Mengubah web hosting merupakan salah satu tugas yang cukup sulit. Hal ini mirip seperti memindahkan sebuah rumah. Tak sedikit pula yang mengalami kegagalan dalam mengganti sebuah web hosting. Alasan untuk mengganti web hosting bervariasi, misalnya saat Anda merasa web hosting yang sekarang digunakan sudah tidak sesuai, ataupun Anda mendapat penawaran dan layanan yang lebih baik dari web hosting lainnya. Mengganti sebuah web hosting memerlukan langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pilih Web Hosting Baru

Apapun alasan Anda untuk mengganti sebuah web hosting, setidaknya web hosting baru yang dipilih harus bisa memenuhi segala kebutuhan. Anda perlu mencari informasi yang cukup untuk memilih web hosting yang terbaik. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa saja kebutuhan Anda.

Mengetahui apa yang Anda butuhkan akan membuat lebih mudah dalam menentukan pilihan. Ketika memilih server, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satu yang paling jelas adalah skalabilitas, tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Hal yang juga tak kalah penting adalah memilih host yang menyediakan bandwidth yang cukup dan kekuatan pemrosesan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih web hosting baru adalah sistem operasinya, memiliki layanan support yang baik, layanan hosting dan data kecepatan yang ditawarkan, mendukung bahasa scripting seperti PHP, review dari kinerjanya, skalabilitas, serta cPanel versi apa yang digunakan.

  1. Memindahkan Situs

Saat Anda memutuskan mengganti web hosting dengan yang baru, maka waktunya Anda berpindah ke situs baru. hal pertama dan sangat penting yang perlu Anda lakukan adalah mem-backup segalanya. Jika Anda menggunakan web hosting baru dengan cPanel yang populer, maka prosedur backup akan lebih mudah dan sederhana. Anda hanya perlu mem-backup dan selanjutnya men-download hasil backup tersebut. Disarankan untuk tidak mengecilkan ukuran file apapun agar tidak menimbulkan kerugian. Selain backup, proses pemindahannya juga harus mudah. Hal ini tergantung pada sistem web hosting yang digunakan.

  1. Pengaturan DNS (Domain Name Server)

Sangat penting untuk memiliki pengaturan DNS (Domain Name Server) yang baik. Dengan pengaturan ini, Anda dapat memindahkan domain.Ini adalah layanan yang memungkinkan pengguna ke lokasi server Anda. Jika salah melakukannya, maka pengguna tidak akan menemukan halaman situs Anda .Langkah pertama memindahkan nama domain adalah pastikan itu terdaftar atas nama Anda. Hal ini juga termasuk email.Jika Anda memiliki masalah mengenai hal ini, Anda akan diminta melakukan transfer registrar domain kemudian beralih server nama domain.

Proses pemindahan nama domain mudah bagi setiap ahli web. Dibutuhkan waktu sekitar 12 hingga 72 jam untuk menyelesaikan proses.Disarankan untuk menjaga kedua web hosting berjalan dengan baik saat proses pemindahan berlangsung.

  1. Faktor-Faktor Penting Untuk Dipertimbangkan

Sangat penting untuk memperhatikan downtime atau penghentian sementara. Saat situs Anda mengalami downtime, maka akan berpengaruh dan menimbulkan kerugian untuk perusahaan maupun klien. Hal ini harus dihindari dengan memilih web hosting baru yang dapat mencegah terjadinya downtime. Pastikan web hosting baru yang Anda pilih benar-benar tepat.

Berpindah dari satu web hosting ke web hosting yang baru adalah pekerjaan yang cukup rumit. Tetapi, dengan mengikuti beberapa langkah di atas akan membuat proses tersebut menjadi lebih mudah. Selamat mencoba.