File Hosting anda tiba-tiba membengkak padahal misal dalam 1 minggu tidak melakukan aktivitas penambahan data di hosting anda. Apa yang terjadi dalam 1 minggu ini dan file – file apa saja yang bertanggung jawab? Silahkan bisa ikuti petunjuk berikut untuk melacak file – file pelaku yang memakan habis kapasitas disk space hosting. langkah awal silahkan masuk cpanel anda kemudian cek Disk Space Usage

1

Pada bagian “The bars in the graph represent disk usage figures relative to the largest directory, not according to a fixed scale.” lihatlah grafik penggunaan disk space yang dibagi per direktori. Jangan langsung diklik lokasi yang memakan disk space tersebut, geser halaman kebawah.

 

2

Disini anda bisa mencari tahu lebih detail lokasi tepatnya, klik tombol plus [+] di sebelah nama direktori. Dalam kasus saya ternyata file – file yang membengkak ini terletak pada direktori wp-admin yang merupakan bagian dari instalasi WordPress. Klik pada link wp-admin untuk membuka cPanel File Manager ke lokasi tersebut secara otomatis.

3

Pada File Manager lihat file – file yang tidak wajar yang terdapat dalam direktori hosting anda, dalam contoh ini diteemukan file dnegan nama core dan disusul dengan angka acak, tipe filenya adalah text/x-generic. Ukuran file misal core.39722 bisa mencapai 166.72MB!

4

 

anda bisa langsung menghapusnya karena tidak ada efek negatif bila semuanya dihapus.

5

Wah… sekarang disk space hosting anda akan lebih lega.

6

apa fungsi file dengan nama core ini dan kenapa jumlahnya banyak sekali? File – file ini adalah core dumps yang berisi peta memori saat script php mengalami masalah atau crash. Setiap kali terjadi maka akan dibuat core dump ini, dan seharusnya tidak muncul di hosting anda.

File Core.* (biasanya namanya core.1234, core.1987, core.1673 dst) merupakan file dump yang dihasilkan ketika script (PHP) milik pelanggan mengalami crash ketika dieksekusi. File ini berisikan informasi dari hasil proses yang tersimpan dalam memory server ketika crash.

Besarnya file Core.* ini bergantung kepada jumlah memory terpakai pada saat eksekusi script dan mengalami crash, semakin besar atau semakin banyak file Core.* ini artinya script yang mengalami crash sering sekali dieksekusi.

Solusi untuk menghindari file Core.* ini adalah dengan cara memperbaiki script yang mengalami crash tersebut dan juga tidak mempergunakan Plugin / Modul / CMS yang memerlukan resource tinggi.

Jika anda telah menggunakan CMS / Plugin / Modul yang tidak menggunakan resource tinggi, atau telah mengoptimalisasi script anda, namun masih mengalami masalah core.* ini, anda dapat meminta bantuan kepada kami by email ke : support@idwebhost.com