E-commerce Web Hosting dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis Online

26 Okt 2016
E-commerce Web Hosting dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis Online campaign-unlimited

E-commerce web hosting yang handal merupakan bagian penting untuk menjadi seorang pebisnis online yang sukses. Web hosting yang handal akan membantu para pemilik bisnis online dalam menjalankan e-commerce mereka tanpa perlu mengkhawatirkan adanya network yang buruk.

Pada saat ini ,tentu kita semua tahu bahwa adanya web hosting sangat penting untuk sebuah bisnis online. Bisnis online kini banyak diminati karena kemudahan dalam pengelolaannya. Di era yang semakin canggih ini, semua informasi bisa didapatkan dengan mudah dari sebuah website. Dengan adanya website, juga akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis online.

E-commerce Web Hosting

Ketika menjalankan bisnis online, Anda tidak hanya membutuhkan domain yang berkualitas, namun juga hosting yang terpercaya. Untuk mengembangakn bisnis pun juga bukan perkara yang mudah, karena Anda harus berpromosi dengan cara yang berbeda dari yang lain.

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan promosi adalah dengan menggunakan website. Pengguna internet yang meningkatk setiap waktu adalah pangsa pasar untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Salah satu opsi yang paling banyak dipilih untuk membuat website adalah menggunakan WordPress hosting. Pun demikian, Wordress juga menyediakan hosting gratisan. Tapi jika menggunaka opsi yang satu ini, akan ada banyak pembatasan yang harus Anda terima. Misalnya dari keterbatasan sumber daya dan fitur yang digunakan.

Apa itu e-commerce web hosting?

E-commerce web hosting merupakan jenis web hosting yang cocok digunakan baik untuk website bisnis skala kecil maupun perusahaan besar. Berbicara mengenai e-commerce berarti kita berbicara mengenai bagaimana melakukan fungsi bisnis online seperti pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sebuah website. Hal ini memungkinkan anda untuk mempromosikan barang atau jasa, mengiklankan produk, menawarkan promo, dan memasuki target penjualan anda dalam cara yang lebih mudah. Pelanggan anda akan membuat pesanan mereka dengan melakukan browsing pada website anda kemudian mereka akan mengirimkan pembayaran melalui merchant account anda, yang kemudian akan melakukan transfer pembayaran ini ke rekening bank anda.

Pentingnya Web Hosting Untuk Bisnis

Web hosting adalah sebuah layanan yang disediakan oleh registrar, untuk organisasi maupun individu. Tujuannya tak lain adalah agar website bisa berjalan dengan lancar, sekaligus memiliki tingkat keamanan yang maksimal.

Hosting bisa diibaratkan sebuah tempat, di mana Anda bisa membangun rumahnya diatasnya. Jika Anda sudah memiliki alamat rumah, dalam hal ini nama domain tanpa memiliki hosting, lantas bagaimana cara orang lain mengakses dan berkunjung ke website Anda?

Inilah alasan pentingnya web hosting untuk bisnis online:

Memberikan Keamanan Lebih

Dalam berbinsnis, khususnya bisnis online, keamanan data menjadi salah satu hal yang sangat krusial dan penting untuk diperhatikan. Terlebih lagi jika proses bisnis tersebut sering bertukar data dengan pelanggan. Tentu Anda harus memperhatikan keamanan bisnis Anda. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki track record kemanana yang bagus.

Baca Juga : Cara Melakukan Keyword Mapping Untuk SEO Website

Website Lebih Maksimal

Jika Anda menggunakan hosting yang tepat, maka semua layanan pada website bisnis online Anda akan semakin maksimal. Hal ini karena akan memberikan perlindungan pada setiap data yang masuk dari pelanggan. Khususnya, mereka yang menggunakan website untuk jualan online. Pemiliihan web hosting yang tepat akan membantu Anda untuk meningkatkan layanan bisnis Anda.

