Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi, dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address yang begitu rumit.
Bagi Anda yang baru memiliki bisnis online dan ingin membuat domain baru, tentu Anda menginginkan domain yang unik dan dapat menjadi identitas dari bisnis. Memilih nama domain yang tepat adalah salah satu hal yang penting ketika ingin membangun sebuah blog atau website untuk bisnis online.

Tips Memilih Domain

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda pelajari dalam memilih domain yang menarik dan sesuai dengan bisnis Anda.

Jangan Menggunakan Domain Gratis

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sebisa mungkin untuk tidak menggunakan domain gratisan. Domain gratisan biasanya sering dicari oleh blogger pemula yang tidak sabar untuk menggunakan domain sendiri tapi belum memiliki uang. Padahal banyak kerugian yang dapat timbul dari menggunakan domain gratisan diantaranya:
– Domain gratis sering digunakan oleh blog-blog spam. suatu saat bisa dibanned oleh pihak Google dan Anda tidak bisa mengembalikannya
– Tidak terlihat profesional dan tidak memiliki kredibilitas
– Domain gratis tidak sepenuhnya gratis, biasanya hanya gratis di tahun pertama atau ada persyaratan tersembunyi. Suatu saat Anda bisa kehilangan akses domain tanpa pemberitahuan
Oleh karena itu, sebaiknya gunakan domain berbayar dan dapatkan domain tersebut dari penyedia domain terpercaya seperti Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia domain dan hosting yang sudah berpengalaman dan handal. Mereka memiliki berbagai fitur menarik seperti kemudahan akses domain, pelayanan yang cepat tanggap, hingga proses pembayaram yang mudah. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan domain terbaik di sini.

Ekstensi yang Tepat

Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, seperti .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, dan .mil untuk lembaga militer. Namun saran dari kami, ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.

Mudah Diingat

Gunakan domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Ketika Anda memberitahu seseorang tentang nama domain Anda secara verbal, misalnya melalui telepon maka domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

Hindari Penambahan Karakter

Bila memungkinkan, hindari penambahan kata-kata atau karakter yang tidak perlu pada domain Anda. Misalnya penggunaan tanda minus, angka, atau huruf tambahan . Ini dapat memengaruhi kekuatan SEO dari sebuah situs. Hal ini juga membuat nama domain Anda semakin sulit untuk diingat.

Sertakan Kata Kunci

Memiliki kata kunci yang relevan dalam nama domain akan dapat membantu ketika situs Anda terdaftar dalam hasil pencarian. Kata kunci dapat membantu meningkatkan rasio klik per tayang yang merupakan jumlah dari orang yang mengklik ke website Anda. Meskipun teknik ini sudah tidak sekuat dulu, tetapi memiliki kata kunci dalam domain masih bertindak sebagai sinyal relevansi. Saat pencarian, Google masih mencetak dengan huruf tebal kata kunci yang muncul dalam nama domain.

Itulah beberapa tips dalam memilih nama domain yang bisa Anda pelajari. Pada dasarnya, memilih nama domain gampang-gampang susah tergantung dari tujuan dan ekspektasi Anda terhadap nama domain tersebut. Namun, dengan mengikuti beberapa tips di atas Anda dapat menemukan nama domain yang menarik dengan mudah.