Pentingnya Menggunakan Web Hosting

15 Agu 2017
campaign-unlimited

Apa Itu Web Hosting? Mengapa Hal Itu Penting?

Definisi dalam kamus mengenai web hosting adalah “aktivitas atau bisnis dalam penyediaan ruang penyimpanan dan akses untuk situs web”. Pada dasarnya, hosting adalah rumah untuk setiap situs web, dan setiap situs web memerlukan rumah. Dalam dunia WWW (World Wide Web), ‘rumah’ ini adalah server.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Situs Web?

Sama halnya saat mencari rumah yang sempurna, menemukan server yang tepat sangat bergantung pada apa yang Anda inginkan dan apa yang diprioritaskan. Ada dua kategori layanan utama dalam hal web hosting: Managed Hosting dan Unmanaged Hosting.

Managed hosting memastikan bahwa teknisi dari mereka akan mengetahui jika ada yang tidak beres dan ada bantuan yang memastikan bahwa mereka dapat memperbaiki secepat mungkin. Sedangkan dengan unmanaged hosting, Anda bertanggung jawab untuk melacak situs web Anda sendiri. Intinya, ini seperti menyewa babysitter untuk menjaga anak-anak. Jika Anda meninggalkan anak-anak tanpa pengasuh, mereka mungkin baik-baik saja atau justru mereka bisa membakar rumah. Sama halnya jika Anda menggunakan unmanaged hosting. Situs web Anda mungkin akan baik-baik saja, namun mungkin juga akan mengalami penurunan sehingga konversi Anda dapat semakin menurun.

Anda perlu meluangkan waktu dan bertanya pada diri sendiri mengenai beberapa pertanyaan. Apakah Anda ingin memiliki backup situs yang banyak? Apakah Anda ingin memiliki pembaruan situs inti yang konsisten dan bulanan? Apakah biaya di awal itu penting bagi Anda? Apakah Anda ingin perbaikan gratis jika terjadi peretasan? Apakah Anda mampu memperbaiki setiap masalah yang mungkin terjadi jika situs web Anda mengalami penurunan? Atau apakah Anda membutuhkan pakar yang dapat mengelola situs web?

Meskipun kami sangat menyarankan untuk membeli rencana hosting di tempat terpercaya seperti Idwebhost, namun tempat untuk menghosting sepenuhnya terserah Anda. Temukan web hosting yang tepat agar situs Anda berjalan dengan sukses.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Situs Tidak Diretas?

Sekalipun Anda memiliki web hosting terbaik, peretasan website masih bisa dilakukan. Hal yang paling penting untuk mengatasi ini adalah dengan selalu melakukan update. Memiliki situs web yang diperbarui adalah cara terbik untuk mencegah peretasan, dan pengelolaan situs menggunakan managed hosting biasanya merupakan cara terbaik untuk menghindari hal ini. Setiap situs web, terlepas dari platform yang digunakan, memiliki pembaruan rutin. Pembaruan ini perlu untuk dipasang dan diaktifkan. Jika situs web Anda berjalan tanpa melakukan pembaruan, maka situs akan rentan terhadap peretasan. Ini pada dasarnya seperti saat Anda meninggalkan rumah untuk pergi ke mall, mengunci semua pintu, namun membiarkan satu jendela terbuka. Jendela tersebut bisa cukup bagi pencuri untuk masuk ke rumah Anda dan merampok barang-barang berharga. Dalam pengertian yang sama, satu lubang keamanan yang belum ditambal sudah cukup bagi peretas untuk masuk dan mengacaukan situs dengan menambah informasi yang tidak diinginkan atau menghapus informasi yang dibutuhkan.

Penulis
Member since 2 Jul 2013