Mendapatkan Kepercayaan Pasar

E-commerce Web Hosting

Seiring maraknya bisnis online, tentu banyak yang berlomba-lomba ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis yang sedang dikelola. Namun, semakin mudahnya membuat bisnis, berjalan beriringan dengan meningkatnya kasus penipuan. Untuk mengatasi krisis kepercayaan ini, salah satunya dengan membuat website dengan domain dan hosting terpercaya.

Pemilihan web hosting yang tepat juga akan membuat konsumen lebih percaya, karena data mereka lebih aman. Selain itu, mereka juga tidak akan ragu untuk bertransaksi di toko Anda.

Manfaat e-commerce web hosting

Ada banyak manfaat dari e-commerce web hosting. Salah satu manfaat paling penting dari memiliki website e-commerce anda sendiri adalah meningkatnya kesadaran akan produk dan layanan yang anda sediakan. Dengan ribuan produk dan layanan yang tersedia untuk pembelian online selama 24 jam sehari selama  7 hari seminggu, proses pembelian pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Dengan demikian, koneksi permanen website anda ke internet merupakan sebuah kebutuhan dasar. Hal inilah yang ditawarkan oleh web hosting merchant account. Mereka menyediakan sebuah link yang memungkinkan website anda untuk menempati ruang pada server web mereka sendiri, di mana semua informasi tentang situs anda akan disimpan.

Hal ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan aksesibilitas terhadap website anda kapanpun anda inginkan. Dan yang tidak kalah penting adalah, pastikan layanan e-commerce web hosting yang anda gunakan menawarkan kemampuan pemrosesan pembayaran seperti SSL (Secure Sockets Layer), yaitu sebuah protokol komunikasi yang menyediakan keamanan tingkat tinggi.

Hal ini sangat penting karena ada informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit, yang perlu dienkripsi untuk memastikan bahwa informasi yang masuk benar-benar aman untuk anda maupun pelanggam, sehingga mencegah terjadinya penipuan.

Sebuah website e-commerce yang sukses tentu memerlukan e-commerce web hosting yang handal. Tanpa web hosting yang tepat, website e-commerce akan bekerja dengan inkosisten. Layanan e-commerce web hosting mutlak diperlukan untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan untuk sebuah bisnis online yang Sahabat IDwebhost jalankan.

Mengapa Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Penting Pada Bisnis Online?

E-commerce Web Hosting
E-commerce Web Hosting

Kepercayaan pelanggan atau konsumen memegang peran penting dalam bisnis online. Sesungguhnya tak hanya di bisnis online. Bisnis offline pun demikian. Tetapi artikel ini lebih menitikberatkan pada bagaimana cara meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis online.

Banyak isu negative yang berkelindan dengan bisnis online. Antara lain seperti banyak isu tentang scam, penipuan, dan beragam berita miring lainnya. Beragam isu negative tersebut dapat membuat orang enggan untuk mulai berbelanja secara online dari internet. Banyak juga yang masih bersemangat untuk berbelanja secara online. Tetapi diiringi dengan kehati-hatian.

Tetapi saat trust dari konsumen berhasil Anda dapatkan, maka segalanya akan menjadi mudah. Konsumen malah akan datang sendiri mencari Anda. Salah satu manfaat mendapatkan kepercayaan pelanggan untuk bisnis online adalah adanya loyalitas pelangga.

Konsumen tak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi dengan toko online Anda. Mereka tak akan ragu untuk melakukan repeat order. Repeat order menjadi salah satu hal penting dari mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Penutup

Banyak cara yang ditempuh oleh pelaku bisnis online untuk mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Misalnya, saat ini banyak toko online yang memberikan penawaran berbeda. Mulai barang yang dijual, harga diskon, dan penawaran keunggulan yang lainnya. Meskipun demikian, tak sedikit pelanggan yang tetap memilih toko online yang sama. Dalam hal ini, toko online tersebut berhasil mendapatkan kepercayaan pelanggan, sehingga mempunyai konsumen loyal.

Penulis
Member since 2 Jul 2013