Sebelum memulai bisnis, pilihlah nama domainmu terlebih dahulu. Domain adalah alamat URL yang biasa kamu ketik di address bar ketika kamu akan mengunjugi sebuah website.

Mengapa Nama Domain Diperlukan?

Tanpa nama domain, alamat URL mu akan dipenuhi dengan angka. Selain itu, nama domain dapat membantumu membangun pengenalan nama, untuk mendapatkan kepercayaan kustomer.

Memilih Nama Domain

Sulitnya mencari nama domain bukan hal yang tabu lagi, sebab harus mudah diingat, diketik ke dalam address bar, dan harus menonjol.

Saat ini jumlah nama domain yang terdaftar di Inggris sangat pesat, mungkin sudah banyak nama domaian bagus yang tidak tersedia. Tentu saja ini membuatmu frustasi bukan? Untuk mengatasinya, kami punya cara alternatif yang bisa kamu pertimbangkan:

–          Tambahkan tanda hubung

Misalnya, jika nama bisnismu adalah Apple Computers dan kamu memilih domain www.applecomputers.co.uk tapi tidak tersedia, maka kamu bisa tambahkan tanda hubung seperti, www.apple-computers.co.uk. Meskipun bukan menjadi pilihan utama, tapi setidaknya ada keyword yang menjadi fokus utama yaitu “apple” dan computers”. Jadi, websitemu akan mudah ditemui di hasil pencarian google.

–          Gunakan nama yang pendek

Alternatif lainnya adalah mempersingkat nama bisnismu. Misalnya, kamu mempersingkat menjadi www.apple.co.uk. Nama yang pendek akan mudah diingat, tapi usahakan untuk tidak memotong keyword utama yang terkait dengan bisnismu.

–          Mengganti nama

Mengubah nama bisnismu, menjadi alternatif di tahap awal. Meskipun kamu telah melakukan branding dengan desain logo, kartu nama, dll,  tapijika nama yang dimiliki usahamu ternata sudah terpakai,kamu tetap harus menggantinya. Cara ini sedikit membutuhkan dana namun menjamin keamanan brand kamu.

–          Pilihan akhir

Jika nama domainmu sudah dipakai secara individu atau bisnis, dan kamu tetap mempertahankan nama domainmu, maka pilihan akhirnya menunggu tanggal web tersebut berakhir. Lakukan pendekatan dengan menanyakan kepada si pemilik domain apakah nama domain itu akan diperbaharui atau dijual.

Jika saat ini kamu sedang menyiapkan bisnis, kamu sarankan agar kamu memeriksa 2 hal sebelum memilih nama;

  1. Kunjungi http://www.companieshouse.gov.uk. Periksa, apakah nama bisnismu sudah terdaftar atau belum. Ini memungkinkanmu untuk mencari nama perusahaan melalui database lebih dari 2 juta perusahaan. Periksa juga merk dan hak ciptanya.
  2. Kunjungi checker pendaftaran nama domain, untuk melihat apakah domainmu tersedia atau tidak. Ini dapat membantumu jika kamu masih ada keragu-raguan.

Langkah-langkah di atas cara untuk mempermudahkanmu menemukan nama domain yang tepat dan sesuai dan bisnismu!

Baca Terkait: 8 Aturan Memilih Nama Domain yang Baik