search Engine Optimization atau biasa kita singkat dengan SEO tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia serba digital seperti saat ini. SEO tidak hanya menjadi  pengetahuan mereka yang bergelut dalam dunia konten website atau bloger, namun sudah merambah ke masyarakat umum. Pertanyaannya seperti apa cara kerja SEO?

Bagi Anda yang belum terlalu paham, atau masih baru mengenal SEO menjadi perlu untuk Anda memahami secara menyeluruh dari SEO. Ini sangat penting, apa lagi jika Anda sedang atau akan membangun sebuah konten website.  Pemahaman mendasar mengenai SEO akan bermanfaat dalam progres kemajuan konten website Anda.

Pengertian SEO

Pengertian dari SEO adalah

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO.

Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan. Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk meningkatkan peringkat website.

Dalam perkembangannya SEO memiliki banyak jenis dengan strategi yang berbeda-beda. Namun pada intinya, SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan dalam membangun sebuah konten, agar konten yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Semakin mudah dan sering konten kita ditemukan, maka akan semakin besar peluang konten kita dikunjungi atau dibaca oleh target pasar / pembaca kita.

Manfaat SEO

Manfaat SEO

Jika bicara mengenai manfaat SEO akan sangat banyak. Padas dasarnya SEO memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate.

Selain itu, ada pula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website Anda. Berikut adalah beberapa manfaat SEO.

  • Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci yang tepat sasaran.
  • Pelanggan terus berdatangan ke website Anda karena kata kunci website sesuai dengan target pencarian.
  • Optimasi SEO ini secara tidak langsung meningkatkan pendapatan Anda sebagai publisher
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  • Website bisnis Anda akan semakin berkembang dan maju
  • Penguasaan pencarian melalui SEO akan menjadikan penjualan produk akan semakin meningkat
  • Bagi Anda yang menjalankan program affiliate maka akan ada timbal balik ke website affiliate produk.
  • Semakin mudah dicari, semakin besar peluang produk Anda dibeli oleh pasar.
  • Optimasi SEO adalah investasi jangka panjang dalam membangun sebuah website baik untuk branding pribadi atau pun bisnis.

Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO

Bagaimana cara kerja SEO? Ada berbagai cara yang dilakukan SEO, yaitu sebagai berikut:

Crawling

Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing

Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy

Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Retrieving Result

Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara Google dan Yahoo! sedikit berbeda.

Kesimpulan Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO IDwebhost

SEO memiliki peranan penting dalam keberhasilan membangun sebuah bisnis berbasis  digital dalam hal ini memanfaatkan website dan mesin pencari, sehingga produk atau jasa yang kita miliki akan lebih mudah muncul dalam pencarian teratas. Jika produk dan jasa kita mudah ditemukan, harapannya akan lebih banyak orang yang tahu, dan kemudian menjadi pelanggan atau pengguna produk dan jasa kita.

Maka, kemampuan dalam melakukan optimasi SEO menjadi penting. Namun demikian, perlu juga adanya dukungan dari dalam infrastruktur yang kita gunakan untuk website kita. Kemampuan optimasi SEO tanpa adanya dukungan layanan yang prima, akan sulit mendapatkan peringkat terbaik dalam pencarian, ini terkait dengan pengalaman pengunjung.

Apa itu pengalaman pengunjung? Sebagai contoh, jika Anda mengakses sebuah informasi namun berjalan begitu lamban, maka Anda akan tidak sabar menunggu, lalu meninggalkan website tersebut dan beralih ke website yang lain. Bayangkan jika yang ditinggalkan adalah website Anda, maka akan sangat merugikan bagi bisnis Anda.

Oleh sebab itu menjadi penting Anda untuk menggunakan layanan pendukung yang mumpuni dan prima, mulai dari pemilihan server website, pemilihan domain berkualitas dan juga pemilihan hosting terbaik untuk website bisnis Anda. Ini semua bisa Anda dapatkan tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar, selama Anda memilih layanan yang tepat.

Di IDwebhost Anda bisa mendapatkan berbagai layanan prima, mulai dari domain murah, sampai hosting murah, ini bisa Anda manfaatkan dengan membeli dan menggunakan promo yang ada. Layanan prima mudah berkualitas ini adalah komitmen IDwebhsot untuk memberikan pelayanan bagi pelaku usaha yang siap Go Digital.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO. Semoga pembahasan ini memberi manfaat dan memberi wawasan baru bagi kita semua tentang perkembangan SEO hari ini. Terima kasih telah membaca. Salam.

Penulis
Member since 2 Jul 2013